7 Ide Usaha Modal 100 Juta Penghasil Untung Besar

usaha modal 100 juta

Cukup banyak usaha modal 100 juta yang cocok dicoba oleh pebisnis pemula. Namun, ada baiknya untuk mempelajari dasar ilmu bisnis terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya kamu lebih paham mengenai seluk-beluk bisnis dan meminimalisasi kerugian yang mungkin timbul selama menjalani usaha. 

Read More: Mau Cuan dari Usaha Modal 50 Juta? Cari Tahu Peluangnya di Sini!

Rekomendasi Usaha Modal 100 Juta, Bisa Jadi Inspirasi 

Sebelum memulai bisnis, pertimbangkan lebih dulu jenis usaha yang cocok dan sesuai bujet. Berikut jenis usaha modal 100 juta yang bisa dijadikan inspirasi. 

usaha-modal-100-juta

Bisnis Kuliner 

Usaha kuliner direkomendasikan bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan besar dengan durasi balik modal cepat. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa orang memerlukan makanan untuk asupan gizi dan menambah tenaga. 

Di era modern, bisnis kuliner dapat dilakukan secara offline dan online. Hal ini memberikan kamu keuntungan karena jangkauan lebih luas sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Meskipun tingkat persaingan bisnis kuliner tinggi, kamu bisa menarik calon pelanggan dengan cita rasa lezat dan keunikan yang dimiliki. 

Contoh, kamu membuka kafe kekinian dengan suasana ala pedesaan. Bagi sebagian besar orang kota, suasana tersebut dapat menenangkan jiwa dan menurunkan tingkat stres. Agar bisnis kamu lebih cepat tumbuh dan berkembang, sediakan menu bervariasi dengan harga bersahabat. 

Tambahkan fasilitas penujang, seperti spot Instagrammable, toilet, tempat ibadah, dan area parkir. Pastikan untuk memberi pelayanan terbaik. Selain rasa, keramahan dan kecepatan dalam menyajikan hidangan menjadi poin penting untuk memajukan bisnis kuliner.

Jasa Laundry 

Memiliki modal 100 juta memungkinkan kamu membuka bisnis laundry. Bisnis ini termasuk jenis usaha yang menawarkan keuntungan besar. Pasalnya, banyak masyarakat yang membutuhkan jasa cuci pakaian. Utamanya pekerja kantoran dan anak kos yang memang memiliki mobilitas tinggi. 

Berbekal modal 100 juta, kamu bisa membeli peralatan yang dibutuhkan sekaligus menyewa tempat bisnis di lokasi strategis. Disarankan untuk membeli peralatan dengan kualitas terbaik. Meskipun harganya relatif lebih mahal, barang lebih awet sehingga bisa digunakan jangka panjang. 

Supaya bisnis berjalan lancar, sediakan layanan yang dibutuhkan pelanggan dan tawarkan harga bersaing. Beberapa layanan tersebut, meliputi cuci kering, cuci kering setrika, hanya setrika, dan cuci kering mandiri atau self service. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, kamu bisa memberikan fasilitas gratis berupa antarjemput layanan cuci kering dengan batas jarak terjauh maksimal 3 km. 

Sediakan mesin cuci dan pengering dalam jumlah banyak. Misalnya, 6 unit untuk layanan cuci kering regular dan 6 unit khusus untuk self service. Agar pelanggan layanan self service lebih nyaman ketika menunggu, sediakan air minum atau snack gratis. Dijamin, mereka akan menjadi pelanggan setia.  

Usaha Percetakan 

Usaha potensial selanjutnya adalah percetakan. Berbekal uang 100 juta, kamu bisa merintis usaha percetakan skala menengah. Modal tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli peralatan cetak lengkap, alat-alat tulis, dan sewa tempat. 

Makin lengkap peralatan cetak, makin banyak layanan yang bisa kamu tawarkan. Mulai dari cetak dokumen, undangan, foto, stiker, kaos, mug, banner, hingga spanduk. Jaga kualitas cetakan dengan menggunakan tinta yang bagus. Untuk mendapatkan omzet bulanan yang fantastis, disarankan memilih lokasi di sekitar kampus atau kantor dan rutin melakukan promosi melalui media sosial.

Bisnis Kecantikan 

Bisnis kecantikan tercatat sebagai usaha yang bisa menghasilkan banyak pemasukan. Menariknya di era modern saat ini perawatan wajah dan tubuh bukan hanya milik wanita, melainkan juga pria. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk meraih peluang bisnis potensial. 

Berbekal modal usaha 100 juta, kamu bisa membuka toko khusus kecantikan. Gunakan uang tersebut untuk membeli berbagai jenis perawatan kecantikan wajah dan tubuh. Mulai dari pelembap, bedak, BB cream, lipstik, pembersih wajah, krim pagi, krim malam, tabir surya, lulur tubuh, dan lainnya. 

Untuk memaksimalkan penjualan, disarankan melakukan promosi dengan memberikan kupon diskon, membership, dan pengiriman gratis ongkir khusus pembelian melalui website atau marketplace.

Usaha Toko Kelontong 

Usaha modal 100 juta selanjutnya adalah membuka toko kelontong yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari. Bisnis ini bisa dikatakan sebagai usaha yang tidak ada matinya. Pasalnya, setiap orang membutuhkan barang-barang yang kamu jual.

Berbekal uang 100 juta, kamu bisa menyewa ruko di lokasi strategis. Bisa juga menyulap ruang kosong atau garasi rumah sebagai toko. Tambahkan etalase kaca, rak, dan timbangan. Kalau kamu mengusung konsep toko kelontong layaknya mini market, pastikan untuk menyediakan mesin kasir sebagai alat hitung otomatis.

Sediakan barang berupa sembako, alat mandi, gas LPG, air galon, aneka camilan, dan berbagai kebutuhan lainnya. Tempatkan barang-barang tersebut secara rapi di etalase kaca maupun rak yang tersedia. Gunakan label harga untuk memudahkan perhitungan. 

Budidaya Ikan dan Tanaman

Budidaya Tanaman merupakan usaha modal 100 juta

Bisnis lain yang tak kalah menggiurkan adalah budidaya ikan dan tanaman atau disebut Akuaponik. Sistem budidaya tersebut memadukan akuakultur dengan hidropnik. Apabila kamu memiliki lahan kosong, manfaatkan lahan tersebut untuk budidaya ikan dan tanaman. 

Beberapa ikan yang menguntungkan untuk dibudidayakan, antara lain lele, ikan mas, gurame, nila, mujair, gabus, dan bandeng. Tanaman yang disarankan untuk dibudidaya, meliputi kankhung, selada, lobak, sawi hijau, bayam, daun bawang, bawang merah dan putih, kacang-kacangan, dan wortel.

Berbekal modal 100 juta, kamu bisa memulai bisnis dengan membeli alat-alat dan bahan yang diperlukan. Kegiatan budidaya ikan dan tanaman tidak hanya memberikan kamu pemasukan, tetapi juga membantu pemenuhan kebutuhan pangan dan membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Usaha Konveksi 

Mengingat pakaian merupakan salah satu yang dibutuhkan manusia, bisnis konveksi bisa dijadikan pilihan untuk meraih penghasilan tanpa batas. Kamu bisa memulainya dengan menyewa tempat atau memanfaatkan ruang kosong di rumah sebagai tempat usaha. 

Gunakan modal usaha untuk membeli alat jahit berkualitas, mesin obras benang, mesin lubang kancing, mesin pasang kancing, alat jahit serba bisa, setrika uap, setrika lisrik, mesin potong, dan mesin press. Menggunakan alat tersebut, kamu bisa menerima pesanan pembuatan seragam, kaos, kemeja, jaket, celana, rok, gamis, mukena, dan lainnya. 

Pekerjakan beberapa orang yang menguasai alat-alat untuk konveksi. Jaga kualitas jahitan dan gunakan bahan berkualitas agar bisnis kamu bisa bersaing dengan kompetitor. Disarankan untuk membuat media sosial atau website khusus bisnis sebagai tempat pemesanan online sekaligus promosi. 

Selain memproduksi pakaian untuk orang lain, kamu juga bisa memproduksi untuk dijual menggunakan merek dagang sendiri. Cara ini akan memberikan kamu keuntungan berlipat. Promosikan bisnis kamu melalui media sosial dan berikan potongan harga untuk pesanan dalam jumlah besar. 

Itulah rekomendasi usaha modal 100 juta yang bisa kamu jadikan inspirasi bisnis. Kalau kamu masih ragu memulai bisnis, disarankan untuk membaca kisah pebisnis sukses sebagai motivasi.

usaha-modal-100-juta

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Memulai bisnis kecil-kecilan kesannya mudah, tetapi kalau kamu bisa mengelolanya dengan baik, kamu berkesempatan mengembangkannya jadi usaha yang lumayan, lho!

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!