10 Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Sebagai ibu rumah tangga bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan bisnis. Banyak ibu rumah tangga yang berhasil mendirikan home industry dan memberdayakan orang-orang di sekitarnya.

Meskipun terdengar besar, kamu juga tidak perlu sampai membuka sebuah industri sebagai usaha sampingan. Kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan hasrat, dibutuhkan orang, dan dapat kamu jalankan sambil mengurus rumah tangga.

Jika kamu tinggal di desa, di bawah ini 10 contoh usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang bisa dicoba. 

Read More: 10 Macam Usaha Sampingan Bagi Pemula yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

1. Usaha Sembako

Sembako adalah kebutuhan pokok setiap keluarga. Jika letak pasar cukup jauh, membuka toko yang berjualan bahan pokok ini dijamin bisa berjalan lancar. Meskipun sudah ada yang berjualan, kamu jangan takut untuk memulai.

Setiap tempat yang berjualan sembako tidak selalu menyediakan barang lengkap. Kamu bisa mencari tahu barang apa saja yang dicari orang tetapi tidak ada di kompetitor. Lalu, menyediakan barang tersebut di tempatmu.

Agar berbeda, sediakan layanan antar pesanan untuk pelanggan yang rumahnya cukup jauh dari tokomu.

2. Membuka Toko Kelontong

Tidak semua desa memiliki kondisi yang sama. Jika kamu tinggal di desa terpencil, membuka toko kelontong bisa menjadi alternatif. Selain menghasilkan uang, kamu bisa membantu penduduk sekitar memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Kondisi perekonomian juga memengaruhi kebutuhan. Kamu bisa berfokus hanya menjual sembako atau menambah ke barang-barang kebutuhan sehari-hari lain, seperti sampo dan saus botol, tergantung kondisi perekonomian warga sekitar.

3. Menjual Pakaian Murah

Sebagai kebutuhan primer, pakaian juga termasuk barang yang banyak dicari orang. Oleh karena itu, bisnis berjualan pakaian cukup menjanjikan. Dengan keberadaan tetangga di kanan-kiri, kamu bisa menjalankan bisnis ini dari mulut ke mulut atau membuka toko.

Untuk menekan modal, mulailah dengan menjual pakaian sehari-hari terlebih dahulu, mulai dari pakaian dalam hingga pakaian dalam rumah. Tambahkan pakaian pelengkap, seperti kerudung jika tetangga sekitarmu banyak yang mengenakannya.

4. Agen Umroh dan Haji

usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga-di-desa

Ikut pengajian ibu-ibu? Kamu sangat bisa menjadikan mereka sebagai target pasar untuk agen umroh dan hajimu. Selain itu, bisa dibilang ini adalah usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang paling menghasilkan.

Menjadi agen umroh dan haji sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencari travel yang menyediakan paket tersebut. Lalu, kamu tinggal menawarkan paket perjalanan tersebut tanpa perlu menyiapkan kantor atau tempat khusus. 

Tugasmu mirip seorang sales yang menawarkan paket perjalanan untuk umroh dan haji ke orang-orang sekitarmu. Jika membutuhkan penjelasan lebih lanjut, undang saja mereka untuk datang ke rumahmu.

Dari setiap pelanggan yang mendaftar, kamu akan mendapatkan komisi. Biasanya, komisi yang diberikan berupa sekali perjalanan umroh atau haji untuk sejumlah paket haji atau umroh yang berhasil dijual.

5. Membuka Warung Makan

Manfaatkan keahlian memasakmu untuk membuka warung makanan! Meskipun tingkat konsumsi makanan matang di desa cukup rendah karena sebagian besar ibu rumah tangga terbiasa memasak di rumah, usaha ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jika kamu tinggal di dekat pabrik atau di pinggir jalan, kamu bisa menargetkan karyawan pabrik atau orang yang lewat sebagai konsumenmu. Buatlah masakan rumahan yang memiliki banyak peminat, seperti nasi campur dengan bermacam-macam lauk.

Hindari menjual makanan yang hanya dinikmati konsumen segmen tertentu, seperti makanan Jepang atau Korea. Meskipun terkesan kekinian, itu bukanlah makanan sehari-hari masyarakat Indonesia sehingga bisa membuat usahamu gagal.

6. Menjual Sayuran Segar

Orang yang tinggal di pesisir pantai bisa dengan mudah mendapatkan berbagai hasil laut. Namun, biasanya mereka kesulitan mendapatkan sayuran segar. 

Jika kamu tinggal di dekat pantai dan menghadapi masalah serupa, menjual sayuran segar bisa menjadi alternatif usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang baik.

Untuk memulainya, kamu tinggal bekerja sama dengan tengkulak dan membeli dalam jumlah besar agar mendapatkan potongan. Kamu juga bisa langsung mendatangi petaninya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Juallah hasil bumi itu di depan rumahmu.

7. Jasa Catering

Jasa catering tidak sama dengan bisnis membuka warung makanan. Namun, kamu tetap bisa menjalankan kedua bisnis bersamaan. 

Membuka jasa catering memungkinkanmu hanya bekerja tiap ada pesanan. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan keuntungan dari modal yang dikeluarkan sehingga tidak ada cerita usaha tidak balik modal. 

Hal ini berbeda dari membuka warung makan yang harus menyiapkan modal setiap hari terlepas berapa pun pendapatan hari kemarin. Jumlah pengunjung pun tidak pasti setiap harinya.

Meski begitu, hal yang perlu diperhatikan dari membuka jasa catering adalah kamu perlu mempekerjakan orang lain ketika ada pesanan besar datang. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan pengemasan dan pengiriman agar makanan aman dari awal sampai akhir.

8. Agen Pulsa dan Pembayaran Listrik & Air

Tempat-tempat penjualan pulsa dan kantor pembayaran listrik dan air biasanya berada di kota. Hal ini membuat penduduk desa kesulitan mengakses ke sana. Mereka harus mengendarai transportasi umum berkilo-kilo meter hanya untuk urusan kecil.

Beda halnya jika kamu membuka usaha itu di rumah. Kamu bisa membantu orang-orang membayar tagihan listrik dan air dan mengurus pembelian pulsa.

Jika ingin mencoba menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah uang sebagai saldo awal, ponsel, dan kertas untuk menuliskan nomor token listrik. Ingin terlihat lebih meyakinkan? Tambahkan saja perangkat komputer dan printer.

9. Agen SPBU Mini

Sulitnya akses transportasi ke desa membuat banyak penduduknya membeli kendaraan sendiri. Namun, masalah berikutnya muncul. SPBU jarang terlihat ada di pelosok desa. SPBU banyak didirikan di pinggir jalan besar yang jauh dari desa terpencil.

Di sini, kamu bisa melihat peluang untuk menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa dengan menjadi agen SPBU mini. Sistem agen ini sudah disahkan oleh Pertamina sebagai usaha untuk menekan kerugian sekaligus membuka lapangan kerja.

Untuk menjadi mitra, kamu tinggal mendaftar melalui web https://kemitraan.pertamina.com. Di situs tersebut, kamu tinggal pilih “Daftar” pada menu kemitraan Pertashop. Kamu juga bisa menghubungi call center Pertamina di nomor 135.

Setelah itu, kamu diminta untuk mengisi formulir permohonan kemitraan yang meliputi tempat usahamu akan didirikan sesuai dengan pilihan kota yang tersedia. Jika tidak ada, kamu bisa melakukan pengajuan.

10. Membuka Apotek Mini

usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga-di-desa

Sebuah apotek memang harus memiliki seorang apoteker yang memahami resep dokter. Namun, kamu tidak harus seorang lulusan apoteker untuk membuka apoteker mini yang bisa memenuhi kebutuhan obat-obatan di desamu.

Yang kamu perlukan adalah nasihat dari orang yang sudah pernah menjalankan bisnis ini tentang cara membuka apotek dengan baik. Pilihlah pemasok obat berkualitas dengan harga terbaik. Lalu, pekerjakan seorang apoteker untuk menjalankan apotekmu.

Itulah 10 usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang bisa dicoba. Pilihlah yang sesuai dengan bujet dan potensi keberhasilan.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!