10 Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan Bagi Karyawan

usaha sampingan modal kecil

Entah untuk tabungan di hari tua atau ingin membeli barang mewah, usaha sampingan bisa memberikan tambahan penghasilan bagi karyawan dengan gaji pas-pasan. Namun, “dari mana harus memulai?” sering menjadi pertanyaan berikutnya.

Memilih bisnis sampingan bukanlah perkara gampang. Itu sama seperti satu buku untuk dibaca dari rak besar. Harus ada proses eliminasi menggunakan kriteria-kriteria tertentu untuk melakukannya.

Dalam hal pemilihan usaha bagi karyawan bergaji pas-pasan, modal ringan adalah kriteria penting. Oleh karena itu, berikut adalah 10 usaha sampingan modal kecil yang sesuai untuk karyawan sepertimu.

Read More: 15 Ide Cuan Usaha Sampingan di Rumah untuk Laki-laki

Rekomendasi Usaha Sampingan Modal Kecil

1. Program Afiliasi

Sudah tahu kalau kamu bisa menghasilkan uang dari jumlah pengikut media sosialmu? Jika belum, inilah saat yang tepat untuk memulai bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi memungkinkanmu mendapatkan pundi-pundi rupiah atau voucher yang bisa dijual dari menyebarkan tautan ke akun media sosialmu.

Caranya, kamu bisa mendaftarkan diri ke platform afiliasi, seperti Involve Asia. Setelah pendaftaran disetujui, kamu bisa mengakses program afiliasi beberapa brand yang sesuai dengan niche pilihanmu, seperti kesehatan dan kecantikan atau fesyen.

Kamu bisa menjalankan program apa pun yang sesuai. Setelah itu, kamu akan mendapatkan tautan untuk dipasang di media sosial. Lalu, kamu bisa mendapatkan komisi dari klik atau pembelian yang dilakukan melalui tautan itu.

2. Membuat Toko Online

usaha-sampingan-modal-kecil

Di zaman ini, banyak orang yang lebih memilih berbelanja secara online. Kamu harus menggunakan kesempatan ini untuk membuka toko online juga. Ada beberapa marketplace yang bisa dicoba, pilihlah salah satu.

Untuk menjalankan usaha sampingan modal kecil ini, kamu harus menentukan barang apa yang hendak dijual. Sangat disarankan agar memilih barang yang kamu pahami seluk-beluknya dan dicari banyak orang. Lebih baik lagi jika kamu memakai barang itu juga. 

Alasan dari pemilihan ini adalah agar kamu lebih mudah menjelaskan fungsi dan cara pakainya ketika menuliskan deskripsi produk dan menjawab pertanyaan. 

3. Jasa Desain Grafis

Jago desain? Kamu bisa membuka jasa desain grafis yang sekarang banyak dicari orang yang hendak memulai bisnis. Kamu bisa mengerjakan pesanan desain di saat senggang di mana pun dan kapan pun.

Sisi menarik lain dari bisnis ini adalah kamu bisa menerima pesanan dari dalam maupun luar negeri. Jika hasil desainmu menarik, bukan tidak mungkin kamu akan dilirik oleh pelanggan internasional, lho.

Keunikan ini akan sulit terjadi di bisnis lain. Bisnis penjualan barang perlu mengurus berbagai hal agar produknya bisa diterima dan diekspor ke luar negeri. Butuh waktu tahunan dan uang yang tidak sedikit untuk mewujudkannya.

Namun, hanya dengan bermodal gawai yang mumpuni dan aplikasi yang mumpuni untuk mendesain, kamu sudah otomatis berpeluang besar untuk menunjukkan kemampuanmu ke seluruh dunia.

4. Menjadi Freelancer

Di zaman ini, semua orang bisa menjadi freelancer. Menjadi salah satunya memungkinkanmu mendapatkan tambahan uang dari pekerjaan yang dikerjakan kapan saja. Kamu juga bisa memutuskan untuk mengambil pekerjaan yang datang atau tidak.

Ada banyak macam pekerjaan yang bisa dipilih sesuai bakat dan minatmu. Semakin banyak bakat dan minatmu, semakin banyak pula pekerjaan yang bisa diambil. Tidak ada satu pun yang bisa membatasimu dalam hal itu. 

5. Menulis e-Book

Usaha sampingan modal kecil yang cocok untuk si kutu buku adalah menulis e-book. Kamu tinggal menuangkan gagasan, pendapat, atau rangkuman dari berbagai referensi yang sudah dibaca.

Pekerjaan ini tidak memiliki batas waktu. Kamu bisa memulainya dan menyelesaikannya kapan saja. Kamu juga bisa melakukan penyuntingan berkali-kali tanpa batasan waktu dan jumlah. Setelah selesai, buat desain sampul menggunakan Canva atau Photoshop. 

Lalu, jual karyamu ke Amazon dalam kisaran harga USD1-3. Minta teman dan keluarga untuk membaca dan meninggalkan ulasan di sana. Terakhir, promosikan karyamu ke media sosial atau blog.

6. Menjadi Reseller/Dropshipper

Jika memiliki bakat berdagang, kamu bisa berjualan secara reseller/dropshipper. Cara ini memungkinkanmu berjualan tanpa harus melakukan produksi. Caranya adalah dengan menjualkan barang milik orang lain.

Bedanya, reseller mengharuskanmu membeli sejumlah barang dari produsen. Pengepakan dan pengiriman juga harus kamu lakukan sendiri. 

Sementara sebagai dropshipper, kamu hanya perlu melakukan promosi dan meneruskan pesanan yang diterima melalui toko online atau media sosialmu, selebihnya ditangani oleh produsen atas namamu.

7. Memulai Jasa Titip (Jastip)

Bisnis jasa titip bisa dianggap sulit sekaligus mudah. Sulit jika kamu tidak memiliki akses komunikasi ke penyedia produk, tetapi gampang jika sudah mengetahui triknya. Kamu bekerja di bagian humas? Kamu bisa menjalankan usaha sampingan modal kecil ini.

Menjalankan bisnis jastip berarti kamu membeli barang tertentu – yang tidak dijual di toko lain – langsung dari produsennya berdasarkan pesanan orang yang ingin menggunakan jasamu.

Harga yang kamu tetapkan bisa disesuaikan dengan ongkir, biaya jasamu, dan pajak jika merupakan barang impor. Agar banyak yang menggunakan jasamu, pasanglah harga yang wajar.

8. Membuka Franchise

usaha-sampingan-modal-kecil

Siapa bilang karyawan tidak bisa mempekerjakan karyawan? Dengan membuka franchise, kamu bisa melakukannya, lho!

Saat ini ada begitu banyak brand kecil yang membuka kesempatan franchise, seperti bisnis minuman. Jika sering membeli minuman di stan yang memiliki nama brand, coba kamu tanyakan apakah mereka membuka franchise. Jika ya, biasanya biayanya kecil.

Setelah berhasil menemukan dan mendaftar, kamu tinggal mengikuti ketentuan dari mereka. Lalu, kamu bisa mencari pegawai untuk membantumu menjalankan bisnis itu. 

9. Online Driver

Kamu memakai kendaraan sendiri untuk berangkat ke kantor? Kamu bisa memanfaatkan kendaraanmu untuk mengantar orang lain setelah pulang kerja. Dengan begitu, ongkos bensinmu bisa berkurang. Lumayan, kan?

Kamu tinggal mendownload aplikasi transportasi online, seperti Gojek, ke ponselmu. Pilih yang khusus pengemudi, ya! Setelah mendaftarkan diri dan melengkapi berkas-berkasnya, kamu tinggal menunggu waktu saja untuk diterima menjadi driver.

10. Menjadi Podcaster

Di Indonesia, format konten podcast pertama kali digunakan oleh YouTuber Raditya Dika dan dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. Jumlah tayangannya yang tinggi membuat banyak orang kemudian berlomba-lomba menjadi podcaster.

Untuk menjadi seorang podcaster, kamu tidak perlu menyiapkan studio dengan peralatan lengkap. Kamu hanya perlu alat untuk merekam, menyunting audio, dan mencari platform untuk mengupload kontenmu.

Bisnis ini bisa dilakukan jika kamu memiliki banyak topik yang ingin dibahas dan cukup mumpuni untuk membahasnya. Jika kanalmu memiliki cukup banyak pendengar, kamu bisa mendapatkan uang dari iklan yang masuk.Itulah 10 usaha sampingan modal kecil yang bisa kamu coba.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!