10 Macam Usaha Sampingan Bagi Pemula yang Wajib Dicoba

jenis usaha sampingan bagi pemula

Merasa kurang dengan penghasilanmu saat ini? Kamu bisa menjalankan bisnis sampingan sebagai tambahan tabungan di hari tua. Jika memilih bisnis yang dijalankan dengan tepat, bukan tidak mungkin usaha ini menjadi jalanmu meraih kemerdekaan finansial.

Ada banyak usaha yang bisa dijalankan baik secara offline maupun online. Namun, jika baru menjalankan usaha, kamu perlu memilih bisnis yang ramah untuk orang-orang sepertimu.

Baru memulai usaha sampingan? Kamu berada di tempat yang tepat. Di bawah ini dibahas 10 macam usaha sampingan bagi pemula tanpa repot, tapi dijamin menghasilkan.

Rekomendasi Usaha Sampingan Bagi Pemula

1. Membuka Les Privat

jenis-usaha-sampingan-bagi-pemula

Jika kamu pandai dalam mata pelajaran tertentu, tidak ada salahnya menjadi guru les privat yang bisa kamu jalankan sepulang dari kantor.

Kamu juga bisa menjadi guru les privat bagi anak SD yang bertanggung jawab mengajarkan semua mata pelajaran. Kamu tinggal mendaftar ke tempat kursus online maupun offline. Agar tidak terlalu melelahkan, ada baiknya kamu pilih kelas online.

Jika tidak ingin terikat dengan lembaga tertentu, kamu juga bisa membuka usaha les sendiri. Caranya, kamu tinggal mempromosikan bisnismu itu ke media sosial dan teman kantormu.

Dengan cara tersebut, kamu bisa menentukan berapa banyak anak yang bisa kamu bimbing. Jika banyak permintaan untuk mengisi materi lain, kamu bisa mempekerjakan orang lain dan mengembangkan bisnis.

2. Menjadi Penerjemah

Menguasai bahasa asing? Kenapa tidak mencoba menjadi penerjemah? Meskipun pendapatannya tidak seberapa, nominalnya lumayan jika hanya sekadar menambah pemasukan.

Meski begitu, bukan berarti bisnis ini tidak menjanjikan. Jika mendapatkan proyek besar, bukan tidak mungkin kamu bisa meraup pendapatan hingga puluhan juta rupiah. Kamu bisa mencari beberapa agen penerjemahan besar yang sedang membuka lowongan.

Agar bisa masuk ke perusahaan besar, usahakan asah terus kemampuanmu. Kumpulkan portofolio untuk membuktikan kualitasmu.

3. Membuka Usaha Clothing

Baju adalah kebutuhan pokok sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Itu artinya, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan membuka bisnis pakaian selama dijalankan dengan serius dan benar.

Dalam menjalankan ini, kamu tidak perlu modal, hanya perlu kemampuan desain. Buatlah desain kaus atau pakaian yang baik, lalu kirimkan ke jasa Printing untuk melakukan pencetakan desain. Agar tidak mengeluarkan modal, jalankan bisnis secara pre-order.

Jadi, dalam bisnis ini kamu hanya akan mendesain setelah ada pesanan. Namun, ada baiknya kamu memberikan contoh desainmu agar calon pelanggan bisa melihat kualitas garapanmu.

4. Usaha Indekos

Tinggal sendirian di rumah keluarga yang kosong? Kamu bisa menyewakan kamar-kamar kosong itu ke temanmu. Usaha sampingan bagi pemula ini akan sangat menghasilkan jika lokasi propertimu dikelilingi area perkantoran atau kampus.

Selain memperoleh tambahan pemasukan, kamu bisa mendapatkan teman baru. Kamu juga bisa mendesain ulang kamar itu untuk menaikkan nilainya sehingga bisa menaikkan harga sewanya.

5. Jasa Pengetikan

Di zaman ketika teknologi sudah berkembang pesat, ternyata jasa pengetikan masih dibutuhkan, lho. Kalau kamu memiliki peralatan, seperti laptop dan printer, bisnis ini akan sangat menjanjikan, terutama jika kamu tinggal di area kampus. 

Mahasiswa biasa membutuhkan jasa ini untuk mengerjakan tugas kuliah atau skripsi. Tarif yang dipasang biasanya dihitung per halaman atau per kata.

Cara memulainya adalah kamu tinggal melakukan promosi dengan memasang X-banner di depan tempat tinggalmu agar mudah dilihat orang sekitar, sekaligus para mahasiswa itu.

Jika tempat tinggalmu tidak dilewati mahasiswa, kamu bisa menyebar pamflet di sekitar kampus. 

6. Jasa Jual Pulsa dan Bayar Listrik

Jangan meremehkan bisnis jual pulsa dan bayar listrik. Jika sudah sukses, bukan tidak mungkin kamu bisa membuka konter sendiri. Hasilnya lumayan, lho?

Tapi kan, hasilnya tidak seberapa. Iya! Namun, ini adalah bisnis usaha sampingan bagi pemula yang bisa kamu jalankan dengan mudah, murah, dan dijamin menghasilkan.

Bayangkan! Kamu adalah pegawai kantor atau mahasiswa. Otomatis, kamu bisa menjadikan semua temanmu sebagai pelanggan. Tidak ada dari mereka yang tidak membutuhkan pulsa.

Ada nilai plus jika rekan kerjamu adalah kepala rumah tangga, anak kos, atau siapa pun yang bertanggung jawab atau ingin membayar listrik. Langsung saja tawarkan jasamu kepada mereka! Dengan begitu mereka tidak perlu jauh-jauh mencari konter, kan?

7. Usaha Binatu

Mencuci adalah pekerjaan rumah yang sangat berat. Oleh karena itu, banyak orang menyewa jasa binatu untuk melakukan pekerjaan itu. Jika belum ada yang menjalankan bisnis ini di sekitarmu, kamu bisa memulainya sekarang.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan dijalankan di sekitar area kos, rumah susun, asrama, dan penginapan. Dengan promosi dan pemasaran yang tepat, kamu bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Ada masalah dengan daya tarik masyarakat yang rendah? Kamu bisa mengatasinya dengan memasang harga rendah untuk jasa cuci, kering, setrika. Siapa yang tidak tertarik pakaiannya dicuci bersih dan diberi pewangi hanya dengan membayar Rp2.500/kg?

Read More: 10 Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menguntungkan Bagi Karyawan

8. Menjadi Driver Online

jenis-usaha-sampingan-bagi-pemula

Menjadi driver online bisa menjadi alternatif tepat bagi kamu yang tidak yakin ingin berbisnis apa, tetapi mempunyai kendaraan. Kamu tidak perlu malu menjalankannya karena pekerjaan ini membantu banyak orang.

Dengan menjalankan pekerjaan ini, itu artinya kamu bisa mengurangi pengeluaran bulanan yang biasa digunakan untuk membeli bensin dan menyisihkan bujet itu untuk hal lain.

9. Menjadi Dropshipper

Suka berbelanja? Usaha sampingan bagi pemula ini bisa cocok untukmu karena biasanya orang yang suka berbelanja juga suka berjualan. Pasalnya, semakin sering membeli, mereka semakin tahu seluk-beluk berjualan.

Dalam berjualan, kamu harus memilih barang yang ingin dijual. Kebutuhan pokok selalu memiliki banyak peminat. Selanjutnya, kamu perlu memilih produsen. Pastikan memilih produsen yang cepat tanggap dan memiliki barang berkualitas.

Sebagai dropshipper, berarti tugasmu hanyalah mengupload foto produk ke media sosial atau marketplace, membalas pesan, dan meneruskan pesanan. Sementara selebihnya dilakukan oleh produsen. Itu artinya, bisnis ini bisa kamu jalankan dari kantor.

10. Usaha Katering

Terdengar sulit? Sebenarnya tidak jika kamu memiliki kemampuan memasak. Bisnis ini sangat tepat dijalankan di tengah area kos, perkantoran, area pabrik, dan asrama karena kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Kalau pun tidak, kamu bisa menggunakan media sosial untuk melakukan promosi sehingga pasarmu lebih luas. Tambahkan jasa antar. Orang-orang kantor akan sangat menyukai ini karena mereka bisa memangkas pengeluaran makan siang yang biasanya melambung.Itulah 10 usaha sampingan bagi pemula yang bisa dicoba.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!