Resep Kue Pukis untuk usaha, Enak dan Mudah Dibuat!

resep kue pukis untuk usaha

Ingin memulai usaha kue pukis? Temukan resep kue pukis untuk usaha, peluang bisnisnya, dan tipsnya supaya laris, hanya di artikel ini!

Ingin memulai bisnis? Membuka usaha kue pukis bisa jadi pilihan yang menarik. Kue tradisional ini cocok untuk bisnis karena mudah dibuat dan cukup populer di masyarakat berkat rasanya yang lezat dan harganya yang murah.

Nah, jika kamu tertarik dengan usaha kue pukis, kamu sedang berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan apa itu kue pukis, bagaimana peluang usahanya, resep kue pukis untuk usaha, dan tipsnya supaya laris.

Apa Itu Kue Pukis?

resep kue pukis untuk usaha

Kue pukis adalah kue tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari tepung terigu dan dimasak dengan cetakan khusus.

Untuk membuat kue ini, terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan adonan dari tepung terigu, santan, telur, gula pasir dan ragi. Adonan yang sudah jadi, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang dilumasi margarin dan dipanggang di atas api.

Cetakan yang digunakan dalam kue pukis memiliki bentuk setengah lingkaran, sama seperti cetakan yang sering digunakan pada kue pancong dan kue bandros.

Namun, tentu saja, kue pukis memiliki rasa, tekstur, dan tampilan yang berbeda dengan dua jenis kue tadi karena bahan yang digunakan juga berbeda.

Kue pukis memiliki penampilan yang khas, dengan bagian atasnya berwarna kuning dan bagian bawahnya berwarna kecokelatan. Selain itu, kue ini juga sering dilengkapi dengan taburan dari meses, keju, selai nanas, kacang, atau sukade.

Dari segi rasa, kue pukis memiliki rasa yang lebih mirip dengan kue cubit Indonesia, kue, kue dorayaki Jepang, dan poffertjes Belanda. Hal ini karena adonan berbahan dasar tepung terigu yang digunakan memang mirip. 

Kue pukis bisa disajikan dalam keadaan hangat atau suhu ruangan. Kue ini sering dijajakan di pasar tradisional, warung kaki lima, dan toko-toko kue. Karena bisa ditemukan dengan mudah, kue ini jarang dihidangkan dalam acara pesta.

Peluang Usaha Kue Pukis

Dalam memulai usaha, calon pebisnis sering mempertimbangkan peluangnya. Jika peluang tersebut kurang menguntungkan, mereka cenderung mencari jenis usaha yang lebih menghasilkan.

Namun, bagaimana dengan usaha kue pukis? Apakah bisnis ini menjanjikan? Ya,  tentu saja, bisnis ini umumnya memiliki peluang yang cerah.

Hal ini bisa dilihat dari jangkauan pasarnya yang luas, mencakup berbagai kalangan usia, dari anak-anak hingga orang tua. Selain itu, kue pukis juga banyak diminati karena rasanya yang manis, teksturnya yang empuk, dan harganya yang terjangkau.

Karena harganya terjangkau, modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini pun tidak terlalu besar. Hal yang utama adalah membeli bahan baku serta beberapa peralatan sederhana seperti cetakan pukis, pengocok telur, wadah, loyang, dan kompor.

Bahan untuk membuat pukis bisa ditemukan dengan mudah di toko dan minimarket terdekat. Sedangkan untuk peralatan, khususnya cetakan, kamu bisa membelinya di marketplace online, apabila di sekitar tempat tinggalmu tidak ada yang jual.

Selain bahan dan peralatan, penting juga untuk menentukan lokasi usaha, apakah itu di rumah, pasar tradisional, atau di kantin sekolah. Selanjutnya, kamu juga mungkin perlu menyiapkan gerobak sebagai sarana untuk berjualan.

Karena sekarang zamannya serba online, pertimbangkan juga untuk memasarkan produkmu secara online melalui layanan pesan antar. Selain melakukan pengantaran sendiri, kamu juga dapat memanfaatkan platform ojek online.

Alasan lain mengapa bisnis ini menjanjikan adalah karena bisa dengan mudah dijalankan oleh siapa saja. Hanya dengan mempelajari bagaimana cara membuatnya sebentar, kamu sudah bisa mulai membuat sendiri kue ini untuk dijual.

Namun, meskipun usaha kue pukis cukup menjanjikan, bisnis ini juga memiliki tantangannya sendiri. Tantangan tersebut bisa berupa persaingan yang ketat, perubahan selera konsumen, dan kebutuhan akan konsistensi dalam beroperasi.

Kendati demikian, tantangan ini bisa kamu siasati dengan melakukan analisis pasar dan persaingan, serta berinovasi dalam produk. Misalnya, kamu bisa menambahkan varian rasa atau topping tertentu untuk membedakan bisnismu dari yang lain.

Resep Kue Pukis untuk Usaha

resep kue pukis untuk usaha

Tertarik membuka usaha jualan kue pukis? Sebelum memulainya, kamu perlu mempelajari cara membuat camilan lezat ini. Nah, berikut adalah resep kue pukis untuk usaha yang bisa kamu praktikkan.

Bahan untuk Kue

  • Tepung terigu (250 gram)
  • Gula pasir (200 gram)
  • Telur ayam (2 butir)
  • Ragi instan (1 sdm)
  • Garam (½ sdt)
  • Vanili bubuk (½ sdt)
  • Pasta vanili (½ sdt)
  • Santan kelapa (125 ml)
  • Air hangat (50 ml)
  • Margarin (20 gram)

Bahan untuk Topping

  • Meses
  • Keju parut
  • Sukade
  • Kacang
  • Selai nanas
  • Kismis

Langkah-Langkah Pembuatan Kue Pukis

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue pukis.

  • Siapkan ragi instan, kemudian larutkan dengan air hangat ke dalam mangkuk kecil. Biarkan sampai berbusa atau selama sekitar 10 menit, lalu sisihkan.
  • Untuk membuat adonan kue, ambil wadah lain. Kemudian, masukkan telur, gula dan garam. Kocok ketiga bahan ini dengan mixer berkecepatan tinggi selama sekitar 5 menit, atau hingga adonan telur mengembang.
  • Setelah itu, masukkan tepung terigu dan santan ke dalam adonan telur tadi, dan aduk hingga semuanya tercampur rata.
  • Tuangkan larutan ragi yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam adonan dan aduk lagi hingga merata.
  • Diamkan adonan selama sekitar 30 menit sampai mengembang.
  • Tambahkan pasta vanili dan margarin cair ke dalam adonan, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Panaskan cetakan pukis dengan api kecil, lalu olesi permukaannya dengan sedikit margarin.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan, lalu taburi di atasnya dengan topping sesuai selera.
  • Tutup cetakan menggunakan penutupnya, dan biarkan adonan mengembang dan matang.
  • Setelah matang, keluarkan kue pukis dari cetakan dengan hati-hati.
  • Kue pukis siap untuk disajikan.

Tips Bisnis Kue Pukis

Sebelum memulai membuka usaha kue pukis, simak beberapa tips berikut agar bisnismu laris manis.

  1. Pilih Lokasi Jualan yang Strategis — Agar kue pukismu banyak yang beli, kamu perlu menjajakannya di lokasi yang ramai dan strategis.
  2. Layanan Pesan Antar — Manfaatkan tren pesan antar dengan menyediakan opsi ini untuk pelanggan yang lebih suka berbelanja dari rumah.
  3. Kreativitas Rasa dan Topping — Buat variasi rasa yang unik dan tawarkan beragam topping untuk menarik lebih banyak pelanggan.
  4. Prioritaskan Kebersihan — Pastikan proses produksi dan lokasi penjualan tetap bersih dan higienis.
  5. Tawarkan Bonus — Gaet pelanggan dengan penawaran khusus seperti potongan kue gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu.
  6. Daftarkan ke Google My Business — Munculkan bisnismu di Google Pencarian dan Google Maps dengan mendaftarkannya di Google My Business.
  7. Manfaatkan Media Sosial — Gunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube untuk promosi agar bisnismu bisa dijangkau lebih banyak orang.

Demikianlah pemaparan tentang kue pukis, peluang usahanya, resep kue pukis untuk usaha, dan beberapa tips untuk menjadikannya laris. Setelah membaca informasi ini, apakah kamu sudah siap untuk memulai bisnis kue pukis?

Baca juga: Tergiur Bisnis Sederhana Omset Milyaran? Ini 10 Peluangnya!

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Juragan DOKU

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!