7 Cara Jualan Online di Facebook yang Pas, Laris Manis Tanjung Kimpul

cara jualan online di facebook

Cara Jualan Online di Facebook – Media sosial terpopuler dunia seperti Facebook menyimpan peluang bisnis yang sangat besar. Kamu bisa memakainya untuk banyak hal, termasuk ketika ingin mencoba cara jualan online di Facebook. Metode seperti ini sangatlah mudah, bisa kamu lakukan dengan modal terbatas.

Menjual barang di Facebook memang mudah. Namun, kamu perlu cara berjualan yang tepat kalau ingin laris manis tanjung kimpul. Ingin tahu caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Jualan Online di Facebook

Read More: 7 Cara Jualan Online di Aplikasi, Kamu Pilih Mana?

Kenapa Pilih Cara Jualan Online di Facebook?

Facebook bukanlah satu-satunya tempat yang menyediakan pilihan untuk berjualan. Kamu bisa mencoba untuk menawarkan produk ke platform lain, misalnya Instagram, TikTok, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. 

Ada 3 alasan kenapa kamu perlu memilih cara jualan online di Facebook yaitu: 

1. Facebook Adalah Media Sosial Terbesar Dunia

Facebook mempunyai jumlah pengguna aktif terbanyak dunia. Per kuartal II tahun 2022, Facebook memiliki sekitar 2,93 miliar pengguna aktif per bulan. Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook berada di angka 129,85 juta (per Januari 2022). 

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, kamu memiliki target pemasaran yang sangat luas. Kamu pun tak terbatas dalam melakukan pemasaran produk ke konsumen dalam negeri, tetapi juga mancanegara. 

2. Pilihan Cara Berjualan yang Variatif

Alasan selanjutnya adalah terkait pilihan cara berjualan. Kamu bisa mencoba cara jualan online di Facebook dalam berbagai metode, baik yang gratis maupun berbayar. 

3. Kemudahan Pemakaian

Ketiga, Facebook menawarkan kemudahan dalam proses penjualan barang. Kamu bisa melaksanakannya via perangkat desktop maupun aplikasi. 

Tips Efektif Cara Jualan Online di Facebook

Untuk meraih kesuksesan dari aktivitas jual beli di Facebook, ada 7 tips penting yang perlu kamu perhatikan, yakni: 

1. Manfaatkan Facebook Page

Tips pertama ketika memulai aktivitas berjualan di media sosial Facebook adalah dengan memanfaatkan Facebook page atau halaman Facebook. Penggunaannya memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens jauh lebih banyak. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih berjualan lewat halaman Facebook, di antaranya: 

  • Dapat kamu gunakan sebagai platform toko online
  • Bisa kamu hubungkan dengan akun Instagram
  • Mampu menjangkau audiens tanpa batas
  • Tersedia pilihan menggunakan layanan iklan

2. Optimalkan Pemakaian Facebook Marketplace

Selain halaman Facebook, kamu bisa pula menggunakan fitur marketplace. Kamu bisa menemukan pilihan fitur ini pada bagian atas layar. Selanjutnya, tersedia tombol pilihan berjualan di bagian samping. 

Cara jualan online di Facebook menggunakan fitur marketplace memungkinkan kamu untuk menampilkan produk di halaman marketplace. Namun, fitur ini hanya bisa kamu gunakan ketika menggunakan akun pribadi, dan tak tersedia untuk halaman Facebook. 

3. Gunakan Grup Facebook

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fasilitas Grup Facebook. Untuk menggunakan fasilitas ini, kamu perlu terlebih dahulu bergabung dengan grup. Kalau sudah menjadi anggota grup, kamu bisa mulai berjualan atau mempromosikan halaman Facebook. 

Terkait penggunaan grup Facebook untuk jualan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu: 

  • Perhatikan aturan masing-masing grup
  • Tawarkan barang yang sesuai dengan tema grup
  • Aktif di Grup, jangan hanya jualan barang

4. Manfaatkan Iklan Facebook

Tips cara jualan online di Facebook selanjutnya adalah memanfaatkan layanan iklan. Kamu dapat menggunakan fasilitas ini untuk mengiklankan produk yang dijual melalui halaman Facebook. 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau memilih layanan iklan di Facebook, yaitu: 

  • Bebas memilih format konten iklan. Kamu bisa menggunakan iklan dengan format gambar tunggal, video tunggal, carousel, serta slide
  • Tersedia banyak pilihan tujuan beriklan. Kamu dapat memilih iklan yang bertujuan untuk meningkatkan awareness, mengajak berkunjung ke toko, atau mendorong audiens untuk bertransaksi
  • Pengaturan target iklan yang sangat luas. Facebook menyediakan berbagai opsi yang bisa kamu manfaatkan dalam menentukan target audiens iklan. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan pengaturan dari faktor usia, jenis kelamin, dan lain-lain.

Dalam praktiknya, kamu perlu melakukan serangkaian uji coba untuk memperoleh formula iklan yang tepat. Metode uji coba yang bisa kamu praktikkan A/B test atau split test

  • Pengaturan biaya iklan yang bebas. Kamu bisa mulai beriklan di Facebook dengan biaya mulai dari Rp10 ribu hingga ratusan juta rupiah. Biar anggarannya tak membengkak, kamu perlu melakukan pengaturan dengan tepat
  • Dapat kamu manfaatkan untuk implementasi strategi funneling. Strategi ini dapat kamu terapkan untuk mengarahkan audiens agar melakukan transaksi pembelian

5. Copywriting Jangan Sampai Kamu Lupakan

Tips tak kalah penting dalam cara jualan online di Facebook adalah dengan memanfaatkan copywriting bagus. Dengan copywriting, kamu bisa menyusun kata-kata menarik yang dapat mengajak audiens melakukan sebuah tindakan. 

Kata-kata dalam copywriting mungkin terlihat sederhana. Namun, kata-kata tersebut mempunyai efektivitas tinggi dalam menarik perhatian audiens. 

Ada beberapa formula copywriting yang bisa kamu praktikkan ketika ingin menjual barang di Facebook. Salah satunya adalah formula AIDA yang merupakan kependekan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. 

Dalam formula copywriting AIDA, ada 4 tahapan yang perlu kamu perhatikan, yaitu: 

  • Attention. Ini adalah bagian awal yang berguna untuk menarik perhatian audiens. Jadi, gunakan kata-kata yang menarik seseorang buat melihat iklan kamu.
  • Interest. Selanjutnya, buat copy yang dapat menumbuhkan ketertarikan audiens terhadap produk kamu. Kamu dapat melakukan riset untuk mengetahui ketertarikan target audiens. 
  • Desire. Berikutnya adalah Desire, tahapan untuk mengajak audiens dalam menyadari kalau produk kamu sesuai dengan kebutuhan mereka. Kamu dapat melakukannya dengan menjabarkan manfaat produk bagi mereka.
  • Action. Tahapan terakhir dalam copywriting AIDA adalah ajakan untuk melakukan tindakan atau action dengan segera. Kamu bisa mempraktikkannya dengan memunculkan rasa urgensi audiens untuk segera melaksanakan tindakan tertentu.

6. Lakukan Interaksi Secara Aktif

Facebook merupakan platform media sosial yang mendorong interaksi tinggi di antara para penggunanya. Oleh karena itu, kamu harus aktif melakukan interaksi, dengan mereka. Interaksi itu bisa dalam bentuk memberikan reaksi atau membalas komentar. 

7. Sediakan Kemudahan Cara Pembayaran

Tips terakhir dan tak kalah penting, kamu perlu menyediakan kemudahan konsumen dalam melakukan pembayaran. Sediakan beberapa pilihan pembayaran. Dengan begitu, konsumen akan dengan senang hati melaksanakan pembayaran. 

Nah, ada solusi terbaik terkait penggunaan cara pembayaran. Solusi tersebut adalah menggunakan layanan DOKU. Dengan DOKU, kamu dapat menyediakan fasilitas pembayaran yang fleksibel kepada para pelanggan. 

DOKU menyediakan sarana pembayaran menggunakan layanan QRIS. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk memproses pembayaran nontunai dari berbagai penyedia layanan uang elektronik di Indonesia. 

Kabar baiknya, siapa saja bisa menggunakan DOKU. Kamu pun bisa memanfaatkan layanan ini tanpa perlu melakukan integrasi ke sistem apa pun. Cocok untuk UMKM. Kamu bisa menemukan layanan ini dalam program Juragan DOKU

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!