7 Langkah Menentukan Nama Perusahaan yang Bagus untuk Memulai Usaha

nama perusahaan yang bagus

Mencari nama perusahaan yang bagus bukan perkara sederhana! Baca beberapa langkah berikut untuk memudahkan prosesnya.

Memulai usaha sering kali membutuhkan lebih dari sekadar keberanian dan kerja keras; kamu perlu menggali informasi mengenai jenis usaha yang hendak ditekuni, menghitung prospek bisnis di bidang usaha tersebut, serta membangun citra brand dari nol.

Nama perusahaan adalah satu dari sekian hal yang harus dipikirkan dengan matang. Ini tidak lepas dari hubungan antara nama yang digunakan dengan citra brand yang ingin kamu tonjolkan. Selaku penggiat UMKM, nama perusahaan yang bagus bisa menjadi pembeda yang paling sederhana antara usahamu dengan bisnis milik para kompetitor.

Apabila kamu sedang bingung memilih nama perusahaan yang bagus untuk memulai usaha, kami punya 7 langkah ampuh yang bisa kamu gunakan untuk memilih nama terbaik. 

Langkah 1 – Kenali Jenis Usahamu

nama perusahaan yang bagus

Sebelum terjun ke sebuah usaha, kamu tentu sudah menggali banyak informasi seputar jenis usaha yang ditekuni. Manfaatkanlah hal ini untuk menentukan nama yang pas untuk usahamu. Pastikan nama yang kamu pilih sesuai dengan jenis usahanya.

Sebagai contoh, jika kamu terjun di industri makan cepat saji, kamu sebaiknya memasukkan unsur nama bernuansa kuliner agar semua orang dapat dengan mudah mengenali fokus usaha yang kamu jalankan. 

Sebagai contoh, coba tengok pemilik grup usaha Boga (Kintan Buffet, Kimukatsu, Bakerzin, dll.) yang menggunakan nama “PT Boga Inti”. Perusahaan tersebut secara apik memasukkan kata “Boga” yang bermakna “hidangan” atau “santapan” dalam Bahasa Indonesia.

Langkah 2 – Gunakan Akronim 

Akronim adalah gabungan huruf atau suku kata yang dapat dilafalkan dengan wajar. Penggunaan akronim sebagai nama perusahaan yang bagus sudah banyak digunakan dan bisa menjadi alternatif menarik, terutama jika kamu ingin mencari nama yang unik.

Kreatifitas adalah kunci utama untuk mencari akronim yang tepat. Kamu bisa menggabungkan nama orang dengan kata sifat (misalnya Raditya + Sukses = Radisus), nama dari beberapa hal yang berbeda (misalnya Kuliner + Nusantara = Kulintara), hingga nama beberapa orang yang berperan dalam pendirian perusahaanmu (misalnya Agung + Rio + Gunawan + Oliva = ARGO). Tidak ada batasan dalam hal ini, semua tergantung imajinasimu!

Langkah 3 – Pakai Nama dengan Makna Personal

Nama adalah doa. Ucapan ini sejatinya masih relevan hingga saat ini. Jika kamu ingin menyisipkan harapan, visi, cita-cita, dan idemu dalam nama perusahaan, silakan cari nama dengan nama yang terasa cukup personal. Terkadang, ide terbaik memang datang dari hal-hal terdekat di sekitar kita, lho.

Sebagai contoh, kamu bisa mencoba menggunakan nama seseorang dalam keluargamu, nama kota kelahiranmu, nama yang berhubungan dengan harapanmu di masa depan (sukses, gemilang, maju, kaya, dll.), hingga namamu sendiri.

Langkah 4 – Cari Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Memilih nama yang panjang dan kompleks mungkin menarik karena perusahaanmu akan terdengar berbeda daripada perusahaan lainnya. Sayangnya, hal ini kurang efektif dalam jangka panjang karena orang-orang cenderung lebih mudah mengingat nama yang pendek dan singkat.

Selain memengaruhi citra perusahaan. Nama yang singkat akan memudahkanmu saat membuat situs web perusahaan atau akun media sosial untuk keperluan promosi. Bayangkan saja, jika kamu memakai nama PT Sukses Tangguh Makmur Gemilang, apa nama alamat situs web yang akan kamu gunakan? www.suksestangguhmakmurgemilang.com tentu sulit untuk diingat dan diketik oleh orang yang ingin mengaksesnya. Karena itu, sebaiknya carilah nama yang singkat dan mudah diingat.

Read more: 50+ Ide Nama Usaha Kue Rumahan yang Menarik dan Inspiratif

Langkah 5 – Hindari Penggunaan Nama yang Terlalu Umum

Pertumbuhan angka UMKM di Indonesia yang makin meroket membuat banyak perusahaan memiliki nama yang serupa atau bahkan hampir sama. Karena itu, tidak heran jika ada banyak perusahaan kecil yang mendaftarkan nama usahanya ke HAKI demi mempertahankan brand dan melindungi diri dari kompetitor sejenis.

Kami menyarankanmu untuk mencari nama yang benar-benar unik. Kamu bisa melihat beragam nama perusahaan yang bagus di internet sebagai inspirasi, tetapi pilihlah nama dengan ide orisinal agar brand yang kamu kembangkan tetap tampil beda dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual perusahaan lainnya.

Langkah 6 – Pilih Nama dengan Korelasi Positif

Kesan positif sangat penting untuk ditonjolkan dalam penamaan sebuah perusahaan. Kamu sebaiknya tidak memilih nama yang bisa dikaitkan dengan hal-hal bernuansa negatif meskipun nama tersebut terdengar keren.

Dalam pemilihan nama, kamu harus tetap bermain aman dan memilih kata-kata yang mudah dikorelasikan dengan aspek-aspek positif dalam hidup. Ingat, karena nama adalah doa, kamu sebaiknya hanya memilih kata yang beresonasi secara positif.

Langkah 7 – Pastikan Nama Perusahaan sesuai dengan Aturan yang Berlaku

Pemerintah sudah memiliki aturan tersendiri soal cara penamaan perusahaan. Jika kamu sudah mantap memilih sebuah nama, jangan lupa untuk memeriksa apakah nama tersebut memenuhi syarat untuk digunakan dalam sebuah badan usaha.

Perhatikan syarat-syarat yang tercantum dalam UU PT berikut:

  • Nama harus ditulis dengan huruf latin.
  • Nama belum dipakai secara sah oleh PT lain atau tidak sama pada pokoknya dengan nama PT lain.
  • Nama tidak boleh bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan.
  • Nama tidak boleh sama atau menyerupai nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan.
  • Nama tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata.
  • Nama tidak mempunyai arti sebagai PT, badan hukum, atau persekutuan perdata.
  • Tidak hanya menggunakan maksud, tujuan, serta kegiatan usaha sebagai nama PT.
  • Harus sesuai dengan maksud dan tujuan, serta kegiatan usaha PT, dalam hal maksud dan tujuan serta kegiatan usaha akan digunakan sebagai bagian dari nama PT.

Aturan tentang penamaan ini berhubungan dengan hukum perdata. Sebaiknya berkonsultasilah dengan seorang pakar hukum perdata untuk memastikan nama yang kamu pilih sudah memenuhi semua persyaratan di atas.

Penutup

Memilih nama perusahaan yang bagus untuk memulai usaha memang butuh waktu dan inspirasi. Sebaiknya pikirkan baik-baik nama yang hendak kamu pilih agar tidak perlu mengubahnya lagi dalam jangka panjang. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!