Apa Itu Wirausaha? Simak Pengertian, Karakteristik Serta Cara Menjadi Wirausahawan

Apa itu wirausaha

Pengertian dan Karakteristik WIrausaha – Di tengah teknologi yang serba canggih, ada banyak sumber daya yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi seorang wirausahawan. Mulai dari situs e-commerce, tools atau software pembukuan bisnis hingga platform crowdfunding untuk permodalan, semua bisa kamu dapatkan. Tapi sebelum benar-benar terjun, kamu tentu harus memahami betul apa itu wirausaha.

Kewirausahaan atau entrepreneurship bukan hanya tentang memiliki ide bisnis yang brilian saja. Ada banyak hal yang perlu diketahui oleh seorang calon entrepreneur termasuk karakteristik wirausaha. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap dalam artikel ini!

Read more: Bingung dengan Cara Mendapatkan Modal Usaha? Simak 7 Tipsnya!

Pengertian dan Karakteristik Wirausaha

1. Pengertian Wirausaha

Apa itu wirausaha? Wirausaha atau kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengembangkan, mengatur serta menjalankan bisis baru untuk menghasilkan profil sekaligus mengambil risiko keuangan di masa depan. 

Dalam artian yang lebih luas, aktivitas wirausaha merupakan sebuah proses memecahkan masalah yang paling mendesak di tengah masyarakat. Caranya seringkali dengan memperkenalkan sebuah produk atau layanan inovatif atau bisa juga dengan menciptakan peluang pasar baru.

Dalam ilmu ekonomi, kewirausahaan berhubungan dengan lahan, tenaga kerja, sumber daya alam serta modal yang bisa menghasilkan keuntungan. Visi kewirausahaan bisa ditentukan oleh penemuan dan pengambilan risiko. Kewirausahaan juga merupakan bagian tak terpisahkan dari kapasitas suatu bangsa untuk berhasil di pasar global yang selalu berubah dan semakin kompetitif dari waktu ke waktu.

Lalu, apa itu wirausahawan? Wirausahawan adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha. Wirausahawan atau pengusaha bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki ide dan bekerja untuk menciptakan sebuah produk atau layanan yang akan dibeli oleh pasar. Wirausahawan mengambil sebagian besar risiko dan inisiatif untuk bisnis baru mereka. Mereka juga sering dipandang sebagai visioner atau inovator.

Wirausahawan bisa muncul dalam berbagai sosok, Mereka termasuk pemilik usaha kecil (UMKM), konten kreator, pendiri startup dan siapa saja yang memiliki ambisi untuk membangun bisnis dan bekerja untuk diri mereka sendiri.

2. Karakteristik Wirausaha

Setelah mengetahui apa itu wirausaha, hal berikutnya yang perlu kamu pahami adalah karakteristik wirausaha. Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, berikut karakteristik yang perlu kamu miliki!

1. Kedisiplinan

Kualitas nomor satu dari seorang wirausahawan adalah kedisiplinan diri. Artinya, kamu harus siap untuk bekerja meski kamu tidak menginginkannya. Kamu memiliki pekerjaan harian yang harus diselesaikan selama tenggat waktu tertentu. Artinya, kamu butuh motivasi untuk bangun pagi atau tidur larut malam untuk memulai usahamu sendiri.

2. Rasa Ingin tahu

Pengusaha terbaik selalu berusaha belajar hal-hal baru. Mereka mengajukan banyak pertanyaan dan mencari peluang untuk mengembangkan diri dan bisnis mereka. 

3. Kreatif

Kreativitas ibarat sebuah api pemantik yang mengobarkan kesuksesan banyak startup di berbagai belahan dunia. Kreativitas merupakan sebuah keterampilan yang bisa dikembangkan oleh semua orang. Wirausahawan selalu mencari cara kreatif untuk memecahkan masalah atau memberikan layanan, kadang dengan sumber daya yang serba terbatas. Mereka juga kerap mencari inspirasi di berbagai tempat.

Temukan apa yang bisa memberimu ide dan gunakan itu sebagai bahan bakar. Untuk memupuk keterampilan ini, lakukan berbagai aktivitas yang bisa mendukung kreativitasmu. Mungkin dengan mendengarkan musik, bermeditasi atau bertemu dengan orang-orang baru.

4. Berani Mencoba Hal-hal Baru

Eksperimen dan keberanian mengambil risiko merupakan pola pikir yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Bersiaplah untuk mencoba hal-hal baru dan bersiaplah untuk melihatnya gagal. Tapi, tidak perlu putus asa sebab kegagalan adalah kesempatan untuk belajar dan meng-upgrade ide-ide yang kamu punya.

Meski begitu, tetap rencanakan eksperimenmu dengan hati-hati agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan cepat. Coba tunjukkan produkmu pada orang-orang terdekat yang bisa kamu percaya, baca riset pasar dan lihat apakah ada permintaan yang cukup memadai untuk produkmu itu. 

Update selalu berita terbaru seputar industri yang kamu geluti. Dengan cara ini, kamu bisa mengambil risiko yang diperhitungkan, bukan sekadar ambil risiko saja tanpa dapat keuntungan apa-apa.

5. Kejujuran

Di dunia bisnis, kamu adalah apa yang kamu katakan. Kejujuran dan integritas adalah karakteristik penting bagi setiap pemimpin. Dengan menjadi pribadi yang jujur kamu akan:

  • Memiliki reputasi sebagai komunikator yang andal dan jujur
  • Karyawanmu agan menghargai kepemimpinanmu
  • Klien bisa tahu bahwa kamu adalah orang yang menepati janji
  • Orang akan bersedia meminjamkan uangnya untuk mendukung ide-ide terbarumu
  • Kamu akan mendapatkan dukungan dari komunitas selama melewati masa-masa sulit.

6. Memiliki Rencana

Sehebat apapun visimu, tanpa rencana yang detail maka akan sulit mencapainya. Kamu harus bisa melihat jauh ke depan dengan rencana cadangan untuk menghadapi situasi tak terduga. Rencana yang baik bisa kamu susun dengan menggunakan metode SMART. Metode ini dapat dipakai untuk menetapkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. SMART sendiri adalah:

  • S (Specific/Jelas dan Detail). Apa hasil yang kamu harapkan?
  • M (Measurable/Terukur). Bagaimana caranya kamu tahu apakah tujuanmu sudah tercapai
  • A (Achievable/Ketercapaian). Apakah mencapai tujuan tersebut adalah hal yang masuk akal?
  • R (Realistic/Realistis). Bisakah kamu mencapai tujuan tersebut dengan sumber daya yang kamu punya saat ini?
  • T (Time-Bound/Tenggat). Apakah kamu punya tenggat waktu yang jelas untuk semua rencanamu?

3. Cara Menjadi Wirausahawan 

Menjadi seorang wirausahawan memang tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari. Perlu perencanaan yang matang sampai kamu bisa benar-benar meluncurkan produk atau layanan seperti yang kamu harapkan. Setiap orang juga bisa melalui fase yang berbeda-beda. Namun secara umum, ada 7 langkah yang bisa kamu jadikan pedoman untuk memulai bisnis sendiri. Apa saja?

  • Temukan ide bisnis yang menguntungkan. Ingat bahwa ide yang bagus saja tidak cukup. Kamu perlu memastikan apakah ide itu bisa memberimu keuntungan dalam jangka panjang
  • Kembangkan produkmu. Setelah memutuskan apa yang ingin kamu jual, kembangkan produkmu. Bisa dengan membuat prototipe dan meminta orang mencobanya sebelum merilisnya ke pasaran
  • Lakukan validasi produk. Proses ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk yang kamu jual benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan atau tidak. Kamu bisa melakukannya dengan penjualan tahap awal dengan produk terbatas
  • Tulis rencana bisnismu. Di dalamnya mencakup berbagai informasi termasuk target pasar, model bisnis hingga strategi pemasaran yang akan dijalankan
  • Temukan permodalan yang kamu butuhkan. Ada berbagai cara mendapatkan modal untuk usaha mulai dari modal pribadi, pinjaman dari keluarga dan teman dekat, pinjaman dari bank dan koperasi hingga pinjaman online
  • Luncurkan bisnismu
  • Kelola bisnismu dan tetap belajar untuk mengembangkan apa yang sudah kamu lakukan.

Setelah mengetahui apa itu wirausaha, karakteristik wirausaha serta hal-hal apa yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang wirausahawan, saatnya untuk mulai melangkah. Temukan ide bisnis terbaik dan raih kesuksesan yang kamu impikan.  Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!