Strategi Pengembangan Usaha: Pengertian, Komponen dan Cara Menyusunnya

strategi pengembangan usaha

Strategi Pengembangan Usaha – Apa pun bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini, pertumbuhan dan perkembangan adalah tujuan yang pasti kamu inginkan. Strategi pengembangan usaha adalah salah satu kunci penting untuk melakukannya. Apa itu strategi pengembangan bisnis?

Strategi pengembangan usaha perusahaan bisa menjadi kunci keberhasilan atau kegagalan perusahaanmu. Ini adalah resep rahasia untuk mengubah bisnismu menjadi bisnis yang terdiri dari peningkatan pendapatan, prospek yang menjanjikan dan hubungan yang kuat. Membuat strategi dan rencana terkait serta memanfaatkannya dengan cara yang benar bisa mendorong karyawan, tim dan perusahaan ke tingkat pertumbuhan serta profitabilitas baru yang lebih baik.

strategi-pengembangan-usaha

Pengertian Strategi Pengembangan Usaha

Untuk memahami apa itu strategi pengembangan usaha, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu pengembangan usaha. Pengembangan usaha atau business development merupakan proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, memelihara serta mendapatkan klien baru dan peluang bisnis. Tujuannya tentu saja untuk mendorong perkembangan perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Intinya, pengembangan usaha adalah proses menciptakan nilai dalam jangka panjang untuk sebuah bisnis dari pelanggan, pasar dan kemitraan. Sementara strategi pengembangan bisnis adalah berkas atau dokumen yang dirancang dan digunakan untuk menguraikan strategi yang akan kamu gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi adalah sesuatu yang penting dalam pengembangan perusahaan karena:

  • Membantu memberikan arahan tujuan yang ingin dicapai dan rencana untuk bisa melakukannya
  • Membuat skala prioritas dan menyelaraskan aktivitas dalam bisnis
  • Mendefinisikan garis akuntabilitas dan garis waktu yang jelas untuk mencapai hasil yang diharapkan
  • Meningkatkan komunikasi dan komitmen bagi semua orang yang terlibat dalam bisnis
  • Menjadi kerangka kerja yang akan memudahkan dalam pengambilan setiap keputusan yang berkelanjutan dalam perusahaan.

Komponen dalam Strategi Pengembangan Usaha

Strategi pengembangan bisnis memberikan panduan kepada perusahaan mengenai tujuan, termasuk misi, visi dan nilai serta produk atau layanan, target audiens maupun strategi yang akan digunakan untuk mencapai kesuksesan. Strategi pengembangan usaha yang baik memiliki beberapa komponen yakni:

Analisis Situasi

Analisis situasi adalah proses pengumpulan informasi internal dan eksternal yang digunakan untuk membuat rencana pengembangan usaha. Informasi eksternal mencakup data mengenai lingkungan bisis, ekonomi, industri dan kompetitor.

Sedangkan informasi internal termasuk data mengenai karyawan termasuk turnover dan kepuasan mereka. Informasi internal juga termasuk data pelanggan, siapa mereka, sudah berapa lama mereka menjadi pelanggan, produk atau jasa apa yang mereka belu dan kekuatan atau kelamahan apa yang dimiliki oleh perusahaan.

Adanya analisis situasi yang baik tentang lingkungan bisnis akan membantu dalam diskusi. Pada akhirnya ini akan memudahkan proses pengembangan tujuan, sasaran strategi dan taktik bisnis.

Analisis SWOT

strategi-pengembangan-usaha

Berdasarkan semua informasi yang dikumpulkan selama analisis situasi, umumnya akan dilakukan analisi SWOT. SWOT sendiri adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Ini adalah proses yang digunakan oleh perusahaan untuk meninjau semua informasi yang dikumpulkan selama analisis situasi untuk menentukan bagaimana informasi itu bisa berpengaruh secara positif maupun negatif pada perusahaan.

Tujuan, Sasaran, Strategi dan Taktik

Hasil dari analisis SWOT menjadi masukan penting untuk menetapkan tujuan, sasaran, strategi dan taktik pengembangan usaha. Sasaran adalah tujuan tingkat tinggi yang dirancang untuk dicapai dalam artian yang umum dan luas. Tujuan sifatnya lebih spesifik dan mencakup hasil serta timeline yang jelas dan terukur.

Sementara itu strategi menunjukkan bagaimana cara perusahaan mencapai tujuan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang mereka miliki dan mengatasi kelemahan serta berbagai ancaman. Taktik bersifat operasional dan menunjukkan dengan tepat apa yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai strateginya.

Read More: Ingin Usaha Sukses? Terapkan Konsep dan Strategi Marketing Mix Ini

Cara Menyusun Strategi Pengembangan Usaha

Lalu, bagaimana cara menyusun strategi pengembangan usaha yang tepat sasaran? Secara umum, ada 4 tahapan yang bisa kamu lakukan untuk membuat strategi pengembangan bisnis yang kuat dan andal. Simak penjelasannya berikut ini!

Identifikasi Audiensmu

Cara pertama untuk membuat strategi pengembangan usaha yang menghasilkan peluang pertumbuhan dan keuntungan yang optimal, kamu harus terlebih dahulu mengidentifikasi audiens idealmu. Fokuslah lada perusahaan, bidang industri atau individu tertentu yang pasti akan memajukan bisnismu. Kamu tidak perlu terlalu fokus pada kuantitas, tapi kualitas ā€“seberapa besar pengaruh dari audiens itu terhadap bisnismu.

Perlu diingat bahwa pengembangan usaha yang sukses tidak akan bisa diwujudkan dalam waktu semalam. Menjalin hubungan yang kuat mungkin butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahu untuk bisa berubah jadi penjualan. Begitu juga prospek yang tidak cocok, mereka tidak akan langsung terlihat pada pertemuan pertama.

Itulah sebabnya kenapa penting menentukan target audiens yang tepat. Dengan begitu, kamu tidak akan membuang-buang waktumu yang berharga untuk menjalin prospek yang tidak akan berakhir membuat kesepakatan denganmu.

Lakukan Riset Pasar

Setelah kamu melakukan identifikasi audiens, sekarang kamu harus mempelajari lebih jauh tentang mereka. Sebelum mendorong mereka untuk bekerja sama denganmu atau membeli produkmu, kamu harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut tentang mereka:

  • Apa masalah utama yang mereka hadapi?
  • Layanan atau produk apa yang mereka butuhkan untuk memecahkan masalah ini?
  • Apa pendekatan yang mereka lakukan untuk memecahkan masalah ini?
  • Bagaimana produk atau layanan yang kamu berikan akan membantu mereka menghadapi situasi sulit tersebut.

Setelah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kamu bisa mulai melakukan analisis kompetitor. Identifikasi apa yang membedakan bisnismu dengan pesaingmu dan manfaatkan itu sebagai keunggulan kompetitif yang kamu miliki yang kemudian bisa kamu sampaikan kepada prospekmu nanti.

Tentukan Saluran yang Sesuai

Setelah mengidentifikasi target audiens, kamu bisa memulai untuk menguraikan saluran apa yang bisa kamu gunakan untuk mencapai target tersebut. Ini melibatkan penilaian total sasaran pendapatanmu tahun ini dan menguraikan metode spesifik yang akan kamu gunakan untuk mencapai sasaran tersebut.

Tentukan Sasaran yang S.M.A.R.T

Untuk setiap saluran yang kamu miliki, tetapkan tujuan secara S.M.A.R.T yakni Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (bisa dicapai), Relevant (relevan) dan Time-related (terkait dengan waktu atau memiliki batas waktu).

Tujuan dari pengembangan bisnis Anda secara keseluruhan tidak harus terkait dengan menghasilkan keuntungan atau pendapatan. Tapi harus ada komponen yang bertujuan untuk memperkenalkan prospek baru ke corong penjualan perusahaanmu.

Setelah membaca penjelasan mengenai strategi pengembangan bisnis, komponen serta cara menyusunnya, kamu tentu memahami bahwa ini adalah hal yang sangat penting. Mengapa pengembangan bisnis itu penting?

Dalam aspek pertumbuhan perusahaan, pengembangan bisnis berperan sebagai benang yang menyatukan semua fungsi atau departemen/divisi dalam perusahaan. Keberadaannya akan membantu bisnis dalam memperluas dan meningkatkan penjualan, pendapatan, penawaran produk, layanan pelanggan dan brand awareness

Itulah penjelasan lengkap mengenai strategi pengembangan usaha dan berbagai hal penting yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat!

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!