10 Benda yang Wajib Ada di Setiap Usaha Fotocopy

usaha fotocopy

Jasa fotocopy sangat dibutuhkan setiap kalangan masyarakat untuk berbagai urusan administrasi. Karena pentingnya jasa tersebut, usaha fotocopy sangat mudah ditemukan di mana saja, khususnya di area perkantoran, kampus, atau rumah sakit.

Karena memiliki permintaan yang tinggi, membuka jasa fotocopy dianggap sebagai usaha yang menarik untuk dijalankan. Maka dari itu, inilah barang-barang yang wajib kamu miliki agar bisnis fotocopy milikmu dapat berjalan lancar. Yuk, disimak!

1. Mesin Fotocopy

Tentunya, barang pertama yang wajib dimiliki untuk membuka usaha fotokopi adalah mesin fotocopy. Harga mesin fotocopy sendiri bervariasi dari belasan hingga puluhan juta rupiah. Jika kamu baru memulai usaha tersebut, memiliki satu hingga tiga mesin saja sudah cukup. Bila usahamu sudah berkembang, jumlah tersebut bisa ditingkatkan.

usaha-fotocopy

Selain jumlahnya, pemilihan mesin juga penting agar tidak membuat pengeluaranmu membengkak. Disarankan untuk memilih mesin fotocopy yang sudah banyak digunakan pelaku usaha lainnya guna mempermudah perawatan mesin.

Utamakan fungsi dasar dan ketahanan dari mesin fotocopy jika anggaran usaha terbatas. Namun, mesin yang menawarkan fitur lengkap tentu akan lebih menguntungkan walaupun dengan harga yang lebih mahal.

2. Komputer

Tidak hanya untuk keperluan penggandaan dokumen, pelanggan juga mencari usaha fotocopy untuk mencetak, mengetik, atau mengedit. Oleh karena itu, perangkat komputer harus ada di tempat usahamu.

Sediakan komputer dengan spesifikasi memadai agar pelanggan dapat menggunakan perangkat dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk memasang berbagai program agar bisa memenuhi beragam kebutuhan pelanggan, seperti misalnya program untuk menyunting gambar.

3. Printer dan Scanner

Mesin fotocopy biasanya memiliki fitur untuk mencetak dokumen. Akan tetapi, fitur tersebut tetap tidak lebih baik dari fitur yang diberikan oleh alat yang dibuat khusus untuk keperluan tersebut.

Tersedianya printer memungkinkan pelaku bisnis fotocopy untuk memberikan jasa pencetakan dengan berbagai opsi warna. Alat tersebut dapat digunakan untuk mencetak beragam keperluan seperti dokumen, foto, stiker, undangan, dan lain-lain.

Pemilihan printer dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Sama seperti mesin fotocopy, pilihlah alat yang sudah banyak digunakan. Beberapa printer hanya dapat digunakan untuk mencetak, tetapi ada juga yang memiliki fitur scanning.

Selain printer, scanner juga menjadi alat yang patut untuk dipertimbangkan. Alat tersebut dapat dipakai untuk kebutuhan pemindaian.

4. Etalase Kaca

Sebuah usaha fotocopy tidaklah lengkap tanpa dibarengi usaha menjual alat tulis kantor. Barang-barang seperti pensil, pulpen, spidol, penghapus, kertas, map, amplop, dan lain sebagainya dapat dipajang dengan rapi di etalase.

Gunakan etalase berbahan kaca agar pelanggan dapat melihat dan memilih barang yang ingin dibeli dengan mudah. Satu buah etalase kaca dapat dibeli dengan harga satu jutaan saja.

Agar tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk etalase, belilah etalase dengan bahan kaca yang kuat dan tebal. Dengan begitu, etalaset akan dapat selalu digunakan dan tidak mudah rusak.

Read More: 7 Tips Memulai Usaha Roti Bakar, Wajib Dicoba!

5. Pemotong dan Pembolong Kertas

Gunting dan cutter dapat digunakan untuk memotong kertas. Kedua alat tersebut wajib dimiliki pelaku usaha fotocopy. Masalahnya, mengandalkan dua alat itu saja tidaklah cukup karena kebutuhan pemotongan kertas dengan jumlah banyak pasti akan ada.

Alat pemotong kertas berukuran besar sangat penting untuk memotong kertas dengan rapi meskipun untuk jumlah kertas yang banyak sekalipun. Hal ini dapat menghemat waktu yang tentunya akan mendatangkan lebih banyak permintaan pelanggan.

Selanjutnya, alat pembolong kertas sederhana juga penting karena cutter atau gunting tidak dapat digunakan untuk membuat lubang dengan rapi. Pembolongan kertas dibutuhkan untuk menyisipkan kertas ke dalam map.

6. Stapler

Stapler merupakan alat sederhana yang digunakan untuk mengaplikasikan staples, yang berfungsi untuk menyatukan lebih dari satu kertas. Ukuran stapler bermacam-macam. Makin besar stapler, lebih banyak kertas yang mampu disatukan.

Untuk dokumen-dokumen pendek seperti tugas kuliah, stapler kecil saja sudah cukup. Akan tetapi, staples berukuran besar diperlukan untuk tugas yang lebih berat seperti skripsi atau buku. Berbagai ukuran stapler harus dimiliki pelaku usaha fotocopy.

7. Mesin Laminating

Dokumen-dokumen penting seperti KTP, SIM, KK, dan lain sebagainya harus disimpan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan melapisi dokumen. Lapisan tersebut dapat diaplikasikan menggunakan mesin laminating.

Orang-orang berasumsi bahwa untuk keperluan laminating, mereka bisa datang ke tempat usaha fotocopy. Itulah mengapa mesin laminating wajib dimiliki seluruh pelaku usaha tersebut.

Selain untuk melapisi kertas, mesin laminating juga dapat digunakan untuk menempelkan foil pada cover untuk penjilidan serta merapikan kembali kertas yang terlipat atau kusut.

8. Alat Jilid

Memiliki alat penjilidan yang lengkap adalah wajib hukumnya untuk setiap pelaku usaha fotocopy. Alat yang dimaksud adalah mesin jilid spiral, yang mana alat ini memiliki dua jenis yaitu mesin spiral plastik dan mesin spiral kawat.

Khusus untuk mesin spiral kawat, terdapat tiga pelubangan yang berbeda yaitu bulat dengan lubang kecil, bulat dengan lubang besar, dan lubang kotak. Jika kamu berniat untuk membeli satu jenis saja, pilih mesin jilid spiral kawat dengan lubang bulat kecil.

Untuk melengkapi mesin jilid spiral, sediakan juga cover jilid dengan berbagai pilihan. Pelanggan biasa meminta penjilidan dengan cover sesuai keinginan, antara hard cover atau soft cover, serta pilihan warna yang bermacam-macam.

9. Meja dan Kursi

usaha-fotocopy

Sediakan meja dan kursi yang memadai untuk memberi kenyamanan kepada pelanggan. Selain itu, kebutuhan meja dan kursi tentunya juga diperlukan oleh para pekerja di toko fotokopimu. Karenanya, carilah perabot meja dan kursi yang sesuai dengan kebutuhan di tempat usaha fotocopy milikmu. 

Sebagai contoh, kamu bisa menyediakan kursi tunggu 3-4 dudukan untuk pelanggan. Jadi, saat pelanggan datang, mereka pun bisa menunggu dengan nyaman di kursi tersebut. 

10. Papan Nama Usaha Fotocopy

Orang-orang akan mendatangi sebuah usaha fotocopy setelah mereka melihat adanya papan nama dari tempat tersebut. Oleh sebab itu, papan nama harus terlihat jelas dari sudut manapun.

Segala jenis papan nama bisa digunakan untuk usahamu, tetapi yang sering digunakan untuk bisnis fotocopy adalah neon box. Papan nama neon box akan mendatangkan banyak pelanggan baru ke tempatmu karena dapat terlihat jelas, bahkan di malam hari.Itu dia berbagai barang yang wajib ada di setiap usaha fotocopy. Persiapkanlah barang-barang tersebut dengan baik untuk memulai usahamu. Jika sudah lancar, kamu bisa menambah barang pendukung lain untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!