Mau Jadi IRT Berpenghasilan? Coba Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Ini

usaha ibu rumah tangga tanpa modal

Mau menjadi ibu rumah tangga yang berpenghasilan? Coba saja peluang usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang akan dibahas pada artikel ini.

IRT (ibu rumah tangga), baik dengan maupun tanpa modal. Jika kamu termasuk moms yang punya hobi atau skill menarik, tak ada salahnya mencoba memulai usaha sendiri di rumah sembari mengurus anak. Siapa tahu kelak bisnisnya semakin melebar dan omzetnya bisa dijadikan investasi masa depan? Nah, artikel ini akan membahas sederet ide usaha ibu rumah tangga tanpa modal. Simak, ya! 

Pentingnya Ibu Rumah Tangga Menjadi Mandiri dan Berdaya

Sudah tidak zamannya lagi IRT bergantung secara ekonomi sepenuhnya pada pasangan. Kemandirian finansial dari seorang ibu rumah tangga itu sangat penting, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi keluarganya serta masyarakat di sekitarnya. Kepentingan utamanya adalah untuk membantu kestabilan perekonomian keluarga, tentunya. Dengan demikian, beban finansial tidak sepenuhnya ditanggung suami. 

Selain itu, dengan kemandirian finansial, seorang ibu akan mendapatkan kebebasan finansial untuk kebutuhan pribadinya. Ia juga akan dapat belajar mengelola keuangan sebijak mungkin dan bahkan menyisihkannya untuk investasi masa depan atau tabungan hari tua. 

Di atas semua itu, pentingnya seorang IRT mandiri dan berdaya adalah demi mengusung women empowerment (pemberdayaan perempuan) di lingkungan sekitar. Usaha ibu rumah tangga tanpa modal kelak dapat memberdayakan banyak orang termasuk IRT lainnya dan mengubah perspektif konservatif yang kerap memarginalkan posisi serta peranan perempuan di ruang lingkup keluarga maupun masyarakat. 

10 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Ibu rumah tangga sejatinya memiliki berbagai peluang untuk membuka usaha tanpa modal ataupun dengan modal minim. Itulah sebabnya perempuan, sebagai IRT atau bukan, juga berhak mendapatkan pendidikan setinggi mungkin agar dapat menjadi mandiri, berdaya, dan berguna bagi diri sendiri serta orang-orang di sekitarnya. 

Berikut ini adalah beberapa ide usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang dapat dijalankan oleh moms di rumah:

Guru les privat

usaha ibu rumah tangga tanpa modal

Bisnis guru les privat cukup menjanjikan di era pendidikan yang semakin sulit diakses karena biaya mahal. Jika kamu memiliki skill mengajar matematika, bahasa Inggris, dan pelajaran lainnya, membuka usaha jasa les privat adalah ide bagus. Setelah omzet meningkat, kamu bahkan bisa membuka tempat les sendiri dan mempekerjakan tenaga pengajar tambahan. 

Penulis lepas

Bagi para ibu yang gemar membaca dan menulis, usaha ibu rumah tangga tanpa modal satu ini merupakan ide yang tepat. Menurut penulis Natar Adri dan Astri Novia dalam bukunya “80 Bisnis Sampingan Modal < 5 Juta,” profesi penulis lepas ada di posisi paling pertama dalam daftar. Meski tampak mudah, pekerjaan menulis membutuhkan kesabaran dan skill tingkat tinggi. 

Dunia tulis-menulis memang menarik bagi sebagian besar masyarakat. Profesi ini selalu dibutuhkan untuk menulis beragam tulisan, dari mulai cerita pendek, novel, nonfiksi, hingga artikel, dan lainnya. Upah yang didapatkan pun cukup menjanjikan. 

Drop-shipper 

usaha ibu rumah tangga tanpa modal

Berbicara tentang usaha tanpa modal, kamu juga bisa menawarkan barang dagangan kepada konsumen tanpa harus membelinya terlebih dahulu dari supplier. Nama profesinya adalah drop-shipper atau yang lebih populer lagi dengan sebutan reseller. Pastikan produk yang dijual juga yang banyak dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari seperti perabotan dapur, sembako, makanan, dan lain-lain. 

Untuk memasarkan barang jualannya, tenang saja, moms. Kini, dunia maya kian marak dengan marketplace, aplikasi, dan media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menjual produk-produk dagangan kita. 

Jastip (jasa titip barang) 

Bagi para IRT yang hobi berbelanja dan travelling, bisa mencoba usaha jasa titip barang. Usaha jenis ini sekarang memang sedang sangat digemari oleh berbagai kalangan, moms. Teknik yang dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah dengan mengunggah foto-foto produk yang ditawarkan (biasanya “oleh-oleh” khas dari luar kota atau luar negeri) di akun marketplace, website, atau medsos

Jangan lupa untuk mengenakan fee (biaya) jasa titip pada masing-masing barang dagangan. Untuk meningkatkan efektivitas marketing, moms juga bisa mengerjakan live shopping. Di sana, kamu hanya perlu menjelaskan keunggulan tiap barang dagangan agar para konsumen tertarik untuk menitip oleh-oleh.

Penerjemah 

Usaha ibu rumah tangga tanpa modal satu ini sangat cocok bagi kamu yang berkompeten di bidang bahasa. Bagi IRT, sebaiknya tawarkan jasa penerjemahan secara remote (bisa dikerjakan di mana saja, termasuk di rumah). Jadi, pekerjaan dapat disambi dengan mengurus anak dan rumah. 

Jika belum percaya diri membuka usaha sendiri, kamu pun dapat melamar ke sebuah agency penerjemahan atau perusahaan penerbitan sebagai penerjemah freelance

Content creator 

Siapa tidak mengetahui keberadaan content creator? Kini, eranya membuat konten media sosial dari berbagai aspek kehidupan, dari mulai konten tentang kehidupan sehari-hari, komedi, hingga kuliner dan psikologi. Profesi ini tampak mudah dan sangat menguntungkan tetapi faktanya membuat konten itu membutuhkan konsistensi tinggi, kreativitas, dan keahlian dalam pengeditan video. 

Kesulitan bukan berarti tak bisa dilakukan. Moms bisa coba membuat konten-konten berkaitan dengan parenting dan/atau tumbuh-kembang anak. 

Admin media sosial 

Admin media sosial biasanya dibutuhkan perusahaan tertentu yang memerlukan pemasaran barang atau jasanya secara online. Dengan mem-posting foto produk atau jasa maupun video atau reels iklan, kamu sudah mengerjakan pekerjaan admin medsos. Kamu juga perlu menjawab pertanyaan maupun kritik dari konsumen pada kolom komentar maupun DM (direct message). 

Telemarketing

Dalam beberapa tahun terakhir, kebangkitan pemasaran digital dan penggunaan email, media sosial, dan iklan online telah mengubah lanskap pemasaran. Namun, pemasaran jarak jauh atau telemarketing masih mempunyai tempat dalam industri dan situasi tertentu, terutama ketika komunikasi harus lebih dipersonalisasi dan keterlibatan langsung sangat penting untuk penjualan dan perolehan prospek.

Jasa pembuatan desain dan ilustrasi

Profesi ini tentunya membutuhkan kemampuan khusus terkait desain grafis dan ilustrasi. Namun, tenang saja, skill ini bisa diasah secara otodidak di rumah dengan menggunakan peralatan gambar dan komputer. Jika sudah mengerjakan latihan berkali-kali dan mengumpulkan hasilnya dalam sebuah portofolio ciamik, kamu pun bisa segera memulai usaha ibu rumah tangga tanpa modal ini di rumah. 

Menjadi partisipan survei online berbayar

Terakhir, profesi ini pun dapat menjadi pilihan menarik bagi IRT yang ingin menambah penghasilan. Semua berawal dari kian maraknya survei atau polling berbayar yang diadakan via link (tautan) online oleh institusi pemerintah, LSM (lembaga swadaya masyarakat), maupun akademisi. Namun, waspada dengan tautan palsu alias scam (penipuan) yang jika diklik akan meretas semua data pribadimu. 

Baca juga: 15 Ide Jualan Makanan Simpel dan Murah, Cuan Tetap Melimpah

Nah, bagi moms yang ingin segera membuka usaha ibu rumah tangga tanpa modal, yuk, segera bermitra dengan Juragan DOKU. Berjualan bersama Juragan DOKU, kamu dapat memberikan berbagai pilihan metode pembayaran digital untuk pelanggan kamu. 

Fitur-fitur yang bisa dinikmati antara lain seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR.

Juragan DOKU

Ditambah lagi, tersedia business training gratis yang bisa moms dapatkan secara online. Pelatihan ini akan diberikan oleh sederet mentor bisnis yang profesional. Semua itu bisa kamu dapatkan dengan hanya bergabung menjadi Juragan DOKU.
Jadi, tunggu apa lagi? Segera gabung Juragan DOKU di sini atau bisa juga melalui aplikasinya yang bisa kamu download di smartphone di Play Store maupun App Store.