Penting! Ketahui Nomor Kartu ATM dan Fungsinya Demi Keamanan Transaksi

nomor kartu atm

Nomor Kartu ATM – Sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kartu ATM. Kartu ini kerap digunakan karena memang mampu mempermudah nasabah perbankan untuk melakukan berbagai transaksi. Mulai dari pembayaran, tarik tunai, penyetoran, hingga mengirim uang. 

Namun, meski sering digunakan, tak sedikit orang yang bahkan tidak tahu mengenai nomor kartu ATM. Mereka menganggap yang harus diketahui hanyalah nomor rekening karena inilah yang dibutuhkan ketika akan melakukan transaksi. Sementara yang lain, seperti nomor kartu ATM, nomor CVV/CVC, dan lainnya jarang sekali dipahami oleh masyarakat luas. Padahal, nomor tersebut juga terbilang cukup penting, utamanya bagi keamanan transaksi. 

Untuk bisa memahaminya, coba cermati kartu ATM yang kamu miliki. Di bagian depan, kamu akan menemukan rentetan angka berjumlah sekitar 16 digit, dan itulah yang kemudian disebut nomor kartu ATM. Lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Read more: Mari Mengenal Nomor CVV dan Fungsinya, Demi Keamanan Transaksi Perbankan

Pengertian Nomor Kartu ATM

Meski keduanya sama-sama dikeluarkan oleh pihak bank dan ditujukan untuk satu nasabah, faktanya nomor kartu ATM berbeda dengan nomor rekening. Nomor rekening adalah deretan angka yang tertera pada buku tabungan dan berfungsi sebagai media transaksi perbankan. Entah itu untuk menabung, transfer/menerima transfer, serta melakukan berbagai pembayaran. 

Sedangkan nomor kartu ATM adalah 16 digit angka yang tertera pada sisi depan kartu ATM/Debit. Deretan angka ini berisi nomor identifikasi bank penerbit beserta kode identitas dari pemilik sah kartu tersebut. Oleh karenanya, nomor ini lazim dikenal sebagai tanda pengenal dan sifatnya harus dirahasiakan demi keamanan. Agar jangan sampai kartu ATM disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggungjawab yang berpotensi menyebabkan terjadinya pembobolan dana rekening. 

Penting untuk diketahui pula bahwa nomor kartu ATM atau nomor kartu debit ini umumnya memiliki batas waktu atau tanggal kedaluwarsa. Jadi, ketika tiba waktunya, otomatis kartu ATM tidak lagi bisa digunakan untuk transaksi apapun. Kamu harus melakukan perpanjangan masa berlaku kartu melalui customer service, dan nantinya akan mendapat kartu ATM baru. 

Letak Nomor Kartu ATM

Agar lebih paham terkait letak nomor kartu ATM, ada baiknya jika kamu mulai memperhatikan kartu yang dimiliki secara saksama. Umumnya, setiap kartu debit pasti terdiri dari beberapa bagian penting, yakni;

1. Nomor Kartu Debit atau Nomor Kartu ATM

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bahwa nomor kartu ATM berada di sisi depan. Di sana kamu akan menemukan deretan angka sebanyak 16 digit yang berbeda-beda pada setiap nasabah. Nomor-nomor tersebut sebenarnya berisi kode identifikasi dari bank penerbit dan identitas pemilik kartu. Di bagian depan mengacu pada jaringan kartu yang digunakan apakah VISA atau Mastercard. Kemudian, lima digit setelahnya merupakan identitas dari bank yang menerbitkan. Barulah sembilan digit yang tersisa mengacu pada identitas pemilik sah kartu tersebut. 

2. Chip Pintar di Bagian Atas 

Sesuai dengan instruksi Bank Indonesia terbaru, setiap kartu Debit harus dilengkapi dengan chip pintar demi menjaga keamanan transaksi. 

3. Tanggal Kedaluwarsa Kartu

Jika kamu menemukan tanggal tertera pada kartu, itu menunjukkan masa berlakunya. Dalam artian, kartu hanya bisa digunakan sampai batas waktu tersebut. Lewat dari itu, otomatis kartu tidak dapat digunakan untuk transaksi apapun. Jadi, usahakan sebelum tanggal tersebut, segera urus perpanjangan kartu ATM ke bank terdekat agar nantinya kamu tidak mengalami kendala dalam proses transaksi perbankan. 

4. Nomor CVV/CVC

Jika nomor kartu ATM berada di bagian depan, nomor CVV (Card Verification Value) ini tertera di bagian belakang kartu. Kode yang terdiri dari tiga atau empat digit angka ini juga bersifat rahasia dan berfungsi sebagai pengaman di setiap transaksi yang dilakukan. 

5. Hologram 

Kartu ATM atau debit juga dilengkapi dengan hologram guna menjamin keaslian kartu tersebut. 

Fungsi Nomor Kartu ATM

Sebagaimana diketahui, nomor kartu ATM terdiri dari 16 digit angka dengan kombinasi berbeda di setiap nasabah. Kombinasi tersebut memiliki makna tersendiri, yakni sebagai petunjuk identitas kartu. Mulai dari jaringan kartu, bank penerbit, hingga identitas pemilik sah dari kartu tersebut. 

Secara detail, dua angka di bagian depan menunjukkan jaringan kartu apakah VISA atau Mastercard. Jika berawalan angka 4 berarti kartu debit/ATM tersebut menggunakan jaringan VISA. Sementara jika digit pertama adalah angka 5, maka kartu tersebut berada dalam jaringan Mastercard. Kemudian, 5 angka setelahnya menunjukkan identitas dari bank yang menerbitkan kartu. Lalu, sembilan digit angka sisanya merujuk pada identitas dari nasabah atau pemilik sah dari kartu tersebut. 

Selain memiliki fungsi sebagai penunjuk identitas, nomor kartu ATM ini juga penting dalam proses validasi transaksi. Baik itu transaksi pembayaran, transfer uang, ataupun tarik tunai. Itulah mengapa nomor kartu ATM sebaiknya dirahasiakan, karena bisa berpotensi disalahgunakan jika jatuh pada orang-orang tidak bertanggungjawab. 

Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM

Penting untuk diketahui bahwa nomor kartu ATM/debit kerap dibutuhkan ketika kamu akan melakukan transaksi, utamanya pembayaran online. Jadi, sebenarnya keberadaan nomor ini tidak kalah penting dengan nomor rekening dan karenanya juga harus diketahui. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui nomor tersebut, bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Cek Nomor Kartu ATM secara Fisik

Pada dasarnya, cara mengetahui nomor kartu ATM atau debit relatif sangat mudah. Kamu hanya perlu mengecek kartu ATM dan lihat pada sisi bagian depan. Di sana, telah terpampang nyata deretan 16 digit angka tersebut. 

Untuk mengantisipasi hilangnya kartu, tak ada salahnya jika kamu catat dan simpan nomor kartu ATM tersebut. Usahakan hindari menyimpan data penting di smartphone karena dapat dengan mudah berpindah tangan. Lebih baik tulis di buku catatan atau simpan di tempat yang aman lainnya. 

2. Cek Nomor Kartu ATM secara Online

Adakalanya, kartu ATM kamu mengalami masalah, seperti hilang, tertelan mesin ATM, atau bahkan tergores hingga deretan angkanya tampak kabur. Jika dalam kondisi demikian, tentu akan sulit untuk melihat nomor kartu ATM secara fisik. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan pengecekan secara online

Caranya, bisa menggunakan internet banking ataupun mobile banking. Langkah pertama, masuk ke akun dengan menggunakan username dan sandi kamu. Kemudian, langkah selanjutnya cukup berbeda pada beberapa bank. Jika kamu menggunakan BRImo dari BRI, maka harus terlebih dulu pilih menu mutasi. Pilih nomor rekening dan tanggal hingga sistem secara otomatis menampilkan riwayat transaksi. Dari riwayat transaksi itulah nantinya akan muncul 16 digit nomor kartu ATM kamu. 

Sedangkan untuk bank lain, umumnya kamu bisa melihat langsung ketika membuka akun. Cukup dengan memilih menu akun atau identitas yang berada di pojok kanan, dan nomor pun langsung terpampang. 

Atau, jika kamu tidak ingin ribet, bisa langsung datang ke bank terdekat. Di sana customer service senantiasa siap sedia membantu kamu untuk mengecek nomor kartu ATM. 

Itulah beberapa informasi penting terkait nomor kartu ATM yang harus kamu ketahui. Cara lain yang bisa dicoba demi keamanan transaksi adalah dengan menggunakan aplikasi DOKU. 

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran.  Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!