Mengenal Apa Itu Administrasi Bisnis dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

apa itu administrasi bisnis

Pelaku usaha wajib tahu apa itu administrasi bisnis. Terlihat sepele, tetapi manfaat serta perannya bagi perusahaan sangat sentral, lho!

Dalam menjalankan bisnis, kamu tak hanya perlu memikirkan upaya dalam meningkatkan omzet. Namun, kamu juga harus memperhatikan pengelolaan sumber daya yang dimiliki. Untuk meningkatkan proses pengelolaan sumber daya tersebut, kamu harus memahami apa itu administrasi bisnis. 

Pemahaman tentang administrasi dalam bisnis bisa memberikan banyak manfaat. Untuk bisa memahami secara lebih mendalam tentang administrasi bisnis dan manfaatnya, simak ulasan lengkapnya berikut, yuk!

Read More: Pengusaha Harus Tahu, Apa Itu Siklus Bisnis

apa-itu-administrasi-bisnis

1. Apa Itu Administrasi Bisnis

Administrasi merupakan sebuah elemen penting dalam setiap praktik bisnis dan termasuk sebagai kebutuhan wajib. Dalam pengertiannya, administrasi bisnis mempunyai kaitan erat dengan aktivitas pelayanan, pengaturan, serta pengarahan berbagai jenis kegiatan perusahaan. 

Dalam sebuah perusahaan, kegiatan administrasi mencakup banyak hal. Anda perlu menerapkannya dalam manajemen operasional bisnis, proses pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya manusia, dan banyak lagi yang lain. 

2. Manfaat Administrasi Bisnis Bagi Perusahaan

Lewat pemahaman apa itu administrasi bisnis dan melakukan penerapannya secara benar, kamu bisa memperoleh beragam manfaat. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

Mengetahui Performa Bisnis Perusahaan

Proses administrasi dalam bisnis bisa membantu kamu dalam memperoleh gambaran secara jelas tentang kinerja perusahaan. Kamu bisa mengetahuinya secara gamblang dalam bentuk data. Salah satu contohnya adalah data terkait laba perusahaan. 

Berkat adanya proses administrasi yang baik, perusahaan bisa memperoleh catatan laba bisnis dengan detail. Kamu bisa menghitung laba tersebut berkat adanya catatan penjualan serta pembelian yang lengkap. 

Meminimalkan Risiko Kerugian

Risiko terjadinya kerugian dalam bisnis bisa terjadi karena berbagai penyebab, termasuk di antaranya adalah kelalaian manusia. Salah satu contohnya adalah kesalahan dalam menetapkan harga jual produk. Jenis kesalahan seperti ini bisa saja terjadi kalau kamu tak mempunyai sistem administrasi yang baik. 

Situasinya bakal berbeda ketika kamu melakukan pencatatan setiap data dengan rinci dan detail. Kamu bisa meminimalkan risiko terjadinya human error yang dapat berdampak pada kerugian bisnis.

Data Penting dalam Upaya Memonitor Pengembangan Bisnis

Setiap pebisnis tentu ingin usahanya berkembang secara positif setiap waktu. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pemantauan kinerja bisnis perusahaan secara berkala. Salah satu bentuk pemantauan tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah lewat pemahaman apa itu administrasi bisnis yang baik. 

Kamu akan melakukan pencatatan data secara berkala sebagai penerapan sistem administrasi bisnis. Berkat adanya data tersebut, kamu bisa mengetahui performa bisnis dan membandingkannya dengan periode sebelumnya dengan mudah. Dari situ, kamu bisa mengetahui apakah bisnis mengalami peningkatan atau penurunan performa. 

Bantu Investor dalam Menilai Kinerja Perusahaan

Terakhir, pemahaman tentang apa itu administrasi bisnis bisa membantu perusahaan dalam memperoleh suntikan modal dari investor dengan lebih mudah. Kemudahan ini bisa kamu dapatkan karena investor dapat mengetahui nilai serta performa bisnis perusahaan secara jelas lewat data yang disampaikan. 

Tak hanya itu, data yang kamu miliki berkat penerapan sistem administrasi yang baik juga memberikan kesan positif di mata investor. Keberadaannya menjadi bukti bahwa kamu menjalankan perusahaan dengan baik. Oleh karena itu, tak heran kalau investor akan menaruh kepercayaan lebih ketika ingin menanamkan modal. 

3. Peran Administrasi Bisnis

Selain menawarkan beragam manfaat positif untuk bisnis, administrasi bisnis juga mempunyai banyak peran penting bagi perusahaan, meliputi: 

Bagian dari Aset Perusahaan

Aset perusahaan bukan hanya benda yang bersifat fisik. Namun, kamu juga bisa menemukan keberadaan aset yang tak berwujud. Sistem administrasi bisnis yang baik termasuk salah satu contoh aset tak berwujud tersebut. 

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa sistem administrasi dapat menjadi sebuah aset perusahaan? Hal ini tak lepas dari manfaatnya yang membantu perusahaan dalam memperlancar aktivitas bisnis. Tata kelola administrasi yang baik, dapat mendorong perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis.

Meningkatkan Kelancaran Operasional Bisnis

Peran selanjutnya adalah sebagai faktor penting yang dapat mendorong kelancaran operasional bisnis perusahaan. Apalagi, hampir segala jenis kegiatan perusahaan memerlukan adanya penyelesaian berbagai aspek yang sifatnya administratif. Kalau kamu tak berhasil menyelesaikannya, akan terjadi gangguan pada operasional bisnis. 

Salah satu contohnya adalah ketika kamu tak menjalankan sistem administrasi karyawan dengan baik. Alhasil, terjadi kesalahan yang berkaitan dengan pembayaran gaji. Pada situasi tersebut, para karyawan akan mempunyai rasa tidak puas pada kebijakan perusahaan. Ketidakpuasan tersebut selanjutnya bisa berdampak pada performa kerja mereka. 

Contoh lainnya adalah penerapan sistem administrasi dalam manajemen operasional bisnis. Di situ, perusahaan perlu melakukan beragam aktivitas seperti penyusunan rencana kapasitas produksi, analisis, serta peningkatan kualitas. Di situ, kamu bisa menerapkan administrasi yang membantu karyawan dalam mempelajari teknik serta pengoperasian alat. 

apa-itu-administrasi-bisnis

Ahli Pembukuan

Selanjutnya, sistem administrasi bisnis dapat berperan sebagai ahli pembukuan. Dalam praktiknya secara ideal, ahli pembukuan mempunyai tugas penting dalam melakukan pencatatan transaksi harian secara detail dan akurat. Catatan transaksi tersebut meliputi berbagai aktivitas, seperti penjualan, pembelian, pemasukan, ataupun pengeluaran. 

Berkat peran sistem administrasi sebagai ahli pembukuan, perusahaan bisa memonitor kondisi keuangan secara berkala. Kalaupun muncul sebuah permasalahan terkait keuangan, kamu bisa melakukan pengecekan pada pembukuan tersebut. Selanjutnya, kamu dapat melaksanakan kebijakan secara tepat berdasarkan hasil pengecekan. 

Penentu Strategi Bisnis Perusahaan

Keberadaan sistem administrasi bisnis dapat pula menjadi peran dalam proses pengambilan keputusan perusahaan. Berkat data-data yang dikumpulkan dari aktivitas administrasi, perusahaan bisa melakukan pengambilan keputusan secara objektif. 

Dalam sudut pandang yang lebih luas, pemahaman tentang apa itu administrasi bisnis dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis. Bantuan tersebut bisa berupa kemudahan perusahaan dalam menentukan strategi dengan memperhatikan kondisi aktual bisnis. 

Bagian dari Sistem Pelaporan

Peran terakhir yang perlu kamu ketahui dari adanya proses administrasi dalam bisnis adalah menunjang aktivitas pelaporan. Dalam pelaksanaannya, aktivitas administrasi mencakup beragam jenis kegiatan, termasuk di antaranya adalah, menyusun pembukuan ringan, pencatatan, mengetik, menyusun agenda, kegiatan ketatausahaan, dan lain sebagainya. 

Dengan menerapkan sistem administrasi yang baik, kamu bisa menyusun skema pelaporan bisnis yang bagus. Keberadaannya dapat menunjang aktivitas bisnis perusahaan menjadi lebih maju. 

Setelah memahami apa itu sistem administrasi bisnis dan manfaat serta perannya, kamu pasti berpikir kalau penerapannya dalam bisnis bersifat wajib. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Langkah paling penting yang perlu kamu lakukan adalah dengan menggunakan sistem yang memberi dukungan dalam penerapannya. 

Salah satu sistem yang sanggup memberi dukungan dalam implementasi sistem administrasi bisnis adalah DOKU. Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!