7 Ide Usaha Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

usaha sampingan

Menjadi karyawan kantor kerap dianggap sebagai pekerjaan yang mapan. Padahal tak sedikit karyawan yang kerap mengeluhkan naiknya biaya hidup tapi gaji nggak ada kenaikan. Kalau kamu salah satunya, coba deh buka usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Nggak ada waktu buat membuka usaha? Banyak lho bisnis sampingan yang bisa kamu jalani tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kamu. Kalau kamu butuh rekomendasi, artikel ini buat kamu. Yuk, simak sampai habis!

Rekomendasi Usaha Sampingan untuk Pegawai Kantoran

Bisnis sampingan seperti apa sih yang cocok untuk karyawan? Jawabannya tentu sangat beragam, tergantung pada kebutuhan masing-masing. Ada yang bisa dimulai dengan modal kecil, ada pula yang besar.

Untuk membantu kamu mendapatkan ide bisnis sampingan yang pas, di bawah ini ada beberapa opsi yang bisa kamu jadikan referensi. Langsung saja simak ulasannya berikut.

Read More: Mau Buka Usaha Cuci Mobil? Simak Dulu Seluk-beluknya di Sini

1. Menjual makanan khusus sarapan

Ide pertama yang mungkin bisa kamu wujudkan adalah menjual makanan untuk sarapan. Peluang ini cocok buat kamu yang kerja sift siang atau sore. Sebab, saat ini banyak sekali pekerja yang tak sempat untuk menyiapkan sarapan sendiri.

usaha-sampingan

Untuk mendirikan bisnis ini, kamu tak perlu repot-repot mencari lokasi khusus. Bila kamu tinggal di rumah, kamu bisa memanfaatkan teras atau halaman sebagai tempat usaha. Menunya pun tak perlu yang sulit-sulit. Pilih saja seperti nasi kuning, nasi uduk, bubur, dan lain-lain.

Kalau kamu masuk pagi dan punya banyak waktu luang di pagi hari, kamu juga bisa menggeluti usaha ini. Bedanya, kamu tak perlu membuka stand karena target pemasarannya adalah rekan kantor kamu sendiri.

Caranya dengan menerapkan sistem pre-order pada hari sebelumnya. Baru esoknya kamu mengolah pesanan yang sudah kamu terima tepat sebelum berangkat ke kantor. Agar usaha makin lancar, rajin-rajinlah promosi lewat grup kantor atau status di WhatsApp.

2. Bisnis PPOB

PPOB (Payment Point Online Bank) adalah layanan yang digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan. Di antaranya adalah tagihan listrik, air, TV kabel, kartu pascabayar, dan lain sebagainya. Nah, usaha satu ini bisa kamu jadikan sumber pendapatan tambahan.

Target pasarnya bisa rekan kerja atau tetangga di rumah. Modal yang dibutuhkan relatif kecil, bahkan tak sampai jutaan. Sebagai permulaan, kamu bisa membeli deposit senilai Rp500.000. Baru setelah bisnis berkembang, kamu bisa menambah depositnya.

Selain menerima pembayaran tagihan, kamu juga bisa menjual pulsa elektrik, token listrik, dan paket data. Kalau kamu menerima pembayaran tagihan, pastikan kamu membeli printer juga, ya. Usahakan pilih printer thermal mini karena fleksibel untuk dibawa ke mana saja.

Keuntungan dari bisnis PPOB memang tak bisa dibilang besar. Jadi, jangan pernah mengizinkan pelangganmu untuk ngebon. Sebab, satu orang ngebon bisa membuat pelanggan lain pengen ngebon juga. Nyatanya, masalah seperti inilah yang membuat bisnis PPOB merugi.

3. Menjajakan aneka kue

Kamu karyawan kantor yang punya hobi bikin aneka jenis kue? Ide usaha sampingan ini cocok buat kamu. Lagi pula, kapan lagi bisa dapat penghasilan tambahan dari melakukan kegiatan yang kamu sukai?

Setelah seharian ngantor, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu di sore hari untuk membuat kue. Target pasarnya bisa rekan kantor sendiri atau tengga sekitar. Untuk meminimalkan potensi kerugian, gunakan sistem pre-order dengan setengah harga dibayar terlebih dahulu.

Mengenai jenis kue yang bisa dijual, pilihannya jelas beragam. Sesuaikan kembali dengan kemampuanmu, apakah kamu lebih jago bikin kue kering atau kue basah. Untuk jenis kue basah, kamu bisa mencoba menjual brownies, dadar gulung, aneka bolu, dan lain sebagainya.

Pilihan kue kering yang bisa dijual juga tak kalah banyak. Di antaranya adalah nastar, cookies kekinian, putri salju, dan masih banyak lagi. Besar kecilnya modal  yang perlu disiapkan tergantung pada jenis kue yang mau kamu jual.

4. Membuka kedai kopi

Kedai kopi termasuk salah satu jenis usaha yang menjamur beberapa tahun terakhir ini. Usaha ini juga bisa kamu jadikan sebagai sambilan dari pekerjaan utama. Tak harus muluk-muluk seperti kafe kekinian, kedai kopi sederhana pun sudah cukup. Pokoknya sesuaikan dengan modal.

Jika tenaganya masih terbatas, kamu bisa buka pada malam hari saja. Lagi pula, mayoritas masyarakat berkegiatan dari pagi hari hingga sore. Itu sebabnya, malam hari merupakan waktu yang pas untuk mengurus bisnis sampingan kamu tersebut.

usaha-sampingan

Bisnis ini sangat pas untuk dibuka di kawasan yang ramai. Contohnya di area sekitar kampus, kawasan industri, atau pemukiman padat pekerja. Agar makin menarik, sediakan pula jenis minuman non kopi dan makanan, seperti mi instan dan aneka gorengan.

5. Membuat toko online

Membuka toko online bisa menjadi usaha sampingan yang tepat untuk pegawai kantoran. Terutama di era digital seperti sekarang ini di mana masyarakat semakin lumrah dengan kegiatan belanja online.

Produk yang bisa dijual secara online sangat beragam. Di antaranya pakaian, makanan, alat elektronik, hingga produk digital, seperti layanan streaming, perangkat lunak, dan lain sebagainya. 

Kalau anggaran kamu terbatas, kamu bisa memulai bisnis online dengan cara dropship. Metode ini akan memudahkanmu dalam berjualan. Sebab, kamu tak perlu mengeluarkan modal untuk membeli atau memproduksi barang untuk dijual. Potensi kerugiannya pun juga lebih kecil.

6. Mencari pekerjaan lepas

Mencari pekerjaan lepas sudah digeluti banyak karyawan kantoran. Pasalnya, jenis pekerjaan satu ini bisa dilakukan secara online. Jenis pekerjaannya pun relatif beragam, seperti penulis, desainer grafis, admin media sosial, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan pekerjaan lepas, kamu bisa mencarinya di situs freelancer dari luar maupun dalam negeri. Berbeda dengan jenis pekerjaan sampingan lainnya, kamu bebas menentukan waktu untuk mengambil proyek freelance.

Dengan jam kerja yang fleksibel, pekerjaan utama kamu pun tak akan terganggu. Meski begitu, kamu tetap harus bisa mengatur waktu dan prioritas. Jangan sampai berat sebelah hingga mengorbankan pekerjaan utama kamu.

7. Menjadi content creator

Menjadi content creator sedang diminati banyak orang, termasuk karyawan kantor. Cukup bermodal smartphone dengan kamera andal dan koneksi internet yang stabil, kamu sudah bisa menekuni pekerjaan ini.

Jenis konten yang bisa kamu publikasikan sangat beragam, seperti kuliner, teknologi, edukasi, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Pokoknya pilih yang sesuai dengan minatmu dan terus berinovasi.

Agar jumlah followers atau subscribers semakin banyak, rajin-rajinlah membuat konten yang menarik. Sebab, penghasilan dari menjadi content creator bisa dibilang lumayan. Bahkan bisa melebihi penghasilan karyawan kantoran.
Itu tadi tujuh ide usaha sampingan yang bisa kamu pilih untuk menambah penghasilan.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!