10 Ide Bisnis Online Modal Kecil di 2023, Cocok untuk Pemula

bisnis online modal kecil

Bisnis online bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dari rumah. Tidak harus dengan modal besar, kamu bisa terjun ke bisnis ini meski dana yang kamu punya terbatas. Nah, berikut adalah rekomendasi bisnis online modal kecil yang patut kamu lirik.

Read more: 15 Ide Bisnis Online untuk Anak Sekolah, Mudah dan Anti Ribet

Referensi Ide Bisnis Online Modal Kecil

1. Jual Pakaian

Pakaian termasuk salah satu kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan manusia setiap saat. Dengan begitu, bisnis jualan pakaian tentu bisa jadi peluang bisnis online modal kecil yang sangat menjanjikan untuk dicoba.

Bisnis pakaian sendiri memiliki sejumlah kelebihan dibanding jenis bisnis lain. Pasalnya, pakaian tidak akan kedaluwarsa seperti halnya makanan. Selain itu, proses packing pakaian juga lebih simpel daripada pengepakan barang elektronik.

Ada banyak kategori produk yang dapat kamu jual jika ingin menekuni bisnis ini. Misalnya, kamu bisa menjual pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak-anak, hingga aksesoris.

Bisnis jual pakaian bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu bisa menggelutinya terlepas dari apa pun latar belakang pendidikanmu Hal yang kamu perlukan di sini adalah pengetahuan tentang pakaian dan kemampuan melayani yang baik.

Selain itu, kamu juga tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis ini. Bahkan jika tidak punya produk sendiri, kamu tetap bisa berjualan dengan memasarkan produk orang lain.

2. Jual Tanaman Hias

Buat para pencinta tanaman hias, yuk jadikan hobimu sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa menjual tanaman hias indoor seperti lili paris, lidah mertua, dan bambu jepang; maupun outdoor seperti suplir, kuping gajah, dan sri rejeki.

Tak perlu modal besar, kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat menanam. Tentunya, kamu harus memiliki pengetahuan tentang tanaman hias jika ingin berkecimpung di bisnis ini.

Selain menjualnya secara offline, kamu juga bisa memasarkan tanaman hias secara online. Akan tetapi, kamu harus lebih berhati-hati dalam mengepak dan mengirim produk pesanan. Hal ini penting diperhatikan agar tanaman hias bisa sampai ke tangan pembeli tanpa rusak atau mati.

3. Jual Alat Tulis

Alat tulis merupakan barang yang tak terpisahkan dalam kehidupan kebanyakan orang saat ini. Bukan hanya pekerja kantoran, alat tulis juga dibutuhkan oleh pelajar, mahasiswa, pemilik warung, dan berbagai kalangan lainnya.

Tidak harus membuka toko fisik, kamu bisa menggeluti bisnis ini dengan membuka toko online. Mengingat banyaknya marketplace dan platform yang tersedia, tentu pembuatan toko online bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Adapun untuk produknya, kamu bisa menjual beragam alat tulis seperti buku, penggaris, binder, pensil, amplop, dan masih banyak lagi.

4. Jual Bahan Makanan Siap Masak

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang sibuk sehingga tidak sempat pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan. Situasi ini bisa kamu jadikan peluang bisnis online modal kecil yang menjanjikan dengan cara menjual bahan makanan siap masak.

Misalnya, kamu bisa menyediakan paket sayur asem dan sayur sop yang sudah dikupas, dibersihkan, dan dipotong-potong. Dengan begitu, pembeli hanya perlu memasaknya saja.

Selain itu, kamu juga bisa menjual paket bumbu yang sudah dihaluskan dan dikemas dalam stoples. Bumbu siap masak ini bisa jadi solusi bagi pelanggan yang ingin memasak, tetapi tidak mahir dalam meracik bumbu.

Karena berupa bahan segar, kamu sebaiknya menjual produk ini untuk para pelanggan dalam kota saja. Hal ini dimaksudkan supaya bahan makanan tersebut bisa sampai dengan cepat untuk menjaga kualitas dan kesegarannya.

5. Jual Produk Perawatan Tubuh

Kebanyakan orang sangat peduli dengan kebersihan dan penampilan tubuhnya. Tak heran, jika berbagai produk skincare dan perawatan tubuh sangat diminati di pasaran, khususnya oleh kaum wanita.

Oleh sebab itu, kebutuhan terhadap produk perawatan dan kecantikan tentu tidak akan ada habisnya. Kamu bisa mengambil peluang ini dengan berjualan produk kosmetik untuk meraih penghasilan.

6. Jual Menu Makan Siang/Malam

Bisnis kuliner merupakan usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Pasalnya, tidak semua orang bisa atau sempat memasak, khususnya bagi mereka yang sibuk bekerja maupun kuliah.

Karena itu, bisnis kuliner bisa jadi opsi yang tepat bagi kamu yang pandai memasak. Selain menjualnya secara offline, kamu juga bisa menjual makanan secara online dengan memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan.

7. Bisnis PetShop

Sekarang ini, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing banyak diminati oleh berbagai kalangan. Sebagai pemilik, orang biasanya tidak segan-segan merogoh kocek demi bisa merawat hewan peliharaannya tersebut.

Hal ini tentu bisa jadi peluang bisnis online modal kecil yang sangat menguntungkan. Kamu bisa terjun ke bisnis ini dengan menjual berbagai kebutuhan hewan mulai dari makanan, kandang, aksesoris, hingga pasir kucing.

8. Jual Kue Kering

Menjelang momen lebaran, bisnis kue kering memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Pasalnya, kue kering umumnya akan dijadikan suguhan untuk menyambut para tamu yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi.

Selain itu, kue kering juga banyak dinikmati sebagai suguhan untuk tamu pesta atau sekadar menu camilan di kantor/rumah.  Jadi, tidak ada salahnya jika kamu memulai bisnis ini di luar momen lebaran.

Apabila takut rugi, kamu bisa menjual kue kering dengan sistem preorder. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut produk akan kedaluwarsa karena terlalu lama di simpan.

9. Jasa Titip

Adakalanya orang menginginkan suatu barang yang sulit mereka jangkau karena berada di luar negeri. Itulah sebabnya, jasa titip bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi kamu yang suka jalan-jalan dan berbelanja ke negara lain.

Tidak perlu modal besar, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menyempatkan diri untuk membeli barang titipan di sela-sela berlibur.

Sedangkan untuk menggaet pelanggan, kamu bisa melakukannya dengan menawarkan jasa titip di media sosial atau marketplace.

10. Jual Mainan Anak

Sejatinya, setiap anak baik laki-laki maupun perempuan mempunyai naluri untuk bermain. Tak heran, jika produk mainan anak-anak sangat laris di pasaran karena tingginya jumlah peminat.

Anak-anak mungkin belum bisa membeli sendiri barang yang kamu jual secara online. Akan tetapi, para orang tua tentu ingin membahagiakan buah hatinya, termasuk dengan membelikan mereka mainan kesukaan.

Ada beragam jenis mainan yang bisa kamu jual untuk menekuni bisnis ini. Misalnya, kamu bisa menyediakan produk boneka, mobil-mobilan, rubik, dan lain-lain.

Jika modalmu terbatas, kamu bisa memulainya dengan menjual mainan yang murah terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa ide bisnis online modal kecil yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang dari rumah.

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!