9 Ide Usaha yang Menjanjikan Cuan, Apa Saja?

Mau cari cuan dari bisnis, tetapi belum menemukan peluang usaha yang menjanjikan? Kalau begitu, kamu wajib cek ide-ide usaha berikut!

Apa yang muncul di pikiranmu saat berniat mencari penghasilan dari bisnis? Biasanya, hal pertama yang terpikirkan adalah ide bisnis. Siapa pun ingin mencari ide usaha yang menjanjikan cuan dan relevan dengan sikon pasar.

Masalahnya, ada bermacam-macam ide yang terbayang di kepala dan tidak mungkin semuanya diterapkan sekaligus. Kamu harus memilih salah satu yang paling berpotensi untuk berkembang dan menghasilkan profit. 

Tak perlu pusing-pusing! Dalam artikel kali ini, kami suguhkan daftar peluang bisnis menjanjikan yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk, simak baik-baik!

1. Jasa Foto Produk

usaha yang menjanjikan

Fenomena toko daring yang menjamur membuat jasa ini memiliki peluang yang menjanjikan. Banyak pengusaha daring yang mampu membuat produk berkualitas, tetapi kesulitan untuk membuat foto produk yang mampu menarik minat pelanggan.

Kamu bisa menawarkan layanan dengan harga yang variatif. Misalnya, untuk pelanggan yang baru pertama kali menjajal jasamu, tawarkan harga satuan terlebih dahulu. Jika sudah puas, barulah tawarkan harga paket untuk foto produk berjumlah banyak.

Paket foto produk biasanya dibanderol dengan harga satuan yang lebih murah. Harga paket cocok untuk pengusaha yang menjual banyak jenis produk karena lebih irit pengeluaran.

Kamu bisa memulai usaha jasa ini di rumah sendiri terlebih dahulu. Belilah perlengkapan studio foto yang berkualitas untuk mendukung performa bisnis.

2. Makanan Tradisional Gaya Kekinian

Siapa bilang makanan tradisional tidak termasuk usaha yang menjanjikan? Makanan tradisional bisa menghasilkan cuan besar jika diolah dan dihidangkan dengan gaya kekinian, lo!

Salah satu pengusaha yang sukses dengan ide bisnis ini adalah Diva Velda. Ia memulai usaha Oh My Getuk selama masa perkuliahan di Malang, Jawa Timur.

Sesuai namanya, Oh My Getuk menawarkan menu getuk yang sering dianggap jadul oleh anak-anak muda. Namun, dengan kreativitasnya, Diva mengolah getuk menjadi bentuk yang menyerupai bolu gulung, lalu menyediakan aneka rasa kekinian.

Bisnis unik dari Diva ini mencapai omzet sebesar Rp2,2 miliar dalam waktu kurang dari setahun. Luar biasa, kan?

Masih ada makanan tradisional lain yang bisa kamu modifikasi dengan gaya kekinian. Jika sudah mendapatkan ide, bereksperimenlah hingga memperoleh resep yang pas dan lezat untuk dijual ke pelanggan!

3. Restoran Kuliner Asia Timur

Kamu bisa membangun usaha yang menjanjikan dengan bergabung ke sektor kuliner yang satu ini. Banyak restoran kuliner Asia Timur, seperti Jepang, Cina, dan Korea, yang dibuka di Indonesia. Sayangnya, hanya sebagian yang menawarkan harga terjangkau.

Manfaatkan peluang ini untuk menyajikan menu-menu Asia Timur yang ramah di kantong. Agar tidak merugi, sesuaikan harga dengan biaya pembuatan dan kualitas setiap menu.

Jika ingin lebih laris manis, kamu bisa memanfaatkan besarnya populasi muslim di Indonesia. Sebagian makanan dari Asia Timur menggunakan bahan-bahan yang tidak halal. Jadi, membuat restoran Asia Timur yang bersertifikat halal adalah ide yang brilian!

4. Perlengkapan Tidur

Tidur adalah salah satu aktivitas penting dalam keseharian manusia. Baik buruknya kualitas tidur bahkan bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Untuk memperbaiki kualitas tidur, perlengkapan yang tepat akan sangat dibutuhkan.

Manfaatkan peluang ini untuk memulai usaha perlengkapan tidur! Kamu bisa menjual barang yang sudah jadi atau membuka sistem pre-order. Jika memilih menjual barang jadi, belilah stok dagangan dari pemasok yang tepercaya dan menjunjung kualitas produk.

Sementara itu, bila memilih sistem pre-order, tawarkan berbagai opsi bagi pelanggan untuk memesan barang custom sesuai keinginan, misalnya dari segi ukuran, material, dan desain.

Beberapa produk perlengkapan tidur yang bisa kamu jual, antara lain, seprai, sarung bantal, sarung guling, bed cover, selimut, dan balmut (bantal selimut).

5. Keperluan Ibu dan Bayi

Berjualan keperluan ibu dan bayi menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Hal ini karena pilihan produk yang dapat dijual sangat beragam dan target pelanggannya sangat besar.

Menurut Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), ada sekitar 4,8 juta anak yang lahir dalam setahun di Indonesia. Tentu saja, angka ini membuat peluang usaha keperluan ibu dan bayi sayang untuk dilewatkan.

Pilihlah salah satu atau beberapa kategori produk atau jasa berikut untuk dijual:

  • Makanan dan susu ibu hamil dan menyusui
  • Peralatan makan bayi
  • Makanan dan susu bayi
  • Perlengkapan menyusui
  • Peralatan dan perlengkapan mandi bayi
  • Perlengkapan tidur bayi
  • Layanan perawatan bayi
  • Pakaian wanita hamil, ibu menyusui, dan bayi
  • Mainan bayi

6. Pakaian Muslim

Pakaian muslim yang pasaran pastinya sudah banyak beredar. Jika ingin bisnismu tampak mencolok di antara kompetitor, sediakan pakaian muslim dengan desain yang belum banyak dijual.

Beberapa ide pakaian muslim unik yang bisa dipertimbangkan, antara lain,

  • pakaian muslim bergaya vintage,
  • pakaian muslim dengan sentuhan budaya Asia Timur,
  • pakaian olahraga muslimah, dan
  • pakaian muslim big size.

7. Sepatu dan Kaus Kaki

Banyak orang kesulitan mencari produk alas kaki yang berkualitas dan ramah di kantong. Sering kali, alas kaki yang murah meriah cepat rusak, sedangkan alas kaki yang mahal hanya bisa dibeli oleh orang-orang menengah ke atas.

Nah, kamu bisa memulai usaha alas sepatu dan kaus kaki dengan memanfaatkan target pasar menengah ke bawah. Juallah produk alas kaki yang ergonomis, berbahan nyaman, dan berdesain apik. Jangan lupa patok harga yang terjangkau, ya!

Read more Usaha Cuci Sepatu : Peluang Usaha dan Panduan Lengkap Bisnis Laundry Sepatu

8. Bingkisan

Bagi kamu yang memiliki kreativitas tinggi dan pandai dalam kerajinan tangan, bingkisan menjadi ide usaha yang menjanjikan! Banyak orang yang akan menjadi target pasarmu, yakni orang-orang sibuk yang tak sempat memilih dan merangkai bingkisan sendiri.

Beberapa contoh produk yang bisa kamu jual, di antaranya adalah

  • buket camilan,
  • hamper untuk hari raya,
  • bingkisan peralatan tulis,
  • bingkisan perlengkapan spa, dan
  • bingkisan produk ramah lingkungan.

9. Jasa Pengiriman

Jika punya modal yang cukup, kamu bisa menjadi agen atau bermitra dengan pihak ekspedisi tepercaya. Jasa pengiriman menawarkan keuntungan yang menjanjikan, apalagi dengan menjamurnya toko daring dan marketplace.

Cukup buka usaha di tempat yang strategis, beli perlengkapan yang diperlukan untuk operasional, dan rekrut tenaga kerja yang tepat, kamu sudah bisa memperoleh penghasilan dari usaha jasa ini.

Itulah daftar ide usaha yang menjanjikan cuan. Adakah yang paling menarik perhatianmu? Atau salah satu ide di atas sudah terbayang di benak sebelumnya?

Apa pun ide usaha yang dipilih, jangan sampai lewatkan untuk bergabung dengan Juragan DOKU! Juragan DOKU adalah sahabat pemilik UMKM yang dipersembahkan oleh DOKU untuk mendukung kegiatan berjualan daring.

Dengan menjadi Juragan DOKU, kamu dapat menyediakan berbagai fitur pembayaran untuk memudahkan pelanggan. Sebut saja, QRIS untuk menerima berbagai pembayaran dengan satu kode QR saja dan Link Bayar untuk memperbanyak transaksi lewat WhatsApp.

Kamu juga bisa membuka toko daring sendiri dengan fitur e-Katalog. Agar bisnis semakin berkembang, pelajari materi dan pelatihan daring dari para mentor andal secara gratis saat menjadi Juragan DOKU. Penasaran ingin bergabung ke Juragan DOKU? Isi formulir di sini atau daftar lewat aplikasi Juragan DOKU sekarang juga!