7 Cara Jualan Online di Aplikasi, Kamu Pilih Mana?

cara jualan online di aplikasi

Cara Jualan Online di Aplikasi – Punya bisnis online saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi setiap pelaku usaha. Kalau tidak, kamu bakal kalah bersaing dengan kompetitor. Apalagi, saat ini ada banyak pilihan cara jualan online di aplikasi yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

Kelebihan Cara Jualan Online di Aplikasi

Jualan barang secara online memang menyimpan potensi omzet yang sangat melimpah. Menurut catatan Bank Indonesia (BI), jumlah transaksi online pada 2021 mencapai angka Rp401 triliun. BI pun memproyeksikan bakal ada peningkatan pada 2022. 

Dengan potensi yang sangat besar tersebut, sayang kalau kamu tidak memanfaatkannya, kan? Apalagi, pilihan berjualan online menggunakan aplikasi menawarkan banyak kelebihan, termasuk di antaranya: 

Read More: 7 Cara Jualan Online di Facebook yang Pas, Laris Manis Tanjung Kimpul

1. Akses Pasar yang Luas

Keuntungan pertama yang bisa kamu peroleh adalah akses pasar yang sangat luas. Apalagi, kalau kamu menggunakan aplikasi jualan online yang populer. Kamu pun berpeluang memperoleh pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan jualan secara offline. 

2. Cara Penggunaan yang Mudah

Selanjutnya, kamu akan memperoleh kemudahan dalam pengelolaan toko online. Aplikasi jualan online mempunyai desain UI/UX hasil rancangan para desainer profesional. Hasilnya, kamu bisa mengoperasikannya dengan gampang. 

3. Tingkat Kepercayaan Pelanggan yang Tinggi

Kelebihan yang tak kalah penting adalah tingkat kepercayaan pelanggan. Masyarakat kerap memilih berbelanja lewat aplikasi karena adanya jaminan keamanan bertransaksi. Dengan begitu, mereka tidak takut melakukan transaksi. 

Salah satu contohnya adalah terkait fasilitas pembayaran. Ketika bertransaksi lewat aplikasi, pelanggan tidak serta-merta menyerahkan uang ke penjual, tetapi ke pihak aplikasi. Kalau pembeli telah melakukan konfirmasi, aplikasi akan mengirimkannya ke akun penjual. 

Dengan sistem seperti ini, risiko terjadinya penipuan sangat kecil. Konsumen bisa mengajukan keberatan ketika mendapati adanya indikasi mencurigakan. Salah satu contohnya adalah ketika barang yang datang tidak sesuai pesanan. 

Pilihan Cara Jualan Online di Aplikasi

Setelah memahami peluang besar dari bisnis online, kamu tentu tertarik untuk memanfaatkannya, kan? Kamu pun bisa menemukan banyak pilihan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online, di antaranya: 

1. Shopee

Pilihan pertama adalah jualan online di aplikasi Shopee. Siapa yang tak kenal Shopee? Aplikasi ini sudah sangat populer dan terkenal dengan banyak penawaran promonya. Kamu pun bisa menjadi salah satu seller di sini secara gratis. 

Pendaftaran bisa kamu lakukan melalui aplikasi Shopee di App Store serta Google Play. Sebagai alternatif, kamu dapat pula mendaftar sebagai seller via website resmi mereka. Kalau sudah terdaftar, kamu pun bisa mulai menjual barang. 

2. Tokopedia

Popularitas aplikasi yang satu ini tidak kalah dibanding Shopee. Berdasarkan data SimilarWeb, Tokopedia mendapatkan 147,7 juta kunjungan pada Agustus 2022. Pencapaian itu menjadikan mereka sebagai platform e-commerce terpopuler kedua setelah Shopee. 

Kalau menggunakan aplikasi Tokopedia, kamu bisa memperoleh beberapa keuntungan, seperti: 

  • Pilihan kurir yang beragam. Fitur ini sangat penting, untuk memberi kebebasan bagi pelanggan dalam menentukan layanan pengiriman yang terjangkau
  • Pencairan saldo yang singkat. Dalam halaman resminya, Tokopedia mengungkapkan kalau proses pencairan berkisar antara 1 hingga 2 hari kerja. Namun, pada praktiknya kamu bisa melakukan pencairan dalam hitungan sekitar 2-3 jam saja
  • Desain tampilan yang sederhana, membuat aksesibilitasnya jadi mudah. Waktu loading aplikasi tidak terlalu lama

3. Gofood

Kalau kamu mempunyai produk dalam bentuk makanan atau minuman, pertimbangkan untuk mencoba jualan online di aplikasi Gofood. Penggunaan aplikasi ini secara khusus sangat populer di kalangan milenial dan gen-z. 

Survei oleh Tenggara Strategics bersama Universitas Prasetiya Mulya mengungkapkan, Gofood jadi aplikasi favorit ketika ingin membeli makanan. Nilai transaksinya pun mencengangkan, mencapai angka Rp30,65 triliun.

4. Lazada

Kamu bisa pula memilih untuk membuka toko online di aplikasi Lazada. Lazada menyediakan layanan jualan online di aplikasi secara gratis. Kamu pun tinggal melakukan pendaftaran menjadi seller lewat aplikasi atau website resmi mereka. 

Kalau terdaftar sebagai seller Lazada, kamu bisa memperoleh beberapa kelebihan seperti:

  • Basis pengguna yang sangat banyak. Lazada merupakan salah satu top five e-commerce di Indonesia. Per kuartal II tahun 2020, Lazada mempunyai sebanyak 22 juta pengguna aktif setiap bulan
  • Jangkauan pasar yang luas. Kalau gabung dengan Lazada, kamu tidak hanya bisa menawarkan produk ke konsumen dalam negeri. Namun, Lazada juga memberi kesempatan untuk menjangkau pelanggan dari kawasan Asia Tenggara
  • Layanan dukungan yang bagus. Lazada menyediakan dukungan khusus yang ditujukan untuk seller baru. Dukungan ini, membuat kamu bisa mengembangkan usaha jualan online di aplikasi jadi lebih maju

5. WhatsApp Business

Solusi selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas jualan online di aplikasi WhatsApp Bisnis. Sekilas, kamu mungkin beranggapan kalau WA bisnis tak jauh beda dengan akun WA biasa. Padahal, ada beberapa fitur yang membuatnya beda, yaitu: 

  • Katalog produk. Lewat fitur ini, kamu bisa memajang katalog produk jualan dengan lengkap. Katalog tersebut tak hanya berupa foto, tetapi juga deskripsi singkat terkait produk, termasuk harganya
  • Pelabelan. WA Bisnis menyediakan fitur yang memudahkan kamu dalam mengelola dagangan. Kamu bisa memanfaatkan fitur pelabelan untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, penggunaan label “konsumen baru”, “pesanan dalam proses pengiriman”, dan lain-lain
  • Pesan otomatis. Fitur tak kalah penting, kamu bisa menggunakan layanan pesan otomatis. Kamu pun dapat mengatur pesan yang ingin disampaikan secara bebas, sesuai dengan kebutuhan

6. TikTok

TikTok menjadi aplikasi berbagi video yang sangat populer. Setiap hari, kamu bakal menemukan berbagai video fyp yang unik dan menarik. Menariknya lagi, TikTok memiliki basis pengguna yang sangat aktif berinteraksi.

Namun, tahukah kamu kalau TikTok bukan cuma bisa kamu pakai untuk eksis. Kalau mau, kamu bisa pula menggunakannya sebagai pilihan cara jualan online di aplikasi. Kamu dapat menjumpainya pada fitur TikTok Shop.

Jualan online di aplikasi TikTok secara khusus bakal sangat potensial, terutama kalau kamu menyasar konsumen dari segmen milenial dan Gen-Z. TikTok mempunyai basis pengguna yang sangat banyak dari kedua kelompok usia tersebut. 

7. Blibli

Terakhir, kamu bisa memilih jualan online di aplikasi Blibli. Aplikasi jual beli online ini menawarkan 3 kelebihan utama, yaitu: 

  • Bonus yang beragam. Blibli menyediakan promo saldo untuk menggunakan layanan iklan di platform mereka
  • Gratis ongkos kirim. Kamu akan memperoleh fasilitas ongkos kirim gratis, dan menjadi tanggungan dari pihak Blibli
  • Tak perlu deposit. Kamu tak perlu menyimpan dana dalam jumlah tertentu sebagai deposit di Blibli

Nah, itulah 7 referensi tempat jualan online di aplikasi yang bisa kamu pilih. Kalau mau, kamu bisa pula memilih untuk menjalankan toko online di beberapa aplikasi sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh peluang lebih besar. 

Tak ketinggalan, kamu juga harus menyediakan berbagai kemudahan biar konsumen nyaman berbelanja. Salah satu bentuk kemudahan dan kenyamanan tersebut bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan DOKU.  Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!