11 Ide Bisnis Makanan Online yang Cocok untuk Para Pemula

bisnis makanan online untuk pemula

Ide Bisnis makan Online untuk Pemula – Siapa saja bisa meraih kesuksesan dalam bisnis, termasuk bagi kamu yang mengaku sebagai pemula. Terkait pilihan ide usaha, kamu bisa mencoba bisnis makanan untuk pemula dan melakukan pemasaran secara online

Bisnis makanan relatif sangat mudah. Alasannya, karena makanan termasuk kebutuhan primer dan dibutuhkan oleh siapa saja. Menariknya lagi, kamu bisa menemukan banyak pilihan makanan yang bisa dijual. 

Read more: 16 Tips Bisnis Online Supaya Sukses, Calon Pebisnis Wajib Baca!

Referensi Ide Bisnis Makanan untuk Pemula

Untuk membantu kamu dalam menentukan ide bisnis yang tepat dan sangat cocok untuk pemula, ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan, yaitu: 

1. Dessert Box

Pilihan pertama, kamu bisa menjual dessert box. Bisnis makanan untuk pemula yang satu ini sangat potensial. Apalagi, banyak orang suka dengan makanan yang manis-manis. Selain itu, dessert box mempunyai daya tahan lama, asal kamu menyimpannya di freezer

Biar dessert box jualan kamu laris manis, kamu perlu menawarkannya dalam berbagai pilihan rasa. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan sistem pre-order. Dengan skema tersebut, kamu dapat meminimalkan kerugian dan sekaligus memetakan selera konsumen. 

2. Salad Buah

Ide bisnis makanan untuk pemula selanjutnya adalah berjualan salad buah. Kamu dapat menawarkan produk makanan ini secara khusus pada mereka yang mempunyai kesadaran tentang gaya hidup sehat. 

Pilihan buah yang bisa kamu pakai untuk membuat salad bisa sangat beragam. Ketika berbisnis salad buah, jangan hanya fokus pada tampilan serta kualitas bahannya. Sebagai tambahan, lakukan edukasi pentingnya gaya hidup sehat secara rutin.

3. Frozen Food

Rekomendasi selanjutnya adalah menjalankan bisnis frozen food atau makanan beku. Usaha ini memiliki potensi yang sangat besar dengan segmen pasar luas. Jadi, kamu tak akan mengalami kesulitan dalam memasarkannya. 

Ketika menjalankan bisnis frozen food, pertimbangkan untuk mencari supplier tepercaya dan harganya murah. Selain itu, persiapkan freezer yang mencukupi. Jadi, barang dagangan kamu tidak mudah busuk.  

4. Katering Makanan Rumahan

Kamu dapat pula memilih untuk menjalankan usaha katering rumahan. Bisnis makanan untuk pemula ini sangat potensial dan memiliki peluang konsumen besar. Apalagi, tak semua orang memiliki waktu cukup untuk menyediakan masakan. 

Dalam menjalankan bisnis katering rumahan, kamu perlu kreatif dalam menyusun menu. Sediakan variasi makanan dalam jumlah yang cukup. Sebagai tambahan, tawarkan paket berlangganan secara mingguan atau bulanan. 

5. Katering Diet

Meningkatnya kesadaran terhadap gaya hidup sehat membuka peluang bisnis makanan yang menarik, yakni katering diet. Berbeda dengan katering rumahan, bisnis ini perlu kamu jalankan dengan perhitungan gizi yang ketat. 

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis katering diet, kamu perlu bekerja sama dengan seorang ahli gizi. Selanjutnya, pertimbangkan pula untuk menyediakan layanan konsultasi diet. Tak ketinggalan, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas rasa makanan, ya. 

6. Katering Bento

Bisnis makanan untuk pemula selanjutnya masih berkaitan dengan katering. Hanya saja, kali ini kamu bisa menyediakan layanan katering khusus, yakni katering bento. Target pemasarannya adalah orang tua yang mempunyai anak usia sekolah. 

Dalam menjalankan bisnis katering bento, jangan hanya mengandalkan tampilan makanan yang lucu dan menarik. Namun, perhatikan pula kualitas rasa dan gizi. Dengan begitu, kamu bisa memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitor.

7. Aneka Keripik

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan makan camilan. Intensitas makan camilan tersebut kian meningkat ketika seseorang tengah bersantai atau punya banyak waktu luang. Fenomena seperti ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis menjanjikan. 

Caranya, kamu bisa menjual produk makanan camilan yang banyak disukai orang Indonesia. Apa itu? Tak lain adalah keripik. Kamu pun bisa menjual berbagai jenis keripik. Beberapa jenis keripik yang populer antara lain adalah keripik kentang, keripik pisang, dan lain-lain.

8. Kue Kering

Ada pula pilihan untuk bisnis makanan untuk pemula dalam bentuk kue kering. Seperti halnya keripik, kue kering termasuk salah satu camilan favorit. Ditambah lagi, kamu dapat menawarkan kue kering dalam berbagai jenis kepada konsumen. 

Pilihan kue kering yang bisa kamu pasarkan sangat banyak. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menjual beberapa produk kue kering sebagai berikut: 

  • Cookies cokelat
  • Cheese stick
  • Lidah kucing
  • Pastel kering
  • Stik cokelat
  • Kue kacang

9. Jus Buah

Ada pula pilihan bisnis makanan untuk pemula dengan cara berjualan jus buah. Usaha ini bisa kamu jalankan dengan membuka toko offline dan memasarkannya secara online. Kalau perlu, kamu dapat menggunakan aplikasi kurir untuk sarana delivery

Ketika menjalankan usaha jus buah, kamu bisa menggunakan berbagai jenis buah-buahan. Beberapa contoh di antaranya adalah alpukat, tomat, semangka, delima, apel, jeruk, dan lain sebagainya. 

Tak ketinggalan, kamu dapat pula menawarkan menu pendamping selain jus buah. Beberapa pilihan menu pendamping tersebut antara lain adalah sup buah, jus sayur, serta berbagai jenis makanan kecil. 

10. Lauk Pauk Kering

Referensi bisnis makanan untuk pemula berikutnya bisa kamu jalankan dengan memulai usaha lauk pauk kering. Sekilas, usaha ini mirip dengan bisnis katering. Namun, cara menjalankannya sedikit memiliki perbedaan. 

Dalam bisnis lauk pauk kering, kamu menawarkannya dalam bentuk kemasan. Selain itu, produk makanan kering ini mempunyai ketahanan dalam waktu yang lama. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir kalau makanan cepat basi.

Bisnis lauk kering ini mulai berkembang sejak pandemi Covid yang lalu. Banyak orang memilih produk lauk kering karena praktis. Jenis lauk yang bisa kamu jual sangat beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Kering kentang
  • Kering tempe
  • Serundeng
  • Teri kacang

11. Snack Pedas Berlevel

Terakhir, kamu bisa mencoba jualan snack pedas dengan tingkatan level. Bisnis kuliner seperti ini sangat populer, terutama menyasar kalangan anak muda. Buktinya, kamu bisa menemukan banyak produk seperti ini yang meraih keuntungan besar di pasaran. 

Pilihan snack pedas yang bisa kamu jual dan tawarkan dalam beberapa tingkatan level sangat beragam. Sebagai contoh, kamu bisa menjual beberapa menu camilan pedas sebagai berikut: 

  • Keripik kentang
  • Keripik singkong
  • Makaroni
  • Bakso goreng atau basreng

Dalam menawarkan produk snack pedas berlevel itu, kamu tak hanya bisa mengandalkan tingkatan kepedasannya. Namun, jangan lupa memperhatikan branding. Salah satunya adalah dengan melakukan pengemasan produk yang rapi dan menarik. 

Nah, itulah 11 referensi bisnis makanan untuk pemula yang bisa kamu coba. Saat memulai menjalankan bisnis, kamu tak perlu secara langsung mengalokasikan modal dalam jumlah besar. Pertimbangkan untuk menjalankannya dengan modal seadanya terlebih dulu. 

Seiring dengan meningkatnya aktivitas bisnis, kamu bisa mempertimbangkan untuk memperbanyak modal. Tak lupa, pelayanan kepada pelanggan juga harus menjadi perhatian serius. 

Dalam melayani pelanggan, kamu tak hanya harus berlaku sopan. Namun, berikan pelayanan yang bisa memberi kenyamanan bertransaksi. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan pembayaran yang praktis dan mudah. 

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!