Gaji Pas-Pasan? Cek 5 Usaha Sampingan Karyawan Berikut Ini!

usaha sampingan karyawan

Punya penghasilan tetap tapi masih dihantui saldo minus di akhir bulan? Coba tekuni usaha sampingan karyawan ini. Kebutuhan terbayar, saldo pun aman.

Bukan rahasia lagi  jika kebutuhan masa kini kian beragam. Mulai dari kebutuhan pribadi, biaya transportasi, biaya makan dan dapur, sekolah anak, hingga hiburan. Semuanya membutuhkan jumlah uang yang tidak sedikit sehingga kita kerap kali  pusing dibuatnya. 

Memenuhi kebutuhan hidup memang menjadi tantangan tersendiri, termasuk untuk para pegawai yang punya penghasilan tetap. Bagaimana tidak, gaji yang baru diterima terkadang sulit bertahan hingga akhir bulan. Padahal, gaji tersebut hanya dipakai untuk keperluan penting saja. 

Nah, kalau kamu familiar dengan kondisi tersebut, sudah saatnya melirik peluang usaha sampingan karyawan. Selain mengamankan simpanan hingga akhir bulan, kamu bahkan bisa meningkatkan saldo tabungan. Tertarik? Yuk kita ulas beberapa usaha yang cocok dijadikan sampingan untuk karyawan. 

Apa Pentingnya Usaha Sampingan Karyawan?

Sebagian orang mungkin masih merasa sanggup hidup super hemat dengan gaji yang ada. Bagi mereka, usaha sampingan dirasa belum terlalu penting karena masih bisa membiayai keperluan sehari-hari. 

Namun, usaha yang populer disebut side hustle ini ternyata bisa mendatangkan berbagai keuntungan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat usaha sampingan karyawan yang bisa kita dapatkan. 

1. Memiliki penghasilan tambahan

Manfaat yang paling utama dari usaha sampingan tentu saja memiliki penghasilan tambahan. Dengan adanya tambahan ini, kamu akan lebih leluasa mengatur keuangan. Bahkan, kamu punya kesempatan untuk meningkatkan tabungan sekaligus berinvestasi.

Melalui usaha sampingan, kamu juga tidak perlu lagi kerja lembur hingga malam demi menambah pendapatan. Semua itu bisa dilakukan dengan menekuni side hustle yang kamu rintis. 

Di kemudian hari, tabungan dari penghasilan tambahan juga bisa menjadi cadangan jika kamu berhenti bekerja atau kehilangan pekerjaan.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Penghasilan yang meningkat, suasana serta tantangan baru akan menjadi suntikan semangat sehingga kamu merasa lebih percaya diri. Selain itu, sifat percaya diri juga akan terbentuk karena adanya tuntutan untuk bersikap mandiri dan berani mengambil keputusan saat menjalankan usaha.

3. Menjadi lebih menghargai waktu dan produktif

Berbisnis secara mandiri akan membuat kita lebih menghargai waktu. Waktu luang tidak akan terbuang begitu saja karena kita dituntut untuk terus belajar dan menemukan cara-cara agar bisnis tetap berjalan. Sekilas memang tampak sulit untuk mengatur kesibukan sebagai karyawan dan pemilik usaha. Namun, dengan manajemen yang tepat, hal tersebut bisa diatasi. 

Waktu yang disisihkan untuk mengembangkan usaha tentu tidak akan terbuang percuma. Kamu akan mendapat reward berupa tambahan penghasilan, relasi baru, sekaligus ilmu yang berguna.

4. Mendatangkan perasaan bahagia

Apa yang membedakan bekerja sebagai karyawan dengan bekerja membesarkan usaha sendiri? Menjalani bisnis pribadi dipercaya lebih minim tekanan dibandingkan bekerja pada orang lain. Salah satu penyebabnya adalah kamu lebih leluasa dalam menentukan langkah bisnis.

Terlebih lagi jika usaha yang ditekuni masih ada kaitannya dengan kegemaran alias hobi. Pekerjaan akan dilakukan dengan sepenuh hati. Hambatan pun akan terasa seperti tantangan yang harus ditaklukan alih-alih sebagai biang stress.

Jenis Usaha Sampingan Apa Saja yang Pas Untuk Karyawan?

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, sekarang saatnya mengulas jenis-jenis usaha yang cocok dijadikan sampingan untuk karyawan. Beberapa di antaranya bahkan bisa kamu coba tekuni walau modal minim dan tidak punya banyak waktu luang.

1. Menjadi reseller atau dropshipper bisnis online

usaha sampingan karyawan

Menurut informasi dari cimbniaga.co.id, usaha ini adalah salah satu yang tidak memerlukan banyak modal. Hal yang harus kamu lakukan adalah menjual barang milik penyuplai melalui media sosial ataupun e-commerce. 

Meskipun tidak memiliki barang dagangan sendiri, kamu harus bisa meraih kepercayaan konsumen. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah, pilih supplier tepercaya yang menjual barang berkualitas, jual barang dengan  harga bersaing, dan perbarui koleksi barang yang kamu pajang di laman medsos secara berkala.

Tidak kalah penting, bangun komunikasi yang baik dengan konsumen. Misalnya, dengan segera membalas chat yang masuk atau mengunggah konten kekinian yang relate dengan target pasarmu.

2. Menjual minuman racikan sendiri

Saat ini, produk homemade banyak digemari orang. Selain dianggap lebih sehat, rasanya tidak kalah enak dengan yang sudah ada di pasaran. Harganya pun cukup terjangkau. Manfaatkan tren ini dengan menjual minuman racikan sendiri seperti kopi, jus, atau jamu. Beri kemasan cantik yang berkualitas agar produkmu tampak menarik. 

Supaya lebih meyakinkan, sertakan info singkat pada kemasan tentang kelebihan yang ada pada produk.  Misalnya, komposisi bahan premium, bahan segar alami, dan manfaat kesehatan.

3. Penerjemah dan penulis lepas

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni atau bakat merangkai kata, manfaatkan dengan membuka jasa penerjemah dan penulis lepas.

Mula-mula, kamu bisa menawarkan jasa kepada rekan kantor atau kerabat dekat. Selain itu, manfaatkan juga platform pekerja lepas yang bisa menghubungkan jasa tersebut dengan pihak pencari.

4. Driver online

Peluang selanjutnya adalah dengan menjadi pengemudi online. Kamu bahkan bisa melakukannya tanpa menyisihkan waktu khusus, cukup dengan membuka order selagi menuju kantor atau sepulang bekerja. Tetapkan batas waktu maksimal agar kamu tetap bisa beristirahat, misalnya pukul 9 malam .

5. Menjadi agen asuransi

Selanjutnya, kamu bisa menjadi agen asuransi untuk menambah penghasilan. Profesi ini dianggap masih potensial karena sebagian orang baru mulai sadar akan pentingnya asuransi.

Meskipun minim modal, kamu tetap harus memberi layanan yang baik untuk calon nasabah. Bergabunglah dengan asuransi yang kredibel dan sudah terbukti kinerjanya. Sosialisasikan segala ketentuan pada calon nasabah secara jujur dan terbuka. Hal ini berguna supaya tidak terjadi kesalahpahaman saat proses klaim.

Read more: 9 Ide Usaha yang Menjanjikan Cuan, Apa Saja?

Trik Penting agar  Usaha Sampingan Berhasil

Meskipun bukan sumber penghasilan utama, usaha sampingan karyawan sebaiknya tidak dijalani asal-asalan, terutama jika kamu membutuhkan peningkatan pendapatan yang signifikan. Lantas, hal apa saja yang harus dilakukan agar usaha sampingan bisa moncer?

1. Sisihkan gaji untuk modal

Walaupun usaha yang dipilih tidak membutuhkan dana besar, tetap sisihkan gaji sebagai modal awal. Tentukan besaran yang sesuai dengan kebutuhan usahamu. 

2. Membuat rekening terpisah

Pisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi. Banyak usaha tidak bisa bertahan karena simpanan modal terpakai untuk pengeluaran pribadi akibat uang yang tercampur dalam satu rekening.

3. Mengadakan promosi

Trik selanjutnya bisa dilakukan setelah usaha sampingan berjalan. Dapatkan lebih banyak konsumen dengan rutin mengadakan promosi. 

4. Menetapkan target

Meskipun yang ditekuni adalah usaha sampingan karyawan kecil-kecilan, kamu tetap harus memiliki tujuan yang jelas. Tetapkan target yang ingin dicapai dan periode waktu yang realistis. Hal ini penting dilakukan supaya upayamu merintis usaha tidak jadi sia-sia.

Apakah kamu sudah menemukan peluang usaha sampingan karyawan yang sesuai? Persiapkan modal awal dan tingkatkan skill pendukung supaya hasilnya bisa optimal. Nah, untuk memudahkan pembayaran bisnis kamu, segera bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, gabung dengan DOKU, Sekarang!