Pahami Unique Selling Proposition Agar Unggul Dari Kompetitor: Definisi, Contoh, dan Cara Menentukannya

Agar merek bisnis kamu selalu unggul dari pesaing, butuh yang namanya unique selling proposition (USP). Mau tahu definisinya? Simak di sini.

Persaingan antar merek adalah hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Agar bisa unggul dari kompetitor, butuh yang namanya unique selling proposition atau point (USP). Apa itu? Simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Read more: Mau Berbisnis Belum Punya Business Plan? Ini Contoh Business Plan yang Baik dan Benar

Apa Itu Unique Selling Proposition (USP)?

Unique selling proposition adalah nilai unik yang membuat suatu merek terlihat beda dan lebih unggul dari merek sejenis lainnya. Dalam bisnis, USP harus mampu merepresentasikan citra yang diunggulkan suatu merek.

Tanpa adanya USP, mustahil suatu bisnis dapat dikenal oleh target konsumen. Coba bayangkan bila semua bisnis menjual produk dengan jenis yang sama namun sulit untuk dibedakan. Jelas konsumen akan kesulitan untuk menentukan produk yang mau dipilih.

Untuk itu, setiap bisnis harus memiliki unique selling proposition yang kuat. Sebab, ini akan membantu bisnis kamu untuk lebih fokus pada strategi yang bisa membuat produk-produk kamu lebih menonjol dibanding kompetitor.

Pentingnya Unique Selling Proposition

Perlu ditekankan sekali lagi bahwa setiap perusahaan wajib memiliki USP. Dalam pembuatannya memang tak ada standar khusus yang perlu diikuti. Namun USP harus tetap dibuat dengan baik dan cara penyampaiannya jelas.

Lantas, seperti apa USP yang bagus itu? Sebuah USP dapat dikatakan bagus ketika mampu menyampaikan manfaat yang bisa didapatkan oleh target pasar dari produk atau layanan suatu bisnis. Dengan begitu, merek dari produk terkait bisa memenangkan persaingan.

Dengan memiliki USP, maka suatu merek dan produk yang ditawarkan akan lebih mudah diingat. Selain itu juga memiliki kesan positif di benak target konsumen. Lebih lanjut, USP akan membuat calon konsumen menjadi konsumen dan selanjutnya menjadi pelanggan setia.

Agar lebih mudah dipahami, berikut beberapa poin alasan mengapa perusahaan wajib memiliki USP:

  • Membantu meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Menjadi pembeda produk dengan merek kompetitor
  • Meningkatkan dan memudahkan penjualan
  • Menanamkan nilai pada suatu produk

Cara Menentukan USP

Sudah paham kan apa itu unique selling proposition? Kalau sudah, tentunya kamu penasaran bagaimana cara menentukannya. Di bawah ini sudah ada penjelasan singkat untuk menentukan USP. Yuk, simak!

1. Ketahui apa yang konsumen butuhkan

Tak sedikit pebisnis yang hanya fokus pada penjualan produk saja. Alhasil, kebutuhan konsumen pun sering dianggap sebelah mata. Inilah yang akhirnya membuat produk suatu merek kurang laku di pasaran.

Jadi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat USP adalah mencari tahu apa sih yang sebenarnya dibutuhkan konsumen. Coba tempatkan dirimu pada posisi target konsumen.

Sebagai contoh, kamu punya usaha warkop modern yang menawarkan aneka ragam kopi dan kudapan ringan. Coba renungkan, apakah ada makanan atau minuman di warkopmu yang mampu membuat konsumen menjadi pelanggan setia kamu?

Kalau tidak tahu, coba lihat data penjualan. Pasti ada menu yang paling banyak dipesan oleh pembeli. Nah, menu favorit tersebut bisa menjadi salah satu USP bisnis kamu. 

2. Cari tahu apa motivasi konsumen dalam membeli produk

Langkah selanjutnya adalah dengan membaca perilaku konsumen yang membeli produk kamu. Sebab, mengetahui apa yang dibutuhkan oleh target pasar saja tidak cukup. Kamu juga harus tahu apa alasan mereka membeli suatu produk.

Misalnya kamu memiliki usaha warkop modern. Rata-rata usia pelanggan kamu adalah 18-24 tahun. Mayoritas juga masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Berarti kamu harus menyediakan menu-menu warkop yang harganya sesuai dengan kantong mereka.

Nah, menu dengan harga ekonomis tersebut bisa menjadi USP bisnis kamu. Bila menu tersebut sesuai dengan kebutuhan target pasar kamu, coba tingkatkan lagi pelayanan yang kamu berikan. Pasti konsumen tersebut akan menjadi pelanggan setia kamu.

3. Cari tahu produk kompetitor

Tanpa adanya kompetitor, kemungkinan besar bisnis akan sulit berkembang sebab merasa tidak ada saingan. Produk-produk milik kompetitor bisa menjadi tolak ukur untuk menciptakan unique selling point untuk bisnis kamu.

Dengan membandingkan produk milik sendiri dengan kompetitor, maka kamu bisa mengetahui kelemahan dan keunggulan produk kamu. Sisi positif dari produk tersebut bisa kamu jadikan USP yang unik dan menonjol dari para kompetitor.

Contoh USP dari Merek Ternama

Cara lain untuk membuat USP adalah dengan mengetahui contoh USP dari merek-merek tenama. Berikut beberapa USP dari merek ternama di dunia yang mungkin bisa kamu jadikan referensi.

1. Shopee

Marketplace asal Singapura ini menjadi salah satu andalan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Kira-kira apa yang membuat Shopee lebih unggul dari platform lainnya? Jawabannya adalah program gratis ongkir.

Konsumen bisa mendapatkan potongan hingga gratis ongkir dengan minimal jumlah pembelian tertentu. Inilah salah satu USP dari Shopee. Jenis USP lainnya adalah layanan COD yang memungkinkan pembeli untuk membayar pesanan dengan uang tunai saat barang diterima.

2. Starbucks

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan yang namanya Starbucks. Berdiri pertama kali di Washington, Amerika Serikat, Starbucks kini sudah memiliki lebih dari 15 ribu cabang di seluruh dunia.

Bila dibandingkan dengan merek kopi Tanah Air, jelas harga Starbucks lebih mahal. Menariknya, kopi ini memiliki banyak peminat. Kenapa kira-kira alasannya?

Jawabannya adalah karena Starbucks konsisten dalam menawarkan aneka produk dengan feel premium. Selain itu Starbucks juga terkenal dengan resep-resep rahasia yang bisa dipesan oleh konsumen. Inilah yang menjadi USP merek seperti Starbucks.

3. Nike

Nike merupakan salah satu perusahaan pakaian dan perlengkapan olahraga ternama di dunia. Salah satu produk yang paling mereka unggulkan adalah sepatu. Bedanya dengan produk sepatu merek lain adalah sepatu Nike lebih ditujukan untuk kegiatan atletik dan inilah USP Nike.

Sepatu yang mereka produksi memiliki kualitas mumpuni karena ditujukan untuk atlet profesional. Selain berkualitas, produk sepatu Nike juga lebih eksklusif yang mana sesuai dengan harga yang ditawarkan.

4. Apple

Apple adalah salah satu raksasa teknologi yang rajin menghadirkan produk-produk premium. Salah satunya adalah Apple MacBook yang terkenal dengan desainnya yang tipis bila dibandingkan dengan laptop lain.

Apple juga menekankan bahwa produk-produk laptop mereka lebih ringan dibanding produk kompetitor. Inilah salah satu unique selling proposition Apple, yakni laptop yang ringan dan tipis.

5. IKEA

IKEA adalah merek asal Swedia yang menawarkan beragam jenis furnitur dan perabotan rumah tangga. Lalu, apa yang membuat merek ini terkenal di dunia? Salah satunya adalah karena IKEA memiliki produk dengan kualitas tinggi dan harga relatif rendah dibanding kompetitor. 

Di samping itu, IKEA memiliki visi untuk membuat kehidupan sehari-hari konsumennya menjadi lebih baik. Sebab itu, IKEA selalu memastikan semua pelanggannya memperoleh pengalaman yang baik dalam menggunakan produk dan layanan mereka.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa unique selling proposition memiliki peran penting dalam bisnis. Terakhir, setelah paham soal unique selling proposition, pahami juga bagaimana bisnis yang tumbuh cepat saat ini karena sudah terdigitalitasasi dari segi pembayaran.

Bisnis kamu pun bisa go digital sekarang juga dengan bergabung Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsAppe-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, juga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR.

Satu lagi yang nggak boleh dilewatkan, kamu bisa mendapat pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing para mentor bisnis andal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang dapat di-download via smartphone di Play Store atau App Store, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini.