Keunikan Brand Minuman Kekinian, Pelajari Untuk Bisnismu

brand minuman kekinian

Selama beberapa tahun terakhir, minuman jadi bagian dari bisnis F&B yang banyak dilirik dan mendulang sukses di pasar. Berbagai brand minuman kekinian baik yang asli Indonesia maupun luar negeri makin menjamur dan mudah ditemui di berbagai kota.

Namun, dari sekian banyak bisnis minuman kekinian yang muncul, tidak semua berhasil bertahan lama. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, umumnya keunikan. Tidak sedikit bisnis minuman kekinian yang hanya mengandalkan tren tanpa benar-benar memperhatikan kualitas, konsistensi, dan keunikan produk.

Karena itu, kalau kamu tertarik untuk berbisnis minuman kekinian, berikut adalah beberapa brand minuman kekinian yang bisa kamu jadikan referensi lewat keunikan dan faktor sukses mereka.

Read More: 7 Ide Bisnis Tak Kenal Musim, Laris Sepanjang Tahun

1. Chatime 

Chatime adalah minuman kekinian yang paling populer di Indonesia. Brand ini berasal dari Taiwan dengan sajian utamanya berupa aneka brewed tea khas Taiwan. Brewed tea ini pun memiliki hingga 50 variasi sehingga konsumen punya banyak pilihan yang terdiri dari enam kategori: signature milk tea, smoothies, tearrific, coffee and latte, tea presso, dan mood refresh.

Keunikan utama Chatime ada pada teh yang digunakan. Cairan teh Chatime meninggalkan kesan sepat di lidah sehingga kamu masih bisa merasakan sensasi tehnya alih-alih hanya manisnya gula. Selain itu, bubble sebagai salah satu topping favorit, punya ukuran yang cenderung lebih besar dibandingkan bubble boba pada umumnya dan kenyal saat dikunyah.

Ada lebih dari 350 gerai Chatime yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kebanyakan berada di kota-kota besar, tetapi Chatime juga mulai mudah ditemukan di beberapa kota berkembang terutama di pusat perbelanjaan populer.

2. Esteh Indonesia 

Esteh Indonesia termasuk brand minuman kekinian yang terbilang baru. Di antara banyaknya minuman kekinian yang menggunakan kopi atau susu, Esteh Indonesia menggunakan teh sebagai bahan utama sajiannya.

Keunikan lain brand ini adalah pada kesederhanaannya. Namanya sangat mudah untuk diingat dan bahkan cukup relate dengan minuman es teh yang memang seolah menjadi minuman sehari-hari masyarakat Indonesia. Ide bisnis ini bahkan muncul dari observasi founder soal kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi es teh.

Esteh Indonesia punya sekitar 20-an variasi. Harganya pun terbilang cukup terjangkau dengan volume minuman yang banyak sehingga konsumen pun jadi makin jatuh hati dengan brand ini.

3. Kopi Kenangan 

Dari namanya saja, brand ini sudah cukup unik dan cukup relate dengan target pasar kelompok usia muda yang menyukai kopi dan seolah identik dengan kegalauan. Bahkan nama variasi sajiannya juga identik dengan suasana melankolis khas anak muda.

Kopi Kenangan juga merupakan minuman kekinian asal Indonesia. Hebatnya lagi, Kopi Kenangan yang mempunyai gerai lebih dari 500 di Indonesia pun berekspansi ke luar negeri, dimulai dari Malaysia.

Terlepas dari namanya yang sangat unik, Kopi Kenangan juga memperhatikan betul kualitas produk yang ditawarkan, baik minuman berbasis kopi maupun non-kopi. Brand ini juga memperhatikan store experience dan aplikasi mobile khusus.

4. Xi Bo Ba 

Salted caramel adalah salah satu varian rasa yang paling populer dalam minuman kekinian. Dari sekian banyak brand yang menawarkan varian ini, Xi Boba boleh dibilang merupakan salah satu yang paling berhasil dan banyak dicari.

Meski namanya cenderung asing, Xi Bo Ba ternyata brand asal Indonesia. Hanya saja, cita rasa yang disajikan mengadopsi dari Taiwan. Adapun bahan utama ini merupakan teh yang dipadukan dengan beberapa bahan lain seperti susu dan beberapa toping seperti boba.

Alasan lain mengapa Xi Bo Ba cukup berhasil adalah karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Kamu bisa mendapati Xi Bo Ba di berbagai tempat, termasuk di gerai stand alone yang berada di sekitar pusat keramaian.

5. Tea Break 

Boleh dibilang inilah brand minuman kekinian yang dapat kamu bandrol dengan harga sangat murah. Maka dari itu, tak heran jika antrean Tea Break cenderung selalu panjang dan mudah ditemukan di berbagai lokasi.

Tea Break adalah minuman jenis thai tea dengan berbagai tambahan topping agar lebih seru dan nikmat saat dinikmati, seperti boba, cincau, puding, dan lain sebagainya. Dengan harga mulai Rp10 ribuan, Tea Break tetap menyajikan segelas thai tea dengan volume yang sangat cukup.

Brand ini punya beberapa variasi produk. Selain berbahan dasar teh dan susu, Tea Break juga punya sajian minuman panas yang tak kalah nikmat terutama dinikmati saat cuaca sedang dingin.

6. Dum Dum 

Brand minuman kekinian ini juga merupakan salah satu pelopor di Indonesia terutama untuk sajian thai tea. Berasal dari bahasa Thailand, kata “Dum” sendiri memang memiliki arti “minum”.

Minuman ala Thailand ini menggunakan teh, kopi, dan cokelat berkualitas baik sebagai bahan-bahan utama. Cara pembuatannya yang sama seperti sajian minuman di Negeri Gajah Putih sehingga rasanya cukup autentik inilah yang menjadi keunikan Dum Dum.

Harga yang ditawarkan untuk segelas Dum Dum pun cukup terjangkau dengan porsi yang cukup besar. Hal ini menyesuaikan dengan target pasar Dum Dum yang merupakan kelompok kelas menengah.

7. Mixue 

Inilah minuman kekinian yang sedang viral selama beberapa waktu terakhir. Brand dengan ikon maskot boneka salju besar membawa tongkat yang sangat ikonik ini bahkan berkembang dengan sangat pesang.

Es krim merupakan produk andalan yang ditawarkan Mixue. Satu cone es krim yang creamy dengan porsi yang cukup besar hanya dibanderol kurang dari Rp10 ribu. Dibandingkan harga es krim serupa pada umumnya—apalagi dengan ukuran porsi yang sama, tak heran jika banyak yang melirik Mixue, bukan?

Namun tak cuma itu, Mixue juga punya berbagai sajian minuman yang tak kalah enak dan menarik. Kamu bisa memilih aneka teh orisinal dengan buah segar atau milk tea yang lezat mulai dari Rp12 ribu saja. 

8. Janji Jiwa 

Dari namanya saja, kamu mungkin sudah bisa menebak bahwa minuman ini juga menyasar kelompok anak muda. Janji Jiwa merupakan bisnis F&B minuman dengan produk utama merupakan sajian berbahan kopi yang seolah jadi gaya hidup tak terpisahkan kawula muda saat ini.

Meski begitu, penikmat selain kopi juga bisa menikmati produk yang memiliki logo dua buah tangan saling mengikat jari telunjuk ini. Janji Jiwa menyediakan milk tea dan latte dengan berbagai varian. 

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai makanan untuk pendamping minuman segar pilihan. Variasi roti dan pastry yang tersedia juga beragam, baik yang memiliki citarasa manis maupun asin dan gurih.

9. Fore 

Satu lagi brand minuman kekinian asal Indonesia yang punya basis konsumen cukup besar adalah Fore. Diambil dari kata forest yang berarti hutan, brand ni punya harapan untuk tumbuh dengan cepat, kuat, dan tinggi serta menghidupi apa yang ada di sekitar mereka.

Kopi adalah jenis menu paling favorit sekaligus andalan Fore. Kamu bisa memesan mulai dari americano hingga kopi dengan campuran latte yang tak kalah lezat. Tak lupa, ada pula berbagai roti dan pastry yang bisa kamu pesan di Fore.

Itulah beberapa brand minuman kekinian yang punya pangsa besar di Indonesia. Keunikan mereka ada di berbagai aspek, mulai dari nama, store experience, hingga konsistensi cita rasa  yang ditawarkan. 

Selain itu, berbagai brand ini juga menjaga kenyamanan transaksi konsumen mereka dengan menyediakan berbagai layanan pembayaran digital. Kamu pun bisa mengikuti jejak mereka dengan bergabung bersama Juragan DOKU, lho!

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!