7 Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2023

usaha rumahan yang lagi trend

Sebagian besar orang tentu ingin memiliki bisnisnya sendiri. Betapa tidak, dengan menjadi wirausaha, kamu adalah bos pada perusahaan sendiri. Kamu juga bebas untuk libur tanpa harus memikirkan pekerjaan yang masih tertunda. Pun, kamu juga dapat menentukan strategi dan mengambil keputusan terbaik untuk kelangsungan bisnismu.

Sayangnya, tidak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa memulai bisnis harus mempunyai modal yang besar. Kendala lain yang kerap terjadi adalah kurangnya kemauan dan niat dari dalam diri sendiri untuk memulai bisnis tersebut. Padahal, jika digeluti dengan tekun, bisnis rumahan pun dapat membawa untung yang sangat menjanjikan.

Ide Usaha Rumahan yang Trend di Tahun 2023

Sebenarnya, tidak perlu modal yang besar untuk memulai bisnis pertamamu. Ada banyak sekali pilihan bisnis rumahan yang bisa kamu jalankan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sekalipun. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Penasaran apa saja ide usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2023 ini? Langsung saja cek rekomendasinya, yuk!

Asisten virtual

Asisten virtual mempunyai tugas utama membantu para klien menyelesaikan semua pekerjaan mereka dari jarak jauh. Tugas ini misalnya menyusun jadwal, membalas surel, atau melakukan pembukuan. Oleh karena dikerjakan secara remote, umumnya calon klien memiliki profesi sebagai pekerja digital.

Contohnya, pengusaha jasa marketing, pemilik bisnis online, atau seorang blogger. Mungkin terdengar mudah, tetapi bisnis ini sebenarnya butuh keahlian khusus, pertama kamu harus mengetahui kemampuan diri dan berfokus untuk melakukan penawaran pada bidang itu. Kedua, pastikan kamu menguatkan eksistensi diri secara daring. 

Penulis lepas

Selain asisten virtual, usaha rumahan yang lagi trend lainnya adalah menjadi penulis lepas. Berada di era digital seperti saat ini, kamu bisa menawarkan banyak layanan kepenulisan pada klien, yaitu artikel SEO, membuat makalah, copywriting, atau menulis artikel dalam bahasa Inggris. 

usaha-rumahan-yang-lagi-trend

Tema penulisan sendiri juga sangat banyak, mulai dari kuliner, traveling, review produk, finansial, ekonomi, properti, hingga game atau teknologi. Jika kamu sudah menemukan tema yang kamu suka, cukup berfokus dan asah keterampilan kamu agar dapat membuat tulisan yang menarik.

Read More: 7 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Beserta Analisisnya

Penerjemah

Suka menulis tetapi bukan menulis buku atau artikel? Ada lagi peluang usaha lain yang bisa kamu coba, yaitu penerjemah. Cakupan pekerjaan ini sangat luas, ada penerjemah artikel, ulasan atau review, buku, naskah, makalah, surat-surat bisnis, hingga menerjemahkan subtitle film. 

Namun, supaya bisa menjadi penerjemah yang mumpuni, kamu sebaiknya memahami kemampuan bahasa asing dengan baik. Jika memang bisa, perdalam satu bahasa terlebih dahulu, entah itu bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Inggris, dan lainnya. Lebih baik lagi kalau kamu mempunyai sertifikasi bahasa tertentu, seperti IELTS untuk bahasa Inggris.

Ikut program afiliasi

Ikut dalam program afiliasi juga menjadi usaha rumahan yang sedang trend sampai sekarang. Kalau belum tahu, afiliasi adalah suatu program yang membuat kamu bisa mendapatkan komisi jika berhasil membuat calon pelanggan memakai atau membeli sebuah produk. Nominal komisinya juga bergantung pada bisnis yang kamu ikuti. 

Caranya cukup mudah, kamu akan diberikan sarana promosi oleh pihak penyedia program, misalnya berupa kode kupon atau tautan yang unik. Kamu hanya perlu mempromosikannya melalui platform sosial media, website, atau kanal YouTube. Semakin banyak klik dan orang yang memakai produk tersebut, semakin besar pula komisi yang kamu dapatkan. 

Jasa laundry

Punya anggaran yang cukup besar sebagai modal bisnis? Coba pertimbangkan untuk membuka jasa laundry kiloan. Jika kamu tinggal di lokasi yang sibuk, seperti kos, apartemen dan dekat dengan kantor, bisnis satu ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar. 

usaha-rumahan-yang-lagi-trend

Sebab, masyarakat yang mendiami lokasi ini terkadang memang sangat sibuk, sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Agar bisnis ini semakin laris, kamu bisa menggaet pelanggan dengan memberikan penawaran menarik, seperti promo langganan, potongan harga untuk pelanggan baru, atau bentuk promosi lainnya. 

Content creator

Content creator sepertinya menjadi salah satu profesi yang sedang sangat populer beberapa waktu terakhir ini, ya? Sesuai dengan namanya, seorang content creator memiliki tugas utama untuk membuat konten, seringnya adalah konten video untuk banyak tujuan, tak terkecuali promosi bisnis. 

Supaya bisa menjadi content creator handal, kamu tidak perlu menjadi seorang influencer. Ada cara yang lebih mudah, yaitu menjalin relasi atau kerja sama dengan suatu perusahaan yang sedang memerlukan konten untuk keperluan promosi. Contoh mudahnya adalah kamu menjadi talent untuk membuat sebuah video produk yang diunggah pada akun TikTok perusahaan. 

Namun, tidak hanya membuat video, sebagai pembuat konten, kamu juga bisa berfokus pada aspek menulis. Misalnya, kamu bisa menjadi penulis lepas pada blog website perusahaan untuk membantu menaikkan traffic situs tersebut. 

Jasa desain grafis lepas

Ide usaha rumahan yang lagi trend terakhir adalah membuka jasa desain grafis lepas. Sama halnya dengan konten, kebutuhan akan desain yang menarik untuk website maupun akun sosial media semakin meningkat dengan terus bertambahnya user media sosial di seluruh dunia.

Supaya bisa mendapatkan untung besar dalam bidang ini, kamu tidak hanya harus kreatif. Tentunya, memiliki keahlian ilustrasi akan menjadi nilai lebih. Jangan lupa, rapikan portofolio desain yang pernah kamu buat untuk menarik minat pelanggan. Saat ini, perusahaan sedang banyak membutuhkan tenaga desain grafis lepas dengan bayaran yang cukup besar, lho!

Itu tadi beberapa rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend yang bisa kamu coba. Siapa tahu, salah satunya bisa membawa keuntungan finansial buat kamu untuk tambahan uang kuliah, atau uang saku. Agar transaksi saat berbisnis lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan dari DOKU.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!