Serba-Serbi Bisnis Konsultan yang Harus Diketahui

apa itu bisnis konsultan

Apa itu bisnis konsultan? Sebelum memutuskan untuk menyewa jasa atau mencoba profesi ini, kenalilah dulu serba serbi seputar bisnis konsultan.)

Pernah mendengar soal bisnis konsultan? Jika belum, mungkin kamu bertanya-tanya. Apa itu bisnis konsultan? Tidak hanya definisi, kamu harus juga mengetahui tugas, tanggung jawab, dan manfaat jasa bisnis ini. Bila sudah mengetahui seluk-beluk bisnis ini, jasamu akan dicari banyak pebisnis yang butuh nasihat dari seorang konsultan.

Read More: Inilah 12 Perencanaan Strategi Pemasaran yang Efektif

apa-itu-bisnis-konsultan

Definisi Bisnis Konsultan

Apa itu bisnis konsultan? Bisnis ini adalah bisnis yang dilakukan dengan cara pemberian bimbingan. Pemberian bimbingan ini bisa untuk klien sebagai seorang pebisnis individual atau mewakili sebuah bisnis atau perusahaan. Tidak hanya bimbingan, seorang konsultan bisnis juga dapat membantu klien mengatasi masalah dan menemukan solusi.

Menyewa jasa bisnis konsultan sebenarnya bukan kewajiban perusahaan. Namun, apabila baru memulai berbisnis, ada baiknya menyewa bisnis konsultan. Kamu tidak hanya bisa belajar sendiri, namun juga mendapatkan pengetahuan dari pengalaman orang lain yang lebih ahli.

Tugas dan Tanggung Jawab Bisnis Konsultan

Secara umum, tugas seorang bisnis konsultan adalah memberikan saran sekaligus solusi terhadap perkembangan bisnis yang dialami klien mereka. Secara detail, inilah tugas seorang bisnis konsultan:

Memberikan jasa konsultasi.

Jasa bisnis konsultasi tidak hanya berupa kegiatan duduk dan mendengarkan curhatan klien mengenai bisnis mereka. Kamu harus membaca dan memahami sedetail mungkin perincian bisnis mereka. Cara ini dapat mendukung keberhasilanmu saat sesi konsultasi.

Melakukan identifikasi atas masalah yang ada.

Identifikasi masalah dalam bisnis klien bukan soal tantangan dari luar. Seorang bisnis konsultan juga harus bisa menganalisa keuntungan maupun kerugian dari kegiatan klien terkait bisnis mereka. Setelah itu, bisnis konsultan harus berani mengutarakan hasil analisis mereka kepada klien, meskipun hasilnya kurang memuaskan.

Menawarkan atau memberikan solusi dari masalah yang sudah teridentifikasi.

Sebelum memberitahu klien mengenai analisa kegiatan bisnis mereka, pastikan bagian ini rampung dulu. Persiapkan solusi (kalau bisa lebih dari satu) dari masalah yang sudah diidentifikasi oleh bisnis konsultan. Jangan hanya memberi kabar buruk tanpa mempersiapkan strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

Melakukan rencana pembuatan bisnis serta menangkap peluang baik yang ada.

Seorang konsultan bisnis juga harus bisa mengembangkan rencana pembuatan bisnis. Salah satu dari isi rencana tersebut adalah mengetahui strategi yang tepat untuk mencapai target pelanggan sesuai keinginan pemilik bisnis.

Selalu menjalin komunikasi yang aktif dengan klien.

Namanya juga bisnis konsultan, komunikasi dengan klien berarti harus berkesinambungan. Kamu harus terus memantau perkembangan bisnis mereka lewat komunikasi yang aktif. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dengan kemajuan bisnis mereka. Siapa tahu, kepuasan mereka akan membuatmu direkomendasikan ke klien-klien berikutnya.

Nah, sudah siap bertanggung jawab sebagai bisnis konsultan? Inilah beberapa tanggung jawabmu bila memutuskan untuk berkarir di bidang ini:

  1. Melakukan pengaturan serta pelaksanaan berbagai proyek bisnis dalam layanan atas perusahaan. Misalnya: mengurus rekrutmen pegawai, gaji, kampanye promosi bisnis, dan masih banyak lagi. Semua hal ini harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  2. Dapat memahami perangkat lunak untuk manajemen bisnis. Misalnya: CRM, ERP, serta basis data.
  3. Mempunyai pengetahuan bisnis yang luas. Jadilah seorang konsultan bisnis yang dapat melakukan penyusunan strategi serta target bisnis untuk jangka panjang.
  4. Melakukan penelitian data-data dari klien secara mendetail sebelum memberikan jasa konsultasi. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya miskomunikasi antar bisnis konsultan dengan klien mereka.
  5. Mempertimbangkan beberapa hal terkait keinginan, kemampuan, hingga batasan yang dimiliki klien sebelum memberikan rekomendasi. Tentu saja, rekomendasi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masalah klien dalam berbisnis.
  6. Menyediakan hasil serta saran yang cukup praktis.
  7. Membuat perkembangan rencana bisnis secara mendetail untuk mendorong terjadinya perubahan positif.
  8. Menolong klien dalam pelaksanaan rencana bisnis mereka. Sesekali melengkapi perbedaan juga memungkinkan.
  9. Memberikan saran-saran terkait isu-isu bisnis yang relevan untuk menyelesaikan masalah bisnis klien.

Tanggung jawab seorang bisnis konsultan membutuhkan sosok yang komunikatif dan mau meluangkan waktu memonitor perkembangan bisnis klien.

Manfaat Jasa Bisnis Konsultan

apa-itu-bisnis-konsultan

Apa itu bisnis konsultan dan apa manfaat jasa ini? Inilah beberapa manfaatnya:

  • Membantu bisnis berjalan optimal.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, seorang bisnis konsultan dapat membantu bisnismu berjalan secara optimal. Ini termasuk mengurangi kemungkinan perhatianmu teralihkan oleh kompetitor.

  • Membantu memunculkan ide-ide baru dan segar.

Tingginya jam terbang seorang bisnis konsultan dapat membantu perusahaan mencari ide-ide baru dan segar. Pengalaman dan masukan dari bisnis konsultan dapat dijadikan bekal demi kelangsungan bisnis.

  • Mengatasi masalah dengan bantuan ahli.

Seperti poin sebelumnya, pengalaman bisnis konsultan dapat memberikan klien bantuan ahli. Ini berguna saat bisnis sedang menghadapi masalah. Bisnis konsultan biasanya sudah mengatasi cukup banyak masalah serupa dalam pengalaman mereka.

  • Membantu agar langkah bisnis tetap lurus.

Banyak potensi untuk membuat pelaku bisnis melenceng dari rencana semula. Misalnya: tergiur melihat strategi kompetitor hingga termakan tren yang belum tentu cocok dengan bisnis mereka. Tugas bisnis konsultan adalah memastikan klien tetap berada di jalan yang lurus, sesuai rencana bisnis yang ada.

  • Membantu mengurangi kerugian finansial.

Membuat rencana bisnis harus termasuk mempertimbangkan kemungkinan kerugian finansial yang bisa terjadi. Seorang bisnis konsultan harus membantu pelaku bisnis mengurangi kemungkinan tersebut.

  • Menaikkan keuntungan perusahaan.

Selain menghindari kerugian, pastinya rencana bisnis yang baik harus menguntungkan perusahaan. Bisnis konsultan harus membantu klien menemukan strategi tersebut. Bila profit perusahaan meningkat, maka tidak hanya klien yang akan beruntung. Jasa bisnis konsultan yang disewanya pun akan mendapatkan keuntungan.

Nah, dengan banyaknya manfaat menyewa jasa bisnis konsultan, bisnis akan lebih terbantu. Jasa bisnis konsultan akan membantumu menetapkan arah bisnis. Memang, keputusan terakhir tetap ada pada pemilik bisnis. Namun, bisnis konsultan akan memberikan beberapa alternatif pilihan dalam rangka memajukan bisnismu.

Kesimpulan

Jadi, apa itu bisnis konsultan? Secara garis besar, bisnis konsultan ibarat penasihat perusahaan, meskipun bukan bagian langsung dari perusahaan. Profesi ini membantu pelaku bisnis merencanakan strategi bisnis mereka sekaligus menjadi senjata rahasia saat menghadapi tantangan. Bisnis konsultan dapat membantu mereka memilih langkah yang tepat sekaligus menghindari kerugian finansial.

Kamu pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!