Mau Investasi? Kenali Dulu Apa Itu Pasar Modal

apa itu pasar modal

Apa itu pasar modal? Pasar modal merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati lantaran memberikan keuntungan jangka panjang. Biasanya, perusahaan memanfaatkan pasar modal untuk mendapatkan pendanaan. Pasar modal berperan besar dalam mendorong peningkatan ekonomi negara secara signifikan. 

Supaya lebih jelas, simak pembahasan singkat mengenai pasar modal berikut ini!

Read More: Apa Itu IPO? Berikut Tujuan, Keuntungan, Mekanisme, dan Cara Pembelian

Apa Itu Pasar Modal?  

apa-itu-pasar-modal

Pasar modal merupakan tempat bagi perusahaan maupun pemerintah untuk mendapatkan dana besar dalam jangka panjang dengan menjual saham atau obligasi. Aktivitas pasar modal berkaitan dengan perdagangan efek serta penawaran umum antara perusahaan emiten dan pelaku.

Pasar modal beroperasi secara terorganisir karena di dalamnya terdapat kegiatan jual beli surat berharga seperti ekuitas, saham, surat pengakuan hutang, obligasi, dan lainnya yang diterbitkan pemerintah maupun perusahaan swasta dengan memanfaatkan jasa dari pihak perantara, komisioner, serta underwriter.

Singkatnya, pasar modal adalah penghubung kegiatan transaksi jual beli efek atau surat berharga antara perusahaan emiten atau pelaku pasar modal lainnya dengan investor. Proses jual beli ini biasanya dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Para pelaku utama yang terlibat dalam pasar modal, antara lain:

  • Emiten – perusahaan yang melakukan emisi berupa saham maupun obligasi.
  • Investor – pihak yang hendak memberikan modal pada emiten.
  • Underwriter (Penjamin Emisi) – lembaga yang memberikan jaminan bahwa saham atau obligasi terjual hingga batas waktu tertentu sehingga emiten memperoleh dana yang dibutuhkan.
  • Agen Penjualan – pihak yang menjual efek perusahaan yang akan berstatus “Go Public” tanpa adanya kontrak dengan emiten.
  • Broker (Pialang) – perantara antara emiten dengan investor dalam kegiatan jual beli efek.

Adapun struktur pasar modal, sebagai berikut.

  • Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM)
  • Perusahaan Emiten
  • Self-Regulatory Organizations (SRO)
  • Perusahaan Efek
  • Penasihat Investasi
  • Lembaga Penunjang Pasar Modal
  • Profesi Penunjang Pasar Modal

Fungsi Pasar Modal 

Pasar modal terdiri dari dua jenis fungsi, yaitu ekonomi dan keuangan. Berikut penjelasan singkat mengenai dua fungsi pasar modal. 

  • Fungsi Ekonomi

Fungsi pertama adalah ekonomi. Pasar modal berperan sebagai sarana pendanaan bisnis. Hal ini tak lepas dari peran pasar modal yang mempertemukan dua pihak saling berkepentingan, yakni perusahaan emiten dengan investor. Perusahaan emiten membutuhkan modal tambahan dari investor, sedangkan investor ingin berinvestasi untuk meraih keuntungan.

Keberadaan pasar modal secara tidak langsung membuka kesempatan pengusaha memperoleh dana untuk menciptakan kestabilan likuiditas perusahaan melalui penjualan surat berharga maupun surat utang di IPO atau obligasi. Tambahan modal yang didapat tersebut efektif mempercepat proses pengembangan bisnis perusahaan. Hal ini akan memperluas lapangan kerja dan mempengaruhi perekonomian negara.

  • Fungsi Keuangan

Fungsi kedua, pasar modal berperan sebagai sarana investasi masyarakat umum. Pasar modal memberikan kesempatan bagi perusahaan emiten memperoleh suntikan modal untuk mendukung produktivitas bisnis. Di sisi lain, investor akan memperoleh imbalan sesuai karakteristik investasi yang dipilih.

Manfaat Pasar Modal 

Keberadaan pasar modal memberikan dampak besar bagi kalangan. Setelah mengetahui apa itu pasar modal, berikut sejumlah manfaat pasar modal yang perlu kamu ketahui.

  • Menambah Modal Usaha

Dana yang diinvestasikan oleh investor dapat membantu pengusaha mendapatkan tambahan modal usaha untuk mengembangkan bisnis dan menghasilkan keuntungan berlipat.  

  • Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Pasar modal mampu mendorong peningkatan produksi bisnis. Perusahaan yang berhasil mendapatkan suntikan modal akan lebih cepat bertumbuh sehingga dapat menjaga keberlangsungan bisnis dan bersaing dengan kompetitor.

  • Mendukung Simbiosis Antara Investor Dengan Emiten

Pasar modal mendukung hubungan timbal balik yang menguntungkan antara investor dengan emiten. Pasar modal menjembatani masing-masing pihak yang memiliki keperluan. 

  • Penghasilan Masyarakat Lebih Merata

Aktivitas pasar modal berdampak baik bagi penghasilan masyarakat yang lebih merata. Suntikan modal dari investor bisa meningkatkan keuntungan emiten, sedangkan investor bisa mendapatkan passive income bagi hasil modal. Masyarakat juga bisa mendapatkan pekerjaan sehingga mampu menghasilkan pendapatan tetap. 

  • Mencetak Lebih Banyak Tenaga Kerja

Selain meningkatkan produktivitas, suntikan modal yang didapat perusahaan bisa digunakan untuk memperluas ekspansi bisnis. Ketika bisnis makin berkembang pesat, tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dan secara tidak langsung telah membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran.

  • Meningkatkan Pendapatan Pajak

Kegiatan pasar modal juga efektif meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal ini menguntungkan pemerintah karena pemasukan di sektor pajak akan meningkat.

  • Memajukan Ekonomi Negara

Keberadaan pasar modal memberikan kontribusi nyata dalam memajukan perekonomian negara. Dalam aktivitas pasar modal terdapat banyak pihak terlibat yang secara tidak langsung mempengaruhi dan mendorong peningkatan ekonomi negara.

Jenis Pasar Modal 

Pasar modal dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan fungsinya, yakni:

  • Primary Market

Primary market adalah pasar yang memperdagangkan saham atau sekuritas untuk pertama kalinya. Penawaran saham dari emiten ke investor dilakukan selama waktu yang ditetapkan sebelum kemudian dipasarkan di secondary market

  • Secondary Market

Perdagangan saham yang dilakukan setelah melewati waktu penawaran di primary market

  • Third Market

Tempat memperdagangkan saham atau sekuritas di luar bursa. Bursa paralel adalah sistem perdagangan efek terorganisasi dalam bentuk pasar sekunder yang diatur serta dilaksanakan di luar bursa efek resmi oleh Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan.

  • Fourth Market

Bentuk perdagangan efek dengan mengalihkan saham dari pemegang saham yang satu ke lainnya tanpa perantara perdagangan efek.

Pasar modal terdiri dari banyak instrumen yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Adapun pilihannya, sebagai berikut.

  • Saham
apa-itu-pasar-modal

Saham merupakan instrumen pasar modal yang diminati calon investor. Saham adalah surat berharga yang diterbitkan secara sah oleh emiten sebagai bukti kepemilikan. Sebagai investor, kamu akan memperoleh imbal hasil yang dinamakan sebagai dividen.

  • Obligasi

Obligasi atau surat utang adalah produk pasar modal yang tak kalah diminati. Obligasi biasanya disertai dengan perjanjian pembayaran pokok utang beserta bunganya. Penerbitan obligasi biasanya dilakukan oleh pemilik perusahaan untuk diberikan ke pihak investor. 

  • Reksa Dana

Reksa dana merupakan pilihan tepat bagi investor pemula. Instrumen ini memberikan kemudahan pengelolaan portofolio efek yang dilakukan oleh Manajer Investasi profesional. Sebagai investor, kamu hanya perlu menyetor modal. Tak perlu cemas, sebab pengelolaan reksa dana dilakukan secara transparan dan tepat agar menghasilkan return maksimal.

  • Surat Berharga EFT

Surat berharga EFT hampir mirip dengan reksa dana. Bedanya, surat berharga EFT menerapkan sistem pengumpulan dana kolektif yang kemudian dikelola ahli profesional. Surat berharga EFT bisa diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. 

  • Saham Derivatif

Barangkali saham derivatif tak sepopuler instrumen lainnya. Saham derivatif merupakan turunan dari saham yang terbagi dua jenis, yakni right dan warrant. Meskipun saham derivatif berbentuk menyerupai surat berharga, mekanismenya berbeda dengan saham pada umumnya.

Demikianlah informasi mengenai apa itu pasar modal lengkap dengan fungsi dan jenisnya. Kamu pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!