9 Cara Rekrut Karyawan Berkualitas Dan Sesuai Kebutuhan

cara rekrut karyawan

Cara rekrut karyawan bisa mempengaruhi kinerja perusahaan nantinya. Pahami cara mendapat SDM berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan!

Cara rekrut karyawan sering menjadi concern utama perusahaan, khususnya pihak HRD. Alasannya, perekrutan yang tidak tepat bisa berimbas pada kinerja perusahaan di masa depan. 

Nah, masalah perekrutan ini sendiri sebenarnya setiap perusahaan punya kebutuhan, prioritas dan strategi yang berbeda. Lalu bagaimana cara rekrut karyawan yang tepat bagi perusahaan?

Read More: 7 Tips Memulai Usaha Roti Bakar, Wajib Dicoba!

Secara umum kamu bisa mendapat kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan melalui beberapa cara berikut:

1. Buat Job Desc dengan Jelas dan Lengkap

Job description seringkali menjadi boomerang bagi perusahaan dan juga kandidat terpilih saat proses pembuatannya dilakukan dengan asal. Perusahaan akan kesulitan mendapat kandidat yang sesuai dan calon kandidat terpilih bisa saja merasa “ditipu” jika ternyata fakta di lapangan dan job desc yang tertera tidak sama.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan ini, sebagai HRD kamu perlu membuat job description sejelas dan selengkap mungkin. 

Langkah awal, kamu bisa menganalisis pekerjaan yang sedang dibutuhkan untuk mendapat informasi lengkap. Sebut saja seperti tugas, tanggung jawab, skill hingga lingkungan kerjanya.

Kelengkapan informasi job desc ini akan membantu perusahaan memilih dan mendapat kandidat yang tepat, lho.

2. Tetapkan Strategi Perekrutan yang Ingin Dipakai

Sama halnya dengan penjualan atau pemasaran, proses rekrutmen juga butuh strategi yang tepat. Upayakan untuk melibatkan karyawan kunci dalam divisi yang sama (biasanya level manajerial). Alasannya, merekalah yang akan bekerja sama dengan kandidat terpilih dalam jangka panjang untuk memajukan perusahaan. 

Keterlibatan karyawan kunci ini juga bisa membantu proses perekrutan tepat sasaran dan lebih efisien. Mereka paham, kandidat baru seperti apa yang dibutuhkan oleh tim. 

Strategi lain yang bisa kamu gunakan adalah memanfaatkan check list untuk memantau proses perekrutan. Ini bisa membantu rekrutmen lebih terstruktur dan sistematis. 

3. Gunakan Beberapa Cara Untuk Mendapat Kandidat

Ada beberapa cara rekrut karyawan yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kandidat potensial. Pertama mencari kandidat baru melalui job fair, media sosial dan situs resmi perusahaan, hingga publikasi di platform pencari kerja.

Kedua, kamu bisa mendapat karyawan baru dari kandidat potensial di perekrutan sebelumnya. Menjaga hubungan baik dengan calon kandidat di rekrutmen yang sudah terlewat tentunya membuat kamu punya pilihan lebih banyak.

Ketiga, HR juga dapat mempekerjakan kembali karyawan yang pernah bekerja di perusahaan sebelumnya. 

Untuk opsi ketiga ini, perusahaan tentu sudah tahu kinerja dari calon kandidat tersebut. Tinggal bagaimana perusahaan memberikan penawaran yang lebih menarik agar kandidat mau bergabung kembali.

4. Tawarkan Benefit dan Fasilitas Menarik

Dulu, mungkin gaji jadi salah satu tolak ukur utama bagi seseorang untuk bekerja. Namun, saat ini kondisinya tidak lagi sama. 

Gaji bukanlah satu-satunya hal yang bisa menarik perhatian calon kandidat potensial. Kesejahteraan karyawan secara menyeluruh kini justru menjadi indikator utama. 

Tentunya, gaji sebagai kewajiban dasar perusahaan harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Sementara itu, benefit dan fasilitas lain juga perlu dipertimbangkan. Sebut saja tunjangan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, bonus, jatah cuti, alat penunjang kerja, dan lain sebagainya.

Hal lain yang bisa jadi faktor penarik adalah adanya jenjang karier. Artinya calon kandidat punya kesempatan untuk mendapat benefits dan fasilitas lebih baik.

Pemberian benefit dan fasilitas ini turut mencerminkan image positif dan budaya perusahaan, lho. 

5. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

Beberapa tahun belakangan ini, mental health menjadi isu yang hangat untuk dibicarakan. Perusahaan juga perlu aware dengan masalah ini karena karyawan rentan sekali stres terkait pekerjaan.

Salah satu bentuknya dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan harmonis. Selain image dan reputasi, lingkungan kerja juga menjadi concern utama pencari kerja.

Banyak yang berpikir percuma gaji besar jika lingkungan toxic. Ketika lingkungan kerja baik, maka karyawan bisa bekerja lebih optimal. Target perusahaan secara otomatis bisa tercapai lebih mudah. Ini adalah win-win solution bagi karyawan dan perusahaan.

6. Lakukan Screening dengan Seksama

Ketika perusahaan memutuskan untuk membuka lowongan pekerjaan, maka screening menjadi tahap awal yang harus dilalui. Proses screening ini bisa saja memakan waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika calon kandidat yang masuk cukup banyak.

Tim internal perusahaan yang bertanggung jawab terhadap proses rekrutmen perlu melakukan screening dengan seksama. Ini dilakukan agar tidak ada calon kandidat yang tidak sesuai, tetapi lolos ke tahap berikutnya karena kecerobohan saat screening.

Usahakan untuk selalu memisah antara dokumen pelamar yang memenuhi dan tidak memenuhi syarat serta kriteria. Lakukan pemeriksaan ulang untuk meminimalisasi kesalahan.

7. Buat Daftar Pertanyaan yang Tepat untuk Interview

Langkah selanjutnya dalam proses rekrutmen adalah wawancara atau interview. Dokumen berupa CV hingga surat lamaran belum tentu bisa mencerminkan skill calon kandidat. 

Selain melalui tes bidang kompetensi, kamu bisa melihat potensi calon kandidat melalui proses wawancara. Interview juga dapat mengenal kandidat dan melakukan penilaian secara langsung.

Untuk membuat proses interview ini tidak zonk, kamu perlu membuat daftar pertanyaan yang tepat. Beberapa topik penting yang bisa diajukan adalah pengenalan diri, cara menangani konflik, achievement di pekerjaan sebelumnya, kelebihan dan kelemahan calon kandidat.

Kamu juga dapat mengajukan topik-topik terkait posisi yang dilamar di perusahaan. Beberapa HRD ada juga yang mengajukan topik menjebak seperti permintaan gaji, rencana 5 tahun ke depan, dan lain sebagainya.

8. Lakukan Tes Kompetensi Bidang

Tidak sedikit orang yang memahami sesuatu dari materi saja. Sebaliknya, dari segi praktik ternyata kinerja mereka zonk. Perusahaan pasti tidak ingin “membeli kucing dalam karung”.

Nah, salah satu cara terbaik untuk menilai kemampuan kandidat yakni melalui tes kompetensi bidang. Khususnya untuk beberapa posisi penting. Melalui tes ini, perusahaan bisa menilai apakah kandidat cocok dan sesuai kebutuhan user

Sebelum memulai proses rekrutmen, perusahaan perlu menyiapkan tes ini. Alasannya agar alur dan mekanisme proses hiring tidak terganggu. Hasil akhirnya, perusahaan bisa memenuhi kebutuhan akan karyawan baru di tenggat waktu yang tepat.

9. Cek Latar Belakang dan Referensi Kandidat Terpilih

Ketika beberapa calon kandidat sudah disaring maka selanjutnya adalah tahapan untuk mengecek background dan referensi. Cross-check latar belakang akan memastikan bahwa kandidat telah memenuhi syarat yang diperlukan. Jadi, tidak ada ceritanya perusahaan tertipu backgroung abal-abal.

Khusus cek referensi, kamu dapat melakukannya untuk mengetahui kinerja kandidat di perusahaan lama. Ini termasuk juga achievement yang pernah diraihnya. Nyatanya tidak sedikit calon kandidat yang terlalu berani mencantumkan achievement untuk mempercantik CV saja.

Tentunya dengan melakukan ini perusahaan berharap bisa dapat kandidat terbaik dan tepat untuk posisi yang dibutuhkan.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!