7 Ide Bisnis Tak Kenal Musim, Laris Sepanjang Tahun

bisnis tak kenal musim

Salah satu kunci bisnis yang dapat berkembang dan bertahan lama adalah memilih jenis bisnis tak kenal musim. Artinya, kamu tidak mengikuti tren untuk menjual produk baik barang maupun jasa yang sedang tren. Sebaliknya, bisnis dengan produk yang cenderung tidak neko-neko adalah peluang yang sebaiknya kamu pertimbangkan.

Adapun jenis bisnis yang tidak musiman adalah bisnis yang menawarkan produk kebutuhan konsumen sehari-hari. Makin penting peran sebuah produk tersebut bagi konsumen, makin besar peluang orang akan terus memerlukan dan membeli terus produk tersebut.

Maka dari itu, kalau kamu ingin sungguh-sungguh berbisnis, maka buatlah rencana dan impian jangka panjang. Apalagi dengan modal yang tak sedikit, kamu tentu ingin memiliki bisnis yang betul-betul menghasilkan, bukan?

Kalau masih bingung memilih bisnis apa yang tak mengenal musim, beberapa ide berikut bisa jadi pertimbanganmu.

Read More: Bisnis F&B Minim Modal Tapi Cuan, Pakai Cloud Kitchen!

1. Toko Kelontong

Ini adalah bisnis yang tidak pernah sepi. Setiap hari, orang memerlukan beras, bahan masakan, sabun, dan lain sebagainya untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan target pasar yang sangat luas, toko kelontong bisa jadi kesempatan untuk kamu memulai usaha.

Ditambah lagi, toko kelontong biasanya hadir sangat dekat dengan kawasan pemukiman warga. Pun dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan jaringan minimarket modern secara umum, toko kelontong punya potensi yang sangat menjanjikan.

Sediakanlah bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan target pasar. Kamu bisa mencari tahu produk apa yang paling banyak dicari oleh tetangga dan masyarakat sekitar, lalu carilah supplier yang dapat memberi harga dan pelayanan terbaik.

2. Bengkel

Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia terus bertambah, baik sepeda motor maupun mobil. Tentunya, alat transportasi ini memerlukan perawatan yang tepat agar dapat digunakan dengan nyaman dan aman sehari-hari.

Karena itulah bengkel menjadi salah satu bisnis tak kenal musim lainnya yang memiliki prospek cerah dan bisa kamu pertimbangkan. Modal yang kamu perlukan memang cukup besar, tetapi kamu bisa memulainya secara bertahap.

Kamu bisa memilih untuk menjalani bisnis bengkel sendiri (biasa disebut bengkel umum) atau mengambil opsi franchise beberapa bengkel besar dan resmi yang sudah ada. Keduanya sama-sama memiliki potensi omzet yang cukup besar, tetapi masing-masing juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

3. Frozen Food

Bisnis makanan secara umum adalah bisnis yang selalu cocok di segala musim. Dari sekian banyak jenis makanan yang ada dan bisa kamu eksplor, frozen food adalah jenis makanan yang cukup aman baik dari segi risiko maupun profitabilitas.

Pasalnya, frozen food dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat yang ingin menyantap makanan dengan mengolahnya secara instan sekaligus menyimpannya dalam waktu cukup lama. Umumnya, frozen food pun hanya perlu digoreng atau dikukus sehingga konsumen bisa dengan cepat mengonsumsinya.

Mengenai produk frozen food apa yang sebaiknya ditawarkan, kamu bisa menyesuaikannya dengan target pasar. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa macam produk frozen food yang paling laris.

  • Nugget
  • Sosis
  • Bakso
  • Daging burger
  • Kentang goreng
  • Kebab
  • Samosa
  • Risoles
  • Kroket
  • Aneka dimsum

4. Laundry

Secara umum mencuci baju bukan hal yang sulit, apalagi kini sudah banyak mesin cuci yang dijual dengan harga murah. Namun, tidak semua orang punya cukup waktu dan tenaga untuk menyelesaikan seluruh kegiatan laundry mulai mencuci hingga menyetrika baju hingga rapi.

Hal inilah yang membuat bisnis laundry punya peluang besar untuk kamu coba. Bisnis laundry pun punya pangsa pasar cukup besar, terutama jika kamu berada di lokasi strategis seperti area kampus, indekos, apartemen, dan sebagainya.

Bisnis laundry pun sangat mungkin berkembang hingga menjadi franchise. Tentunya, kamu harus bisa memastikan SOP dan kualitas pelayanan maupun hasil pekerjaan yang dihasilkan di masing-masing outlet sama dan terjaga dengan baik agar tak merusak citra bisnis.

5. Gorengan

Gorengan seolah menjadi makanan yang tak terpisahkan dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Makanan ini cocok hadir di berbagai acara dan suasana, pun bisa dinikmati di pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Sepintas memang jenis bisnis ini terlihat sangat sederhana. Namun kalau kamu ingin fokus pada hasil dan keuntungan, tak perlu gengsi untuk menjalaninya. Kalau mau lebih maksimal, kamu bisa memberi beberapa nilai tambah seperti modifikasi teknik pengolahan yang lebih baik, inovasi pada varian, dan lain sebagainya.

6. Apotek

Jika kamu memiliki latar profesi sebagai apoteker atau memiliki rekan apoteker, bisnis apotek adalah ide bisnis menjanjikan yang bisa kamu wujudkan. Obat-obatan, vitamin, dan alat kesehatan adalah produk yang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, terutama sejak pandemi saat orang lebih peduli dengan kesehatan.

Cermat memilih lokasi adalah faktor esensial sebagai bahan konsiderasi. Kebanyakan apotek tersedia di pusat kota sehingga membuka apotek di kawasan yang sedikit di pinggiran kota atau bahkan kawasan desa yang sangat minim kompetitor bisa kamu pertimbangkan.

Pastikan kamu juga tidak “nakal” saat menjalankan bisnis ini. Berhati-hatilah dalam menjual obat sesuai aturan yang ditetapkan, seperti tidak menjual secara bebas obat-obat keras dan yang memang memerlukan resep dokter.

7. Agen Galon dan LPG

Bisnis tak kenal musim berikutnya adalah agen galon dan LPG. Mayoritas rumah tangga saat ini terutama daerah perkotaan sudah menggunakan galon untuk keperluan minum dan memasak sehari-hari. Pun untuk keperluan kompor, LPG sudah sejak lama menggantikan cara konvensional seperti minyak tanah.

Dalam sebulan saja, satu rumah tangga dapat mengisi ulang galon dan mengganti LPG beberapa kali. Makin banyak orang atau keperluan, makin sering mereka akan melakukan pembelian.

Oleh karena dua hal ini sangat dekat dengan kebutuhan di rumah konsumen, kamu pun bisa membuka bisnis agen galon dan LPG dari rumah pula. Makin dekat jarak antara kamu dan konsumen, makin besar pula kemungkinan penjualan yang terjadi.

Itulah beberapa ide bisnis tak kenal musim yang bisa kamu pertimbangkan. Walau begitu, selain menyediakan produk yang pasti dicari, kamu juga perlu menyediakan pelayanan yang apik agar konsumen nyaman dan bisnis pun aman.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!