9 Ide Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan 2023

peluang usaha rumahan

Tahun baru, semangat baru. Kalau kamu selalu ingin memulai bisnis dan hanya berakhir menjadi wacana, jangan biarkan terjadi lagi di tahun ini. Kamu bisa mulai mencoba beberapa peluang usaha rumahan sebagai langkah awal.

Yep, ada banyak jenis usaha rumahan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah menjanjikan. Kalau masih bingung peluang usaha rumahan apa yang harus dipilih, berikut beberapa referensi yang menjanjikan.

Rekomdasi Usaha Rumahan

Toko Kelontong 

Jangan khawatir meski kini banyak minimarket modern yang bermunculan bahkan di kawasan perumahan sekalipun. Faktanya, masih banyak orang yang memerlukan kehadiran toko kelontong untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

Alasan utamanya adalah harga yang ditawarkan toko kelontong relatif lebih murah dibandingkan minimarket modern. Hal ini tentu didukung biaya operasional yang lebih minim seperti listrik dan gaji karyawan yang cukup besar di minimarket modern.

Barang standar yang harus ada di toko kelontongmu adalah sembako dan beberapa kebutuhan harian seperti  sabun mandi, sabun cuci, dan sebagainya. Kalau ingin lebih laris, kamu bisa menyediakan camilan, galon, hingga elpiji.

Bisnis Kue dan Roti 

Peluang usaha rumahan ini tidak ada matinya. Kue dan roti adalah jenis makanan yang selalu dapat diterima dan dicari kapan saja.

peluang-usaha-rumahan

Kamu bisa membuat aneka kue seperti jajanan pasar, lalu menjualnya sendiri atau menitipkannya kepada orang lain. Jajanan semacam ini biasanya sangat laris di pagi hari sebagai pengganjal perut maupun sarapan.

Aneka roti yang lebih “mahal” pun juga tidak pernah kehabisan pasar. Ditambah lagi, kini makin banyak bermunculan tren dan permintaan bermacam-macam roti asal daerah bahkan negara tertentu yang bisa kamu jadikan kesempatan emas.

Usaha Camilan 

Terlepas dari banyaknya makanan ringan produksi pabrik besar, camilan rumahan ternyata masih punya banyak penggemar setia, seperti kuping gajah, makaroni pedas, basreng, marning, keripik buah, sale pisang, keripik bawang, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengemasnya dalam beberapa ukuran. Biasanya, camilan rumahan seperti ini ditawarkan dalam ukuran 250 gram, 500 gram, dan 1 kg. Namun, kamu bisa juga menyesuaikan dengan permintaan.

Tempat untuk memasarkan camilan rumahan juga cukup luas, apalagi dengan adanya e-commerce. Jika berkembang lebih besar, kamu bisa bekerja sama dengan supermarket atau minimarket untuk memasarkan produkmu di sana.

Katering Sehat dan Diet 

Makin banyak orang yang mulai mempertimbangkan untuk makan makanan sehat, baik untuk tujuan menurunkan berat badan maupun menjaga berat badan ideal dan fisik yang sehat. Sayangnya, tidak semua dari mereka bisa menyiapkan sendiri menu-menu tersebut.

Di sisi lain, hal ini jadi peluang yang bisa kamu manfaatkan. Dengan keahlian dan pengetahuan pendukung, kamu bisa membuka jasa katering sehat dan diet yang tepat.

Pangsa pasar bisnis ini cukup besar, tetapi biasanya harga menjadi salah satu kendala. Melihat hal ini, kamu mungkin bisa mencari ide untuk membuat makanan sehat yang lezat dan bernutrisi tepat tanpa harus menggunakan harga yang mahal.

Makanan Beku 

Jenis peluang usaha rumahan ini juga tak kalah menarik. Jika dulu makanan beku hanya identik dengan chicken nugget dan french fries, sekarang ada banyak lainnya yang bisa kamu kemas dalam bentuk makanan beku alias frozen food.

Mulai dari jajanan seperti risol, samosa, kebab, dan sebagainya hingga otak-otak, fish roll, crab stick, dan sebagainya, semua bisa dibuat dalam bentuk frozen food. Kamu bisa membuat sendiri atau menjadi reseller dari produsen yang memang berkualitas.

Tentunya, kamu perlu memperhatikan berapa lama masa penyimpanan masing-masing produk yang akan dijual. Beberapa makanan beku dapat bertahan hingga bulanan, tetapi beberapa lainnya hanya dapat bertahan dalam kurun waktu dua atau beberapa minggu saja.

read more: 13 Ide Peluang Usaha di Desa dari Modal Kecil Sampai Besar

Affiliate Marketing 

Kalau kamu suka dan betah menggunakan ponsel berlama-lama, berkecimpung dalam bidang  affiliate marketing bisa jadi pilihan bisnis rumahan yang paling cocok buatmu. 

Secara sederhana, tugasmu sebagai seorang affiliate marketer adalah mempromosikan sebuah produk tanpa harus kamu memiliki produk tersebut. Jika seseorang membeli produk tersebut darimu, maka kamu akan memperoleh komisi.

Affiliate marketing kini sangat lazim dilakukan pada platform e-commerce. Biasanya, para afiliator akan membuat sebuah konten yang mempromosikan sebuah produk, lalu menautkan link pembelian produk tersebut yang terhubung ke sebuah e-commerce.

Laundry Baju dan Sepatu 

Tak cuma di kota-kota besar, kini bisnis laundry juga mulai marak dan ramai pelanggan di kota-kota berkembang. Beberapa area pun biasanya lebih menjanjikan, seperti kawasan kampus dan perkantoran yang dikelilingi oleh indekos mahasiswa maupun pekerja.

Kamu bisa menjadikan ini sebagai inspirasi peluang usaha rumahan. Modal yang diperlukan untuk langkah awal usaha laundry baju pun tidak terlalu besar, yakni sekitar 6 sampai 10 juta rupiah. Dalam satu sampai dua bulan, kamu bisa kembali modal.

Peluang lain yang bisa kamu ambil adalah laundry sepatu. Kini, makin banyak—khususnya anak muda—yang ingin tampil nyaman dan maksimal dengan alas kaki terbaik mereka sehingga mereka pun tak segan untuk melakukan perawatan khusus untuk sepatu mereka.

Jasa Jahit Baju 

peluang-usaha-rumahan

Fashion adalah jenis bisnis yang tidak ada matinya. Di tengah gempuran fast fashion dengan produk-produk impor, jasa penjahit ternyata makin banyak diburu.

Pasalnya, baju-baju yang dijahit secara kustom memberi hasil lebih memuaskan dibandingkan baju-baju yang dijual secara massal. Hal ini karena adanya keunikan dan sentuhan personal yang menjadi identitas dan nilai lebih dari hasil jahitan tersebut.

Penjahit masa kini pun lebih mudah mengembangkan usahanya karena media sosial. Tak jarang, penjahit masa kini mendapat banyak pesanan secara online dan bahkan tidak bertemu secara fisik dengan klien atau pelanggannya.

Penyewaan Baju dan Barang Fashion 

Masih berkaitan dengan fashion, kamu bisa memanfaatkan baju-baju layak pakai dan unik yang kamu miliki untuk menjadi alat penghasil rupiah. Buka saja jasa sewa baju—termasuk baju kasual sekalipun, tidak harus semacam jas dan baju pengantin.

Jasa sewa baju semacam ini pun tidak harus kamu patok dengan mahal. Beberapa pihak yang menyewakan baju-baju kasual ini pun bahkan mematok harga mulai dari Rp5 ribu rupiah saja per hari.

Tak ketinggalan, kamu dapat menyewakan pula barang-barang fashion pendukung lain seperti sepatu, tas, dan aksesori. Pastikan saja semua barang-barang tersebut memiliki nilai dan layak pakai serta selalu dalam kondisi bersih sebelum disewakan, ya.

Untuk mendukungmu mewujudkan berbagai peluang usaha rumahan ini dan mengembangkannya lebih luas, DOKU hadir dengan layanan pembayaran dan payment gateway praktis.

Pilih DOKU agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!