Cari Peluang Usaha Modal 20 Juta? Simak Ide-Ide Berikut!

usaha modal 20 juta

Banyak orang sudah siap modal, tetapi bingung mencari usaha yang cocok dan menguntungkan. Saking bingungnya, mereka akhirnya menyerah dan membiarkan dana menggunung di rekening, tak terpakai.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengembangkan modal menjadi usaha yang laris manis! Jika punya dana Rp20 jutaan, kamu bisa menggunakannya untuk berbisnis skala menengah.

Berbeda dengan modal minim, usaha modal 20 juta mempunyai peluang perkembangan dan keuntungan yang lebih besar. Penasaran apa saja usaha yang bisa dijalankan dengan modal sebesar itu? Simak daftar berikut!

Read More: Memulai Usaha Distro dari Nol: Panduan Praktis untuk Pemula

usaha-modal-20-juta

Ide Usaha Modal 20 Juta

1. Laundry 

Kebutuhan akan pakaian bersih setiap harinya membuat usaha penatu (laundry) berpeluang menjanjikan. Usaha penatu pakaian yang sudah stabil bahkan dapat diperluas ke arah lain, seperti pencucian helm, sepatu, bantal, dan boneka.

Berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai usaha penatu:

  • Carilah lokasi yang strategis. Kamu bisa pilih lokasi yang dekat dengan sarana prasarana umum atau permukiman. Hal ini karena peluang pasar di daerah-daerah tersebut cenderung tinggi.
  • Siapkan modal. Modal yang dimaksud bukan cuma uang, tetapi juga peralatan penatu.

Jika belum memiliki peralatan sama sekali, modal Rp20 juta bisa dipakai untuk membelinya. Belilah peralatan seperti mesin cuci, mesin pengering, timbangan digital, setrika, serta meja dan kursi.

Setelah itu, gunakan modal untuk membeli perlengkapan operasional, seperti deterjen, pewangi pakaian, listrik dan air, serta bensin untuk layanan antar jemput.

Jika perlu, pakai pula modal untuk merenovasi ruangan agar terasa nyaman dan efisien.

  • Berikan harga yang sepadan. Jangan mematok harga terlalu murah ataupun terlalu mahal! Pastikan harga sesuai dengan tenaga, waktu, dan energi yang dihabiskan. Kemudian, ambillah keuntungan sewajarnya.
  • Tawarkan promosi. Promosi bisa berupa pemberian diskon 50 persen untuk sejumlah pelanggan pertama, gratis 1 kg untuk pencucian minimal sekian kg, atau paket cuci kilat dengan harga lebih mahal, tetapi cucian lebih cepat selesai.

2. Warung Sembako

Bermodal Rp20 juta, kamu bisa membuka warung sembako yang cukup lengkap. Selain menggunakan modal untuk pengurusan tempat usaha, kamu juga bisa membeli lebih banyak stok barang atau bahkan menggaji karyawan.

Jelasnya, usaha sembako akan terus dibutuhkan masyarakat alias tidak ada matinya!

3. Katering

Kamu sudah bisa memulai katering dengan modal Rp20 jutaan, lo. Bagaimana rinciannya? Mari kita bahas pengeluaran katering untuk 150 porsi.

Untuk membeli peralatan masak dan makan, dana yang dikeluarkan kira-kira antara Rp3–5 juta. Kemudian, untuk alat-alat katering, seperti meja, kursi, taplak, dan stan, pengeluaran bisa mencapai Rp7 juta.

Harga bahan-bahan makanan secara keseluruhan sebenarnya tergantung menu yang kamu tawarkan. Namun, biasanya Rp2,5-3 juta sudah cukup untuk membuat pesanan paket hemat.

Lalu, untuk biaya operasional, seperti listrik, gas, dan pegawai, Rp1,5 juta kira-kira sudah cukup. Namun, biaya ini tergantung kondisi dan situasi ekonomi di masing-masing daerah.

usaha-modal-20-juta

4. Toko Thrift

Toko Thrift salah satu ide bisnis modal 20 juta

Thrift memiliki arti “hemat”. Sesuai namanya, berbelanja di toko thrift jauh lebih terjangkau dibandingkan membeli di toko-toko pada umumnya. Toko ini biasanya menjual barang-barang fesyen bekas, tetapi kondisinya masih terbilang baik.

Jika tertarik memulai usaha ini, kamu bisa menggunakan sebagian modal untuk membeli produk fesyen bekas terlebih dahulu. Pemasok barang thrift biasanya tidak menjual secara ecer, melainkan secara grosir.

Sebagai contoh, jika membeli sekarung barang thrift seharga Rp1 juta, kamu bisa memperoleh 50–100 barang fesyen acak. Di antara semuanya, biasanya ada sebagian yang memiliki kecacatan kualitas.

Namun, jangan khawatir! Kamu akan tetap untung dari penjualan barang thrift yang masih dalam kondisi baik.

Beberapa barang yang umum dijual di toko thrift, antara lain, sweter, hoodie, kemeja bermotif, celana jeans, sepatu kets, dan tas bermerek. Jika ingin cepat laku, sebaiknya riset produk yang sedang tren dari waktu ke waktu. 

5. Warung Ayam Geprek

Usaha modal 20 juta yang paling populer selama sekian tahun belakangan adalah warung ayam geprek. Menunya simpel, tetapi peminatnya begitu besar. Ditambah lagi, menu ayam geprek biasanya murah, tergantung harga bahan baku di setiap daerah.

Berhubung memiliki modal yang lumayan, cobalah lebih kreatif dalam membuat menu. Kamu bisa menyediakan menu paket ayam geprek dengan nasi, sambal, atau topping yang berbeda-beda.

Misalnya, pelanggan bisa memilih antara nasi putih, nasi jagung, atau nasi uduk. Opsi sambal juga harus variatif, contohnya sambal bawang, sambal matah, sambal hijau, sambal terasi, atau sambal teri. Kemudian, sediakan pilihan topping unik, seperti keju cedar dan mozarela.

6. Kedai Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman favorit dan paling laris di pasaran. Cita rasanya yang kuat dan aromanya yang khas membuat minuman ini sering dinikmati di berbagai momen.

Jika punya modal Rp20 juta, kamu bisa memanfaatkan popularitas kopi dengan membuka kedai. Gunakan modal untuk membeli mesin pembuat kopi, alat penggiling kopi, steamer susu, timbangan, blender, kulkas, dan peralatan minum.

Kemudian, hal yang terpenting adalah memilih dan membeli biji kopi berkualitas. Pastikan harga biji kopi sesuai dengan target pasar agar sajian kopi bisa lebih mudah menarik pelanggan.

Selanjutnya, tinggal buat konsep kedai kopi yang menarik dan pasarkan usahamu lewat offline maupun online!

7. Salon

Penampilan menjadi tuntutan dan gaya hidup bagi sebagian orang. Terlebih, semenjak gencarnya media sosial, orang-orang semakin ingin tampil baik secara fisik di hadapan publik.

Untuk mendukung penampilan, banyak orang mengandalkan jasa salon. Salon biasanya melayani berbagai macam keperluan, mulai dari penataan rambut, busana, hingga rias.

Jika salon melayani penataan rambut, modal bisa digunakan peralatan dan produk-produk rambut. Untuk layanan penataan busana, biasanya membutuhkan beragam busana untuk disewakan, seperti busana pernikahan, wisuda, dan ulang tahun.

Selanjutnya, jika melayani periasan wajah, belilah produk-produk kosmetik berkualitas. Mulai dari bedak, foundation, lipstik, perona pipi, maskara, eye shadow, eye liner, pensil alis, contour, bronzer, hingga highlighter.

Sisa modal bisa digunakan untuk membiayai listrik dan air, gaji karyawan, hingga pembuatan atau renovasi ruangan salon.

Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang usaha modal 20 juta yang akan dijalankan? Sebelum memulai, pertimbangkan kemampuanmu sekaligus potensi pasar yang ingin diraih.

Pilih DOKU agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!