Kenapa Manajemen Inventory Krusial Untuk Bisnis? Ini Jawabannya 

manajemen inventory

Manajemen inventory memegang peranan penting dalam bisnis karena mampu meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, dam mengantisipasi kekurangan barang.

Manajemen inventory atau sistem manajemen persediaan barang menjadi hal yang cukup penting bagi setiap usaha. Mulai dari industri, grosir, hingga ritel yang melibatkan pengelolaan stok barang pastinya harus menerapkan yang namanya manajemen inventory.

Sistem ini memudahkan kamu mengetahui jumlah barang yang ada, barang keluar masuk, dan mempermudah pencarian barang. Kalau dulu sistem pengelolaan ini dilakukan secara manual, saat ini sudah cukup banyak software atau aplikasi yang membantu mengotimalkan pengelolaan inventory.

Sebelum kita membahas pentingnya manajemen inventory dan manfaatnya buat bisnis, mari kita lebih dulu mengenal apa itu manajemen inventory.

Read More: Strategi Marketing Ampuh: Pengertian dan Manfaat Word of Mouth Marketing 

Apa Itu Manajemen Inventory?

Kata manajemen memiliki arti perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian arus barang secara efektif. Arus barang bisa dimulai dari suplai sampai ke tempat penyimpanan hingga menjadi produk jadi dan dijual lagi. 

Sedangkan inventory adalah stok bahan atau barang yang disimpan untuk mencapai tujuan tertentu. Inventory bisa berupa bahan baku (raw material), barang dalam proses (in-process goods), dan barang jadi (finished goods).

Jadi, manajemen inventory adalah sistem pengelolaan atau manajemen yang merencanakan, mengontrol, dan mengelola setiap bahan atau barang yang ada dalam perusahaan hingga didistribusikan ke konsumen.

Manfaat Manajemen Inventory untuk Bisnis

Perusahaan yang tidak menjalankan manajemen inventory kemungkinan besar akan menghadapi masalah atau kendala dalam proses produksi dan penjualan yang melibatkan barang. Berikut ini beberapa manfaat manajemen inventory yang wajib diketahui:

Antisipasi barang sulit didapatkan di pasaran

Karena manajemen inventory melibatkan pengelolaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi, kamu bisa tahu kapan saat yang tepat menyediakan bahan baku yang bisa jadi cukup sulit didapatkan. Dengan begini, proses produksi dan distribusi tidak akan terhambat.

Antisipasi kekurangan persediaan

Apabila perusahaan tidak menerapkan sistem ini, kemungkinan barang habis tanpa monitor yang baik sangat mungkin terjadi. Hal ini tentu akan menjadi masalah besar saat datang permintaan konsumen dalam jumlah cukup besar.

Proses produksi berjalan lancar

Kontrol barang yang baik akan membantu kelancaran proses produksi. Apabila bahan baku yang dipesan datang terlambat, perusahaan tidak perlu khawatir karena persediaan barang di gudang masih bisa digunakan agar proses operasional tetap berjalan.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Perusahaan dapat mengirimkan pesanan dengan cepat kapan pun pesanan baru masuk, berkat pengelolaan inventory yang baik. Selain itu, kamu pun bisa melacak pengiriman barang ke konsumen secara real time dengan bantuan software manajemen inventory.

Dapat menghemat biaya

Bagaimana manajemen inventory bisa menghemat biaya? Pengelolaan stok bahan dan barang yang baik dapat menghindarkan perusahaan dari kemungkinan penyimpanan stok yang berlebihan, hilangnya pesanan karena stok kosong, human error, dan pembelian barang yang tidak perlu.

Meningkatkan performa kerja para karyawan

Perusahaan tentu akan senang apabila staffnya bekerja secara optimal dan efektif. Namun, hal ini tidak akan bisa tercapai apabila staff terhambat melaksanakan tugas operasional karena terkendala barang yang tidak tersedia.

Peningkatan Efisiensi

Software manajemen inventory akan membantu perusahaan memberikan data inventaris dan mengelola data dengan lebih cepat dan akurat. Tidak perlu lagi dilakukan pengecekan dan pencatatan manual yang bisa menghabiskan banyak waktu. Sistem ini juga mampu meminimalisir kesalahan.

Mengaplikasikan aturan inventaris 80/20

Dalam bisnis, 80% keuntungan yang perusahaan dapatkan berasal dari 20% barang yang dijual. Karenanya, utamakan manajemen inventory dari 20% item ini. Karenanya, pastikan kamu mengelola dengan baik dan benar siklus penjualan barang.  

Metode Manajemen Inventory

Dalam manajemen ini, diterapkan suatu metode yang membuat pengelolaan barang lebih efektif. Metode ini meliputi kontrol persediaan stok, melacak produk, penjualan, hingga estimasi jumlah penjualan di masa mendatang.

Secara umum, terdapat delapan metode manajemen inventory

1. Manajemen Persediaan Just-In-Time (JIT)

Metode ini menerapkan jumlah penyimpanan barang sesedikit mungkin. Hal ini untuk menghindari risiko dan biaya akibat penyimpanan stok barang dalam jumlah besar di gudang.

2. Analisis Persediaan ABC (ABC Inventory Analysis)

Metode analisis persediaan ABC adalah mengelompokkan barang berdasarkan mana yang lebih penting dan memberikan keuntungan pada perusahaan. Barang diklasifikasikan pada tingkatan berbeda.

3. Pengiriman Drop (Dropshipping)

Metode ini bisa dibilang tidak menerapkan yang namanya menyetok barang atau pun pengemasan. Kamu hanya memasarkan dan menjual barang yang dimiliki pihak lain.

4. Pengiriman Massal (Bulk Shipments)

Berbeda dengan metode persediaan just-in-time, metode bulk shipments membeli bahan atau barang dalam jumlah besar dengan tujuan mendapatkan harga yang lebih murah. Metode ini diterapkan apabila perusahaan cukup yakin barang dalam jumlah besar tadi akan cepat laku di pasaran.

5. Pemesanan di Awal (Backordering)

Backordering adalah ketika pembeli membeli barang yang belum ada stok barangnya. Metode ini hampir sama dengan bisnis pre-order.

6. Konsinyasi (Consignment)

Secara sederhana, konsinyasi adalah menitipkan barang kita ke penjual lain, misalnya pengecer, tapi kamu tidak mendapatkan pembayaran atas barang tadi sebelum barang laku terjual. Penerima barang hanya akan membayar pemilik barang saat barang sudah benar-benar terjual.

7. Cross-Docking

Dengan sistem cross-docking penjual hampir tidak perlu mengelola stok barang. Barang akan langsung dikirim ke gudang, dipilah dan dikelompokkan, dan disiapkan untuk dikirim ke pembeli. Umumnya barang akan dikirim bersamaan dengan barang lain yang juga disimpan di gudang yang sama.

8. Penghitungan Siklus (Cycle Counting)

Metode penghitungan siklus adalah menghitung dan mengelola sejumlah kecil stok barang yang ada pada hari tertentu tanpa harus melakukan inventarisasi secara keseluruhan. Metode ini cukup efektif mengonfirmasi jumlah inventaris yang akurat.

Contoh Manajemen Inventory

Berikut ini beberapa contoh manajemen inventory dalam berbagai bisnis dan industri:

Inventory dalam industri manufaktur

Dalam industri manufaktur, inventory meliputi bahan baku untuk produksi, barang setengah jadi, dan barang jadi yang siap dijual. Contohnya adalah produsen kue kering. Pengelolaan stok barang meliputi bahan baku, misalnya tepung terigu, mentega, telur, dan gula.

Selain itu, ada barang setengah jadi yaitu adonan kue kering yang siap dipanggang atau kue kering yang menunggu dingin untuk selanjutnya dikemas dengan cantik. Inventory barang jadi adalah kue kering yang siap dijual.

Inventory dalam industri jasa

Dalam industri jasa tidak ada pertukaran stok fisik. Pengelolaan barang adalah untuk stok yang tidak berwujud. Contohnya adalah lembaga pendidikan. Inventory dalam lembaga pendidikan berupa kelas yang telah dibuka dan jumlah kelas lain.

Misalnya, program kelas baru yang siap untuk dipasarkan ke anak-anak sekolah, termasuk ketersediaan ruang kelas dan tenaga pengajar, juga menjadi inventaris yang perlu dikelola dengan baik.

Manajemen inventory sangatlah penting dalam pengelolaan stok barang, pemesanan barang, hingga pelacakan pengiriman. Dengannya, proses operasional dapat berjalan lancar dan maksimal, serta kepuasaan pelanggan meningkat.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!