13 Usaha Sampingan Karyawan, Makin Sibuk makin Cuan

usaha sampingan karyawan

Menikmati waktu luang setelah bekerja itu memang mengasyikkan, tetapi kalau bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan, kenapa nggak? Ya, usaha sampingan karyawan bisa jadi solusi buat kamu yang mau punya penghasilan tambahan. Mulai dari yang modal kecil dengan potensi keuntungan besar, sampai yang modal besar tetapi pasti menguntungkan.

Kamu bebas memilih yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan, kok. Namun, jangan lupa juga untuk memantau potensi pasar dan prospek ke depannya. Apa saja usaha sampingan yang bisa kamu jalani? Ini dia beberapa rekomendasinya:

Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan

1. Rental Alat-alat Elektronik

Rental alat-alat elektronik bisa jadi pilihan usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Alat-alat elektronik yang disewakan bisa berupa genset, kamera, drone, PC, laptop, printer,  proyektor, dan peralatan lainnya. 

Bila kamu punya koneksi di komunitas terkait atau memiliki pengetahuan tentang peralatan elektronik, peluang usaha ini pas banget buat kamu. Namun ingat, seperti bisnis lainnya, rental alat-alat elektronik juga memerlukan modal awal, perawatan, dan pengelolaan yang baik.

2. Rental Kendaraan

usaha-sampingan-karyawan

Daripada kendaraan pribadi di rumah menganggur, lebih baik dimanfaatkan untuk membuka bisnis rental kendaraan. Meski hanya satu atau dua unit, peluang usaha ini bisa memberi cuan yang lumayan. 

Untuk sewa mobil, kamu bisa menerapkan dua cara, yakni dengan sopir dan lepas kunci alias tanpa sopir. Ini tips agar transaksi bisa aman dan nyaman untuk kamu dan penyewa:

  • Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan bersih.
  • Mintalah identitas lengkap penyewa termasuk nomor telepon yang aktif dan mudah dihubungi.

3. Online Driver

Driver online, usaha sampingan karyawan yang satu ini bisa kamu jalani sambil pergi atau pulang kerja. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan waktu senggang di luar jam kerja reguler seperti setelah pulang kerja atau saat libur di kala weekend

4. Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi adalah salah satu opsi usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh karyawan. Kamu akan bekerja sebagai perantara antara perusahaan asuransi dan konsumen, membantu konsumen memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memproses pendaftarannya.

Sebagai agen asuransi, kamu bertanggung jawab menjaga hubungan baik dengan konsumen dan memberikan pelayanan purna jual kepada mereka. Ingin terjun di bisnis agen asuransi? Pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk asuransi terkait dan pasarnya. Kamu juga harus pandai berkomunikasi demi bisa menjual produk. 

5. Freelancer

Kalau merasa kapasitasmu masih cukup mengerjakan hal lain selain tugas kantor, nggak ada salahnya menjadi freelancer atau pekerja lepas. Apalagi ada banyak portal lowongan kerja untuk freelancer yang bisa kamu pantau setiap saat. 

Sebagai contoh, bila kamu terbiasa mendesain, maka menjadi desainer lepas adalah opsi usaha sampingan karyawan yang paling pas. Nggak hanya desain grafis, kamu bisa menjadi penulis lepas, digital marketer, admin media sosial, voice over talent, editor video, dan lain-lain.

6. Content Creator

Kamu adalah orang yang senang berbagi pengalaman atau berbicara di depan banyak orang? Manfaatkan kesenangan ini sebagai sumber penghasilan tambahan dengan menjadi kreator konten.

Kedengarannya mudah, tetapi usaha sampingan karyawan menjadi content creator perlu kreativitas tinggi, lo. Kamu harus bisa menyajikan konten yang nggak hanya menarik dan menghibur, tetapi juga berkualitas dan mengedukasi.

7. Dropship atau Reseller

Berjualan adalah passion-mu? Yuk jadi reseller atau dropshipper. Sudah tahu perbedaan keduanya? Sebagai informasi, perbedaan reseller dengan dropship adalah sebagai berikut:

  • Reseller butuh modal awal untuk membeli dan menyetok barang dari supplier, sedangkan dropshipper nggak perlu menyetok barang.
  • Reseller bertanggung jawab atas barang dagangan, mulai dari menyetok, mengelola, mengemas, mengirimkan, hingga meng-handle komplain. 
  • Dropshipper hanya bertugas mempromosikan dan menjual produk. Urusan lain akan dikerjakan oleh supplier

8. Jasa Voice Over

Usaha sampingan karyawan satu ini terbilang cukup unik. Jasa voice over (VO) biasanya dibutuhkan untuk konten video, iklan, animasi, rekaman, atau radio. Sebenarnya, semua orang dapat menjadi VO talent melalui pelatihan. Bila kamu tertarik, ini dia tips memulai jasa VO:

  • Mempelajari teknik VO dan secara rutin melatihnya.
  • Membeli software editing dan perekam suara agar suara yang dihasilkan jernih.
  • Bergabung dengan komunitas VO dan perluas jaringan.
  • Rajin mencari informasi lowongan VO di berbagai portal online.

9. Game Streamer

Kamu hobi bermain game online dan suka berbagi kesenangan dengan orang lain? Menjadi seorang game streamer sepertinya bisa jadi pilihan menyenangkan sekaligus menguntungkan untukmu.

Penghasilan yang didapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jumlah pengikut, jumlah jam yang dihabiskan untuk streaming, serta jumlah pendapatan dari iklan, monetisasi subscription dan donasi. 

Read More: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Minim Modal

10. Jualan Kopi Racikan

Nggak harus membuka warung kopi untuk bisa menjual kopi racikan. Kamu juga bisa mempromosikannya ke orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti rekan kerja, sahabat, atau kerabat.

Lakukanlah riset dan eksperimen demi mendapat hasil racikan kopi yang benar-benar lezat. Bila perlu, ikuti kursus atau pelatihan barista untuk memahami cara memilih biji kopi dan meraciknya dengan benar.

11. Bisnis Bibit dan Tanaman Hias

Lihat yang hijau-hijau setelah seharian bekerja, rasanya bisa jadi healing yang menyenangkan. Nah, kalau kamu punya hobi yang berkaitan dengan gardening, ini bisa jadi peluang  usaha sampingan karyawan yang mengasyikkan.

Modal yang dibutuhkan relatif kecil dan ada banyak jenis bibit dan tanaman hias yang bisa dijual, seperti tanaman bunga, sayuran, ataupun pohon. Nggak hanya itu, kamu juga boleh menjual produk-produk yang berkaitan dengan tanaman seperti pot, pupuk, dan alat-alat pendukungnya. Pastikan kamu punya pengetahuan yang cukup tentang jenis-jenis tanaman dan cara merawatnya, ya.

12. Menjual Karya Foto Online

Punya banyak stok foto bagus? Jual saja di internet. Beberapa situs seperti Shutterstock dan iStockPhoto dapat digunakan untuk memulai usaha ini. Umumnya, situs-situs tersebut menawarkan mata uang dolar untuk pembayarannya. Jadi, penghasilanmu nanti bisa beragam, tergantung pada nilai tukar dolar saat itu.

usaha-sampingan-karyawan

Caranya adalah kunjungi situs terkait, buat atau daftar akun baru, lalu lakukan verifikasi yang diperlukan. Setelah proses verifikasi sukses, kamu bisa mulai menjual karya foto kamu. 

13. Jastip (Jasa Titip)

Satu lagi usaha sampingan karyawan yang bisa kamu pilih, yakni membuka jastip alias jasa titip. Apalagi bila kamu sering travelling atau jalan-jalan ke luar kota ataupun luar negeri. 

Cara membuka jastip adalah dengan menawarkan berbagai produk yang ada pada tempat tujuan kamu, bisa berupa produk fashion, kosmetik, skincare, kuliner, dan lain-lain yang sekiranya bisa menguntungkan. Kemudian, bila ada yang tertarik menggunakan jastip kamu, informasikan harga barang dan biaya jastip kepadanya.

Itulah 13 rekomendasi dan inspirasi usaha sampingan karyawan yang bisa dijalani di luar jam kerja reguler. Ingat, jangan memaksakan diri bila beban pekerjaan kantor sudah terlalu banyak. Sesuaikan sebaik mungkin jadwal kerja dan bisnis agar keduanya bisa berjalan dengan baik.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!