9 Tips Memulai Usaha Sewa Mainan Anak yang Dijamin Laris

usaha sewa mainan anak

Usaha sewa mainan anak bisa jadi peluang menarik. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulainya. Ini dia tipsnya!

Dunia anak-anak memang tidak bisa lepas dari mainan. Namun, karena harganya yang mahal, banyak orang tua lebih memilih menyewa daripada membelinya.

Selain itu, membeli mainan juga tidak selalu bijak, karena mainan cenderung tidak terpakai lagi ketika anak-anak tumbuh besar. Usaha sewa mainan anak pun bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk digeluti.

Keuntungan Usaha Sewa Mainan Anak

usaha sewa mainan anak

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ini? Supaya kamu lebih yakin untuk memulainya, yuk simak apa saja alasan kenapa bisnis ini layak ditekuni.

Modal Relatif Kecil 

Modal untuk memulai bisnis sewa mainan relatif lebih kecil dibanding bisnis jual mainan. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menyewakan mainan yang sudah ada di rumah atau membeli mainan bekas yang masih bagus dengan harga terjangkau.

Sebagai permulaan, kamu bisa membuka usaha ini dengan jumlah mainan yang terbatas terlebih dahulu. Seiring pertumbuhan bisnis, kamu bisa menambah stok mainan sesuai dengan jumlah permintaan dan kemampuan finansial bisnismu.

Jangkauan Pasar Luas

Seperti yang kamu lihat, anak-anak sering dijumpai di berbagai tempat, seperti sekolah, taman bermain, tempat rekreasi, hingga pusat perbelanjaan. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki prospek yang luas dan menjanjikan.

Pelanggan potensialmu bisa berasal dari berbagai segmen, termasuk orang tua, pengasuh, atau guru TK. Selain itu, pelanggan juga bisa datang dari penyelenggara acara seperti acara ulang tahun, khitanan, atau pesta anak-anak.

Minim Kerugian

Jika kamu menjual mainan, itu berarti ada risiko stok mainan tersebut tidak terjual. Hal ini tidak terjadi jika kamu memilih usaha sewa mainan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kerugian akibat tingkat penjualan yang rendah.

Kamu hanya perlu menyiapkan stok secukupnya, nantinya mainan itu akan kembali lagi ke kamu. Meskipun ada risiko beberapa mainan mungkin tidak tersewa, risiko ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan bisnis jual mainan dengan stok besar.

Ramah Lingkungan

Satu lagi alasan kenapa bisnis ini layak kamu jajal adalah karena lebih ramah lingkungan. Mainan yang sudah tidak terpakai bisa berakhir di tong sampah, tetapi dengan menyewakannya, kamu bisa memperpanjang usia pakai mainan tersebut.

Terlebih lagi, mainan anak sering kali dibuat dari bahan plastik yang sulit terurai. Dengan menjalankan bisnis ini, secara tidak langsung kamu turut berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.

Tips Memulai Usaha sewa mainan anak

usaha sewa mainan anak

Setelah mengetahui keuntungan usaha sewa mainan anak di atas, apakah kamu jadi tertarik untuk terjun ke bisnis ini? Namun, jangan asal memulai, pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat. Nah, berikut tipsnya.

1. Tentukan Target Pasar

Tips pertama dalam memulai bisnis ini adalah menentukan segmen yang dituju. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan sumber daya yang kamu punya dan bisa menjalankan bisnis ini dengan lebih fokus dan efisien.

Kamu harus menentukan apakah targetmu itu anak-anak balita, usia TK, atau usia sekolah dasar.  Setiap kelompok usia anak ini tentu memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda terhadap jenis mainan.

Misalnya untuk target anak PAUD atau TK, kamu bisa menyewakan mainan puzzle, perosotan, serta mainan huruf dan angka. Sedangkan untuk anak yang sudah mandiri, kamu bisa menyewakan sepeda, permainan papan, atau game console.

2. Siapkan Modal yang Diperlukan

Modal adalah satu hal yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis apa pun, termasuk sewa mainan. Modal ini bisa bersumber dari tabungan yang kamu milik atau bisa juga dari pinjaman ke bank atau lembaga keuangan.

Bukan hanya untuk membeli stok mainan, modal ini juga diperlukan untuk sewa tempat, biaya perawatan, dan biaya-biaya lainnya. Pastikan kamu menghitung dan menyiapkan modal yang diperlukan agar bisnis bisa mulai dijalankan.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah kamu harus bisa mengelola modal tersebut dengan baik dan benar. Upayakan untuk mengoptimalkan bisnismu agar bisa menghasilkan keuntungan, apalagi jika modal didapat dari pinjaman.

3. Siapkan Stok Mainan yang Akan Disewakan

Setelah menentukan target pasar dan mempersiapkan modal, mulailah untuk membeli stok mainan yang akan kamu sewakan. Agar bisnismu sukses, kamu bisa memilih jenis mainan yang banyak disukai anak-anak dan dicari para orang tua.

Selain itu, perlu juga mempersiapkan beberapa stok untuk jenis mainan yang sama. Hal ini penting agar setiap pelanggan bisa menyewa mainan yang mereka inginkan, tanpa harus menunggu mainan tersebut dikembalikan oleh pelanggan lain.

4. Tentukan Lokasinya

Memilih lokasi yang tepat adalah langkah penting dalam memulai bisnis ini. Pastikan bisnismu berada di tempat yang strategis, sehingga akan semakin mudah bagi pelanggan untuk mengakses layanan yang kamu tawarkan.

Karena bisnismu ditujukan untuk anak-anak, kamu juga harus memilih lokasi yang cukup aman bagi mereka.  Selain harus bersih dan nyaman, pastikan lokasi tersebut tidak terlalu dekat dengan jalan raya untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

5. Buat Sistem Sewa yang Jelas

Agar bisnismu bisa berjalan dengan efektif dan efisien, kamu harus membuat sistem sewa yang jelas. Tetapkanlah berapa harga sewanya, prosedur pengembalian, serta durasinya , apakah per jam, per hari, atau per minggu.

Selain itu, pikirkan juga kemungkinan mainan terlambat dikembalikan, rusak, atau hilang yang diakibatkan oleh pelanggan. Kamu bisa membuat aturan tentang kewajiban denda atau penggantian apabila hal itu terjadi.

6. Promosikan Bisnis

Setelah berhasil mendirikan usaha sewa mainan anak, kamu perlu mempromosikan bisnismu tersebut. Hal ini penting agar bisnismu semakin dikenal sehingga calon pelanggan akan banyak berdatangan ke tempatmu.

Kamu bisa menggunakan brosur atau iklan di surat kabar untuk mempromosikan bisnis secara offline. Selain itu, kegiatan promosi juga bisa kamu lakukan secara online, dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan WhatsApp.

7. Membangun Koneksi

Selain melakukan promosi, penting juga untuk membangun koneksi yang dapat membuka peluang baru. Kamu bisa bekerja sama dengan penyelenggara acara-acara tertentu untuk bisa menyewakan mainan pada acara tersebut.

Selain itu, menjalin hubungan baik dengan pelanggan juga sangat penting. Dengan cara ini, bukan tidak mungkin pelanggan yang puas dengan pelayananmu akan merekomendasikan bisnismu ke orang lain dari mulut ke mulut.

8. Rawat Mainan dan Tempat Usaha

Agar mainan tetap dalam kualitas baik dan bisa terus disewakan, maka kamu perlu merawat mainan-mainan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan membersihkan dan memeriksa mainan secara rutin, serta memperbaiki atau menggantinya jika rusak.

Selain mainan, kebersihan dan kerapian tempat usaha juga penting diperhatikan. Pastikan tempat tersebut bersih dan tertata agar konsumen merasa nyaman.

9. Perluas Jenis Mainan

Seiring berjalannya waktu, jumlah pelangganmu bisa semakin banyak dan jumlah permintaan semakin meningkat. Jadi tambahkanlah jumlah stok mainan dan perluas layanan dengan menambah jenis mainan baru agar bisnismu semakin besar.

Demikianlah beberapa tips memulai usaha sewa mainan anak yang bisa diterapkan jika kamu tertarik terjun ke bisnis ini.

Baca juga: Moms, Mari Mulai Usaha Perlengkapan Bayi dengan Mengikuti Kiat-Kiat Berikut

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Juragan DOKU

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!