Mengenal Modal Ventura sebagai Solusi Pendanaan Bisnis

modal ventura adalah

Modal ventura adalah perusahaan yang meminjamkan modal usaha ke pemilik bisnis. Benarkah modal ventura beda dari bank? Yuk, ketahui lebih lanjut.

Kamu mungkin punya ide bagus untuk usaha menguntungkan, tetapi tanpa modal, kamu tidak akan bisa mewujudkan ide sebagus apapun. Modal ventura adalah salah satu cara mewujudkan mimpi berbisnis lewat pendanaan.

Jika kamu kesulitan mendapatkan modal untuk membiayai rencana bisnismu, terutama jika risikonya besar, modal ventura bisa menjadi pilihan. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang modal ventura agar kamu bisa segera membuat rencana usaha.

Read More:  Apa Itu Recurring dan Keuntungannya buat Bisnis

Apa Itu Modal Ventura? 

Adalah perusahaan yang kinerjanya difokuskan pada pemberian dana usaha.

Modal ventura tidak sama dengan pinjaman bank. Modal ventura biasanya cenderung lebih “berani” dalam menginvestasikan dana mereka dibandingkan bank. Inilah yang menjadikan modal ventura sebagai solusi andalan pebisnis inovatif.

Perbedaan lainnya dari bank adalah rincian tingkat pendanaannya. Bank hanya memberi suntikan dana tanpa terlibat dalam kegiatan bisnis. Sebaliknya, pemilik modal ventura biasanya menaruh perhatian ekstra terhadap aktivitas bisnis.

Perhatian ekstra tersebut penting karena pemilik modal ventura juga mendapat untung dari keuntungan perusahaan yang mereka modali. Hal ini berbeda dari bank yang hanya bertanggung jawab menyediakan dana kepada nasabah terseleksi.

Karena sifatnya yang lebih fleksibel dibandingkan bank, modal ventura biasanya digemari oleh kaum inovatif yang punya ide menarik tetapi dipandang berisiko. Calon pebisnis seperti ini biasanya susah mendapat modal dari bank, tetapi lebih mudah dari modal ventura.

Tipe Pembiayaan Modal Ventura 

Sama seperti institusi keuangan lain, modal ventura juga memiliki berbagai jenis pembiayaan. Setiap klien bisa memilih tipe yang tepat untuk mereka. Apa saja tipe-tipe pembiayaan modal ventura? Inilah kategorinya.

Pembiayaan Berdasarkan Kepemilikan

Modal ventura adalah perusahaan yang beroperasi dengan modal, dan sifat kepemilikan modal tersebut beragam.

Modal Ventura Privat

Kepemilikan saham modal perusahaan ini tertutup dari publik. Mereka juga tidak menjual saham di pasar modal Indonesia.

Modal Ventura Publik

Modal ventura publik memiliki saham yang terbuka bagi publik. Saham mereka juga terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Modal Ventura Afiliasi Bank

Modal ventura ini merupakan gabungan dari inisiatif beberapa bank. Tujuan pendiriannya biasanya adalah pengelolaan dana berlebih atau program seperti dukungan bagi UMKM.

Modal Ventura Konglomerat

Ialah hasil kerja sama beberapa perusahaan besar. Modal ventura jenis ini biasanya tipe yang mendanai startup berdana besar.

Pembiayaan Berdasarkan Metode Pengumpulan Dana

Perusahaan modal ventura mengumpulkan uang untuk mendanai investasi lewat beberapa cara. Inilah dua contohnya:

Modal Ventura Ekuitas

Menggunakan modal pribadi atau harta (setelah dikurangi berbagai kewajiban) untuk membiayai nasabah.

Modal Ventura Leverage

Modal ini mendapatkan dananya dari pinjaman berbagai bank. Hasil pinjaman tersebut kemudian dikelola sebagai sumber pendanaan nasabah. Keuntungan yang diperoleh dialokasikan kembali untuk membayar pinjaman modal.

Pembiayaan Berdasarkan Cara Pemberian Dana

Ketika perusahaan modal ventura mengirimkan dana ke nasabah, ada dua pilihan metode yang mungkin mereka gunakan, yaitu:

Single-tier

Dalam metode ini, pihak modal ventura langsung memberikan dananya ke pemilik usaha. Pihak pengusaha kemudian langsung mengelola dana tersebut untuk kebutuhan bisnis.

Two-tier

Dalam metode ini, modal ventura memberikan dananya ke pihak yang memiliki dua badan usaha. Salah satunya menerima atau menghimpun dana untuk modal, sedangkan yang satu lagi khusus mengelola dana tersebut setelah diterima. 

Contoh Modal Ventura Terkenal

Kamu mungkin lebih banyak mengenal merek produk terkenal daripada modal ventura, tetapi modal ventura kerap berada di belakang merek-merek tersebut!

Misalnya, Sequoia Capital merupakan modal ventura yang mendukung Zoom, LinkedIn, PayPal, dan WhatsApp. Andreessen Horowitz memodali Facebook, Groupon, dan Twitter. Kleiner Perkins berada di belakang Amazon, Google, dan Netscape.

Di Indonesia, ada East Venture yang menyuntikkan modal ke Traveloka, Tokopedia, dan Berrybenka. Ada juga Emtek Group yang memodali Bukalapak dan beberapa stasiun TV swasta seperti Indosiar dan SCTV.

Manfaat Modal Ventura

Kenapa modal ventura penting untuk bisnis? Adakah yang membuatnya berbeda dari bank dalam hal manfaat? Inilah beberapa di antaranya.

Mendukung Kinerja dan Atmosfer Wirausaha

Tidak semua pemilik usaha bisa mendapatkan pinjaman modal dari bank. Modal ventura bisa mengisi “kekosongan” akan suntikan dana untuk aktivitas wirausaha yang tidak dimodali oleh bank.

Membantu Proses Pengembangan Usaha

Penyedia suntikan dana konvensional seperti bank biasanya hanya memberikan uang yang dibutuhkan, tidak lebih dari itu. Investor modal ventura bisa berpartisipasi dalam pengembangan, riset, dan usaha lain yang penting untuk mengembangkan bisnis.

Memangkas Cicilan Bunga

Meminjam modal usaha dari bank menuntut pemilik bisnis untuk membayar cicilan bunga saat pengembalian. Jika kamu punya usaha dan meminjam modal dari modal ventura, kamu tidak perlu menghitung bunga saat mencicil pengembaliannya.

Bisa Mendapat Modal walau Masih Berstatus Startup

Perusahaan rintisan alias startup cenderung susah mendapatkan pinjaman dari bank. Hal ini karena bank menganggap startup berisiko tinggi. Jika kamu punya usaha rintisan, akan lebih mudah untuk mendapat pinjaman dari modal ventura.

Mendukung Pengembangan Pemasaran untuk UMKM

Salah satu tantangan besar UMKM adalah biaya pemasaran. UMKM biasanya tidak bisa mendapat dukungan finansial besar untuk pemasaaran sehingga materi promosinya sering terlalu sederhana. Modal ventura bisa memecahkan masalah tersebut.

Mendukung Inovasi dan Kreativitas

Jika kamu pemilik usaha rintisan yang inovatif atau memiliki ide kreatif out-of-the-box, kamu biasanya bakal dipandang “berisiko tinggi” oleh bank. Makanya, pemilik ide bisnis kreatif biasanya lari ke modal ventura.

Lewat modal ventura, calon pebisnis dan kawula muda nggak perlu takut berinovasi atau mengembangkan ide kreatif. Kamu bisa memanjakan sisi kreatifmu untuk menjadi pemilik UMKM atau wirausahawan.

Dengan dana dari modal ventura, UMKM berkesempatan mendapat uang untuk memodali usaha sesuai kebutuhan. Ini berarti ada lebih banyak alokasi dana untuk mendukung upaya pemasaran.

Siap Meminjam dari Modal Ventura? Kembangkan Usaha Di Sini!

Kalau kamu selalu bermimpi untuk membuka usaha, kamu bisa mempertimbangkan modal ventura sebagai penyedia dana. Prosesnya akan lebih mudah dibandingkan mengajukan pinjaman ke bank, terutama jika kamu baru merintis.

Terakhir, jika kamu bingung bagaimana cara mengembangkan usaha kamu nanti, ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!