10 Usaha Sampingan Mahasiswa yang Bisa Dikerjakan di Waktu Senggang

usaha sampingan mahasiswa

Entah ingin menambah uang jajan atau membantu orangtua membayar biaya kuliah, kadang ada mahasiswa yang menjalankan usaha sampingan. Kalau kamu salah satunya, di bawah ini ada 10 usaha sampingan mahasiswa yang bisa dilakukan saat jam kosong.

Rekomendasi Usaha Sampingan Mahasiswa

1. Menjadi Influencer

usaha-sampingan-mahasiswa

Jangan dikira influencer tidak berpenghasilan. Dari setiap postingannya, pemilik akun Instagram Backpacker Tampan dapat meraup 3 juta rupiah. Bahkan, bisa lebih dari itu sekarang. Pekerjaannya? Membuat konten tentang jalan-jalan. Menyenangkan, bukan?

Agar bisa menjadi seorang influencer, kamu perlu membuat konten menarik seputar niche tertentu dan mengumpulkan ribuan pengikut. Dari niche tersebut, brand akan melirik akun Instagrammu dan menawarkan kerja sama.

Untuk topik wisata, kerja sama yang ditawarkan bisa berupa review penginapan atau mendatangi tempat wisata untuk dipromosikan di media sosial. Kamu bisa mencoba peruntunganmu sebagai influencer dengan berfokus pada satu niche yang disukai.

2. Video Captioning

Bagaimana rasanya menonton video favorit berbahasa asing yang tidak kamu tahu artinya? Di situlah pekerjaan video captioning hadir. Membuat takarir (caption) video adalah pekerjaan yang belum banyak dilirik orang, tetapi sering dibutuhkan.

Jika menguasai bahasa asing, kamu bisa mencoba menawarkan hasil penulisan takarirmu pada admin akun YouTube atau platform video mana pun yang membutuhkan jasamu. Contohnya adalah YouTuber luar negeri yang memiliki pangsa pasar di Indonesia.

Ada juga platform berbahasa Indonesia yang membutuhkan jasa penulisan takarir untuk memperjelas isi video bagi kamu yang tidak menguasai bahasa asing. Pastikan pemilik video menyebutkan bahwa mereka membutuhkan bantuan tersebut.

3. Menjadi Penonton YouTube Bayaran

Kaget mendengar usaha ini? Sekarang, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan uang secara online, salah satunya adalah menjadi penonton YouTube bayaran. Kalau kamu suka menonton Youtube, ini bisa menjadi usaha sampingan mahasiswa yang menarik.

Agar bisa mendapatkan uang dari menonton video dari platform streaming itu, kamu perlu mendownload aplikasi, seperti TV-Two, atau mendaftar sebagai anggota di situs Paid2Youtube, Watch2Earn, atau Baymack.

Dari aplikasi atau situs tersebut, kamu akan mendapatkan poin dari setiap video yang direkomendasikan untuk ditonton. Setelah terkumpul poin, kamu bisa langsung melakukan penarikan atau mengubahnya terlebih dahulu menjadi mata uang kripto.

4. Menjadi Tutor

Jangan sia-siakan kemampuan akademismu begitu saja. Ada banyak tempat kursus yang membuka lowongan bagi mahasiswa untuk menjadi tutor atau guru les privat. Kamu bisa mendaftar di tempat kursus offline maupun mencari website kursus.

Tingginya peminat tutor dari kalangan mahasiswa disebabkan oleh vitalitas dan semangat yang tinggi. Sebagai kawula muda, kamu memiliki semangat yang dibutuhkan untuk mengajar. Dengan begitu, anak yang kamu temani belajar juga ikut bersemangat.

Jika kamu tidak memiliki kendaraan, kamu bisa mendaftar di situs kursus. Cara kerjanya mirip. Hanya saja kamu melakukan pengajaran melalui aplikasi komunikasi video, seperti Zoom dan Google Meet.

5. Menjadi Streamer

Pernah membayangkan muncul di hadapan banyak orang untuk melakukan sesuatu yang dibayar? Beberapa marketplace biasanya membuka lowongan kerja untuk menjadi streamer. Apa itu?

Streamer adalah orang yang merekam dirinya sendiri untuk dilihat secara langsung oleh orang lain. Sebagai streamer marketplace, tugasmu adalah mempromosikan dagangan para penjual di sana. 

Sementara sebagai streamer game kamu hanya perlu merekam dirimu ketika sedang bermain game. Jangan lupa tampilkan pula tangkapan layar game yang sedang kamu mainkan pula agar penonton bisa memahami konteks setiap reaksimu.

Dari menjadi streamer Lazada, kamu bisa memperoleh sekitar Rp430 ribu dalam seminggu. Kamu juga bisa menjadi streamer game lalu mengupload videomu ke YouTube atau platform lain dan mendapatkan uang dari sistem monetisasi. 

6. Membuka Bisnis Afiliasi

Usaha sampingan mahasiswa berikutnya masih berhubungan dengan jumlah pengikut media sosial atau blog. Dengan basis pengikut yang banyak, kamu bisa membuka bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi berarti membagikan tautan ke media sosial atau blog, tergantung ketentuan dari tempat mendaftarmu. Dari setiap tautan yang diklik atau pembelian, kamu akan mendapatkan komisi.

Kamu bisa mendaftar sebagai affiliate marketer di Involve Asia. Setelah pendaftaranmu diterima, kamu bisa mengakses berbagai program yang sesuai dengan kategori media sosial atau blogmu, seperti kecantikan atau fesyen.

Read More: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Mudah Dilakukan

7. Jasa Pembuatan Konten

Jika kamu cukup kreatif di bidang multimedia, jalankan jasa pembuatan konten untuk media sosial hingga platform streaming video.

Pemilik brand atau toko online harus memenuhi tuntutan upload konten setiap hari. Itu adalah pekerjaan yang cukup melelahkan jika dikerjakan sendiri. Kamu bisa melihat ini sebagai kesempatan untuk menawarkan contoh kontenmu.

Jika diterima, kamu bisa mulai membuat konten dan mendapatkan bayaran untuk tiap konten yang dibuat. Pastikan memasukkan setiap detail konten yang diinginkan agar bisa menjalin kerja sama yang lama.

8. Mengikuti Survei Online Berbayar

Ingin mengisi waktu luang dengan melakukan usaha sampingan mahasiswa dan mendapatkan beberapa rupiah? Cobalah mengikuti survei online berbayar yang diadakan oleh PanelPlace.

Setelah mendaftarkan diri di situsnya, kamu bisa mengakses beberapa survei yang bisa dilakukan. Setiap survei memiliki kriteria usia dan negara yang harus dipenuhi. Pastikan kamu memilih survei yang sesuai dengan ketentuannya.

Survei yang dilakukan bisa bermacam-macam, seperti menjawab pertanyaan, membuka situs, dan merekam video. Dari pekerjaan ini, kamu bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

9. Voice Over

usaha-sampingan-mahasiswa

Punya suara yang menarik? Memiliki teknik pembacaan yang unik dan artikulasi yang jelas? Mengisi suara bisa menjadi usaha sampingan yang cocok untukmu.

Kamu bisa mengisi audio untuk produk seperti buku audio atau audio visual, seperti konten YouTube yang hanya berisi video.

Jika ingin memulai usaha ini, yang perlu dilakukan antara lain (1) membuat sampel suara, (2) mengirimkannya ke agen pengisi suara yang bisa dicari di Google dengan kata kunci Voice Over Agency, dll, dan (3) menunggu sambil mengembangkan skill.

Kamu bisa mengembangkan keterampilan dengan mencoba memulai kanal Podcast sendiri untuk melihat berapa banyak orang yang memuji suara dan teknik berbicaramu. Dengan cara ini, bukan tidak mungkin Podcastmu didengar oleh salah satu agensi. 

10. Social Media Management

Akun media sosialmu memiliki banyak pengikut? Merasa mampu mengelola media sosial dengan baik, seperti selalu dapat mengupload konten setiap hari? Usaha social media management sepertinya cocok buatmu.

Pekerjaan ini tak ubahnya merawat akun media seseorang atau suatu organisasi yang tidak memiliki tim untuk mengurus media sosialnya. Merawat akun media sosial berarti membuat dan mengupload konten sekaligus melakukan pekerjaan lain sesuai kesepakatan.

Itulah 10 usaha sampingan mahasiswa yang bisa dijalankan tanpa harus mengorbankan kuliahmu.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!