10 Ide Bisnis Online Tanpa Modal, Apa Saja?

bisnis online tanpa modal

Bisnis online tanpa modal banyak dicari oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet tetapi tidak punya modal untuk memulainya. Jika kamu salah satunya, jangan khawatir karena dunia digital menawarkan banyak opsi yang bisa kamu coba. Ini dia daftarnya.

Read more: 16 Tips Bisnis Online Supaya Sukses, Calon Pebisnis Wajib Baca!

Ide Bisnis Online Tanpa Modal

1. Affiliate Marketing

Tidak sedikit website yang menawarkan bisnis affiliate marketing kepada siapa saja yang ingin bergabung. Bisnis ini memiliki cara kerja yang cukup simpel dan kamu tidak perlu mengeluarkan modal jika ingin menekuninya.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah membagikan link afiliasi di blog, website, atau akun media sosialmu. Jika terjadi transaksi pembelian melalui link yang kamu bagikan tadi, kamu pun bakal mendapatkan imbalan.

Bisnis ini cocok buat blogger, youtuber, atau influencer yang memiliki banyak audiens. Karena makin banyak audiens, makin besar pula kemungkinan mereka akan mengeklik dan membeli produk melalui link itu.

Untuk melakukan affiliate marketing, kamu bisa melakukannya dengan me-review produk, lalu membagikan link pembeliannya. Selain itu, kamu juga bisa membuat konten yang menarik, lalu diselingi dengan promosi menggunakan link itu.

2. Dropshipper

Dropship bisa jadi pilihan bisnis online tanpa modal karena untuk menjalankannya kamu tidak perlu mempunyai produk sendiri. Jika berminat, kamu bisa mencari supplier yang menawarkan bisnis dropship untuk bekerja sama.

Tugasmu sebagai dropshipper adalah mengelola dan memasarkan produk, menggaet konsumen, dan melakukan transaksi jual beli. Produk yang kamu jual tersebut nantinya akan dikirim oleh supplier ke konsumen.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan berasal dari selisih harga jual dari supplier dengan harga jual yang kamu tetapkan ke pembeli. Keuntungan tersebut memang relatif rendah. Namun kelebihannya, kamu tidak perlu modal untuk menyetok barang.

3. Desainer Grafis

Jasa desain grafis bisa jadi solusi bisnis yang menguntungkan terutama di era digital seperti sekarang. Bisnis ini banyak dibutuhkan perusahaan maupun perorangan untuk membuat logo, brosur, desain kemasan, dan masih banyak lagi.

Untuk menggeluti bisnis ini, tentu kamu membutuhkan keahlian desain yang mumpuni. Namun jika belum punya skill, tentu tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Kamu bisa membuka jasa desain grafis lalu mempromosikannya di media sosial.  Selain itu, kamu juga bisa mendaftar jadi freelancer desain grafis di sejumlah platform pekerja lepas, baik lokal maupun luar negeri.

4. Jasa Pembuatan Website

Saat ini, ada berbagai website builder modern di internet sehingga pebisnis bisa menggunakannya untuk membuat website  dalam hitungan menit. Namun sayangnya, solusi instan ini tentu memiliki banyak kekurangan.

Ketika butuh hal-hal rumit seperti fitur e-commerce, pemeliharaan situs yang berkelanjutan, dan lain-lain tentu perusahaan membutuhkan tenaga desainer dan developer profesional.

Itulah sebabnya jasa pembuatan website merupakan bisnis online yang tetap menjanjikan saat ini. Jika belum punya keahlian di bidang tersebut, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu.

5. Mentor Kelas Online

Jika kamu merupakan seorang pelatih bersertifikat atau praktisi berpengalaman, menjadi mentor mungkin cocok untuk kamu tekuni. Pelatihan dari orang yang ahli tentu sangat diminati sehingga peluang ini bisa kamu manfaatkan.

Adapun caranya, kamu bisa membuka kelas online sesuai bidang yang kamu kuasai, misalnya pelatihan bisnis, menulis, desain, dan lain-lain. Sedangkan untuk mendapatkan peserta, kamu bisa mempromosikannya di media sosial.

6. Admin Media Sosial

Admin media sosial bisa jadi pilihan bisnis yang cocok buat kamu yang aktif di media sosial. Kehadiran admin media sosial sendiri sangat penting bagi sejumlah perusahaan seiring dengan meningkatnya jumlah audiens mereka.

Bukan sekadar menjembatani merek dan pelanggan, admin media sosial juga dibutuhkan untuk menjalin komunikasi yang hangat dengan pelanggan melalui pengadaan webinar, giveaway, ataupun penawaran khusus.

Mereka juga berperan mengelola konten dan unggahan yang digunakan sebagai media pemasaran. Selain itu, mereka juga bertugas menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan serta menyelesaikan sengketa yang ada.

Admin media sosial tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar, tetapi juga para influencer dengan jumlah pengikut yang banyak. Alhasil, peluang bisnisnya pun jadi lebih terbuka lebar.

7. Ngeblog

Jika kamu suka menulis, ngeblog bisa jadi kegiatan menyenangkan untuk menyalurkan bakatmu. Selain itu, ngeblog juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan untuk kamu tekuni.

Penghasilan dari aktivitas ngeblog bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara, mulai dari membagikan link afiliasi, membuka jasa content placement, hingga memasang iklan banner.

Nah, biar blogmu ramai dan bisa menghasilkan, maka buatlah konten yang menarik, lalu promosikan di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan SEO agar artikelmu bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Supaya hasilnya maksimal, ada baiknya jika kamu membeli domain dan hosting agar blog terlihat profesional. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu memulainya dengan platform blogging gratis.

8. Menulis dan Menjual e-Book

Saat ini, buku tidak harus berbentuk lembaran-lembaran kertas yang dijilid, melainkan juga file digital yang dikenal dengan nama e-Book. Kamu bisa mengambil peluang ini dengan membuat e-Book yang menarik.

Selanjutnya, e-Book tersebut bisa kamu jual dengan mempromosikannya di blog atau website pribadi dan media sosial. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya di platform buku digital seperti Google Play Books.

Agar tingkat penjualannya tinggi, kamu bisa menggunakan layanan iklan berbayar untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan.

9. Content Creator

Jika kamu orang yang kreatif, kamu bisa memanfaatkan kelebihanmu tersebut dengan menjadi seorang content creator. Content creator sendiri merupakan orang yang bekerja membuat konten, salah satunya untuk keperluan pemasaran.

Bisnis content creator memiliki prospek yang cerah. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan yang menggunakan teknik content marketing untuk menarik perhatian calon konsumen.

Untuk menjadi seorang content creator, kamu bisa mendaftar ke perusahaan jika sedang ada lowongan. Selain itu, kamu juga bisa bekerja secara lepas di berbagai platform freelance di internet.

10. Fotografer

Profesi fotografer bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi kamu yang punya passion di bidang fotografi. Profesi ini tentunya sangat dibutuhkan karena banyak orang yang ingin mengabadikan momen penting dalam kehidupannya.

Selain itu, fotografer juga termasuk salah satu bisnis online tanpa modal yang sangat menjanjikan. Caranya, kamu bisa menjual foto hasil jepret dan editing-mu di situs-situs microstock yang ada di internet.

Nah, itulah tadi beberapa ide bisnis online tanpa modal yang bisa kamu geluti. Peluang untuk mendapatkan penghasilan dari internet sangat terbuka lebar karena pilihan bisnisnya sangat beragam, bahkan tanpa harus mengeluarkan modal.

Apabila kamu ingin menjual produk atau menawarkan jasa, tentu kamu membutuhkan metode pembayaran yang aman dan praktis. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!