Layanan “As-a-Service”: Inovasi Teknologi yang Mengubah Dunia Bisnis

Kebutuhan bisnis yang semakin kompleks memicu munculnya transformasi digital tanpa batas, seperti Everything as a Service (XaaS), dimana segala sesuatu bisa dijadikan solusi bisnis berbasis layanan. Cloud computing merupakan infrastruktur yang mendukung solusi XaaS. 

Salah satu contoh solusi “as-a-service” yang banyak diterapkan di negara lain adalah Banking as a Service (BaaS), dimana solusi ini merupakan bagian dari sistem perbankan terbuka yang menjadi strategi perbankan dalam menghadapi era industri fintech. 

Di Indonesia, solusi “as-a-service” juga mulai banyak dikembangkan, salah satunya adalah Wallet as a Service (WaaS) dari DOKU. Sebagai Perusahaan Fintech Pembayaran, DOKU memperluas manfaat lisensi e-money untuk memfasilitasi bisnis dalam mengelola arus uang.

Mengapa Bisnis Membutuhkan WaaS?

WaaS hadir dengan teknologi berbasis cloud yang memudahkan bisnis Anda untuk mengintegrasikan dompet digital ke dalam kegiatan operasional. Bayangkan dompet digital ini seperti layanan “plug-and-play” yang langsung bisa digunakan tanpa perlu repot membangun sendiri dari nol. Adapun keuntungan menggunakan WaaS pun beragam, seperti:

  1. Fleksibel: Sistem kelola arus uang melalui platform WaaS dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 
  2. Keamanan Terkendali: Seperti fintech pada umumnya, penyedia layanan WaaS juga  menerapkan protokol keamanan sesuai standar industri untuk mengantisipasi potensi terjadinya penipuan, serangan hacker, dan berbagai ancaman keamanan data lainnya. 
  3. Registrasi Satu Pintu: Dengan WaaS, Anda tidak perlu lagi kesulitan membangun dompet digital sendiri dari nol sehingga proses aktivasinya lebih cepat. Dengan demikian, Anda bisa lebih cepat menerima pembayaran online dan juga hemat biaya dan waktu, jika dibandingkan harus membangun infrastruktur dompet digital sendiri.
  4. E-Money sebagai Opsi Pembayaran: Dengan WaaS, pelanggan dapat bertransaksi menggunakan e-money dalam aplikasi bisnis Anda.