Mau Coba Usaha tapi Modal Tipis? Simak 4 Ide Jualan Online Modal Kecil Ini

ide jualan online modal kecil

Ide Jualan Online Modal Kecil – Masih banyak orang yang beranggapan bahwa merintis usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Belum lagi jika kita mengembangkan dan memproduksi sendiri produk yang kita jual.

Padahal, dengan menggunakan internet dan teknologi bernama ponsel pintar atau smartphone saja kita sudah bisa mulai membuka usaha lewat berjualan secara online. Penasaran? Yuk, simak penjelasan mengenai manfaat, kekurangan, dan ide jualan online modal kecil di sini!

Read more: 7 Cara Jualan Online untuk Pemula, Dari Nol Jadi Cuan!

Manfaat dan Kekurangan Jualan Online

Manfaat Jualan Online

Sebagai sebuah bentuk bisnis, berjualan secara online baik di sosial media maupun di marketplace tentu akan mendatangkan manfaat bagi pelakunya. Manfaat yang didapat antara lain:

  1. Sumber Penghasilan Tambahan

Bisnis jualan online bisa menjadi ladang pendapatan tambahan bagi pekerja kantoran. Bahkan, bila ditekuni lebih serius, ide jualan online modal kecil pun bisa menjadi sumber pendapatan utama.

  1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Dengan menggunakan platform media sosial maupun online marketplace, jangkauan tidak akan lagi menjadi kendala. Jika produk yang kamu jual ditampilkan secara menarik dan dilengkapi dengan deskripsi produk yang jelas, kamu akan lebih mudah  mendapatkan pembeli.

Jarak juga tidak akan menjadi masalah besar. Meskipun calon pembelimu berdomisili di kota lain, mereka akan tetap bisa melihat produk jualanmu melalui internet. Pengiriman barang ke luar daerah pun lebih mudah dengan adanya jasa kurir yang mencakup seluruh negeri.

  1. Mengurangi Angka Pengangguran

Di masa ketika pertumbuhan ekonomi menurun akibat pandemi, toko online adalah salah satu bidang usaha yang sanggup bertahan. Sejak awal, pemilik toko online memang tidak berinteraksi secara langsung dengan pelanggan–semua dilakukan melalui smartphone. Oleh karena itu, pembatasan sosial tidak akan berdampak signifikan pada operasional toko online.

Banyaknya korban PHK yang beralih menjadi pengusaha online menunjukkan model bisnis ini sebagai salah satu solusi alternatif dalam mengatasi pengangguran. Apalagi jika bisnis toko online yang ditekuni sudah cukup besar, pemilik bisa merekrut karyawan untuk membantu operasional toko.

Kekurangan Jualan Online

Kelebihan-kelebihan di atas hanyalah potret dari satu sisi bisnis toko online di dunia nyata. Selayaknya bentuk usaha lainnya, bisnis toko online, terutama yang bermodal kecil, memiliki berbagai kekurangan yang harus mendapat perhatian khusus, antara lain:

  1. Persaingan Semakin Ketat

Dengan semakin maraknya orang yang masuk ke bisnis jualan online modal kecil, semakin ketat pula persaingan bisnis yang terjadi. Ketatnya persaingan ini berarti akan ada banyak perintis usaha toko online yang bahkan foto produknya saja pun tidak terlihat oleh calon pembeli.

  1. Koneksi Internet Tidak Optimal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kecepatan dan kualitas jaringan internet di Indonesia masih jauh dari kata optimal. Bahkan, dalam hal kecepatan internet, Indonesia menjadi salah satu peringkat terbawah di ASEAN.

Memang, koneksi internet Indonesia saat ini sudah jauh lebih baik. Akan tetapi, lambatnya koneksi internet ini dapat menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi pengusaha toko online, apalagi jika harus bersaing dengan toko online dari negara lain.

  1. Rendahnya Kepercayaan Masyarakat

Maraknya berita penipuan dengan modus toko online yang beredar di media sosial berpengaruh pada rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap toko online. Ditambah lagi, sebagian besar masyarakat di daerah pinggiran kota masih berpegang pada kebiasaan-kebiasaan lama saat berbelanja.

Masyarakat terbiasa melihat, menyentuh, dan mungkin mencoba langsung barang yang ingin dibeli. Karena itu, bisnis online mungkin dianggap tidak memiliki kredibilitas yang setingkat dengan toko offline.

Hal ini diperparah dengan perilaku oknum-oknum kurir yang menyebabkan barang yang dibeli pelanggan rusak, sobek, pecah, atau–yang paling parah–hilang. Bahkan, tidak jarang kita melihat postingan media sosial tentang paket yang dicuri oleh kurir.

Memulai Usaha dengan Modal Tipis

Untuk memulai bisnis jualan online modal kecil sebenarnya cukup mudah. Kamu cukup membuat akun media sosial khusus untuk menjual barang daganganmu. Kamu juga bisa memilih untuk membuka toko online di platform online marketplace.

Untuk model bisnisnya sendiri, yang sekarang ini paling banyak digunakan adalah reseller dan dropshipper. Kedua model bisnis ini tidak mengharuskan kamu untuk memproduksi barang sendiri sehingga modal awal yang dibutuhkan juga tidak banyak–bahkan bisa sampai Rp0.

Sebagai reseller, kamu cukup menjual kembali barang yang kamu beli dari produsen/supplier dengan harga jual lebih mahal dari harga beli. Biasanya, pihak produsen akan menjual produknya dengan harga di bawah pasaran kepada reseller. Hal ini agar harga produk di tingkat reseller sama dengan harga dari produsen.

Dropshipper juga hampir sama, bedanya dropshipper tidak menyetok barang. Dalam hal kegiatan bisnis, dropshipper lebih seperti perantara antara produsen dengan pelanggan.

Dropshipper menerima pesanan dari pelanggan, lalu pesanan diteruskan ke produsen/supplier untuk diproses. Pihak produsen/supplier kemudian mengirimkan pesanan atas nama dropshipper.

Ide Jualan Online Modal Kecil

Setelah membahas manfaat, kelemahan, dan bagaimana memulai usaha jualan online dengan modal tipis, selanjutnya kita akan membahas ide-ide jualan online modal kecil yang umum terlihat di masyarakat.

1. Camilan dan Jajanan Khas

Kalau kamu tinggal di daerah di luar kota besar, menjual camilan atau jajanan khas dari daerah asalmu adalah pilihan yang cukup bagus. Tentu saja, target pasar utamanya adalah mereka yang tinggal di daerah lain.

2. Mainan dan Action Figure

Komoditas ini paling cocok kamu jual sebagai dropshipper karena harga mainan dan action figure cukup tinggi. Dengan menjadi dropshipper, kamu cukup meneruskan pembayaran dari pembeli ke pihak supplier/importir. Selisih harga yang dibayar customer dengan jumlah yang kamu bayarkan ke supplier adalah profit usaha dropshipper milikmu.

3. Produk Perawatan Kulit dan Kecantikan

Trend skincare dan perawatan diri sedang naik dalam beberapa tahun terakhir. Dampaknya, produk-produk perawatan dan kecantikan semakin banyak dicari masyarakat.

Bisnis ini sangat menjanjikan, terutama jika produknya berasal dari luar negeri atau dipromosikan oleh selebriti tanah air. Akan tetapi, pastikan produk kecantikan yang kamu jual sudah terdaftar di BPOM dan terbukti aman dari bahan-bahan yang berbahaya untuk manusia.

4. Fashion Item

Semua orang berhak berpenampilan menarik, makanya banyak orang yang merintis usaha online mengawalinya dengan menjual fashion item seperti pakaian dan sepatu. Kalau kamu mau bisnis ini berjalan lancar, pastikan produk yang kamu jual orisinal dan bukan barang KW. Atau, kamu bisa bekerja sama dengan brand fashion lokal untuk menjual produk mereka.

Di era digital dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini, hampir semua hal bisa dilakukan menggunakan smartphone dan koneksi internet–termasuk merintis usaha. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar, bahkan bisa sampai tanpa modal sama sekali. Semua ide jualan online modal kecil yang dibahas di atas bisa jadi bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membuka toko online-mu sendiri.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!