8 Cara Jualan Online di WA, Bikin Makin Untung!

cara jualan online di wa

Cara Jualan Online di Whatsapp – Makin banyak pelaku bisnis yang mengandalkan WhatsApp (WA) sebagai alat promosi yang efisien. Ya, aplikasi perpesanan besutan Meta ini sudah terbukti efektif meningkatkan engagement dengan pelanggan potensial dan secara tak langsung berkontribusi pada kenaikan omzet. 

Penasaran bagaimana cara jualan online di WA yang bisa bikin bisnis kamu makin cuan? Yuk langsung simak tipsnya berikut!

Read More: Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil: Menarik dan Menguntungkan

Cara Jualan Online di Whatsapp

Kenapa Pakai WA?

Platform satu ini punya banyak fitur yang bisa memudahkan kamu melakukan promosi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Kamu bahkan tidak harus menyimpan nomor mereka terlebih dahulu.

Selain itu, dengan mempelajari dan menguasai cara jualan online di WA, kamu akan mendapat beberapa keuntungan. Di antaranya:

  • Menjangkau leads (prospek) dan pelanggan dengan lebih efisien.
  • Menjadi lebih dekat dengan konsumen.
  • Sebagai strategi pemasaran yang mudah.
  • Bisa merespon pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat.
  • Meningkatkan brand awareness dan kredibilitas bisnis kamu.
  • Bisa membuat katalog produk.
  • Ada banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan.

Cara Jualan Online di WA

Tidak sekadar bertukar pesan, menjalankan bisnis online menggunakan WA membutuhkan cara atau trik tertentu. Tujuannya, tentu saja agar kamu bisa closing lebih sering dan produk menjadi makin laris. Nah, di bawah ini cara memanfaatkan WA untuk jualan online yang bisa mulai kamu terapkan:

1. Daftar WA Business

Membuat akun WA Business adalah langkah awal yang perlu dilakukan. WA Business didesain khusus dengan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna menjalankan bisnis. Berikut cara beralih ke WA Business:

  1. Unduh WA Business secara gratis melalui Apple App Store atau Google Play Store. 
  2. Klik “Setuju” dan “Lanjutkan”.
  3. Daftarkan nomor WA Business kamu. Caranya, pilih kode negara terlebih dahulu, lalu ketikkan nomor telepon kamu.
  4. Klik “Selesai” lalu “Oke”.
  5. Kamu akan menerima SMS atau panggilan telepon yang menginfokan 6 digit kode verifikasi.
  6. Ketikkan kode verifikasi yang kamu terima.
  7. Lengkapi profil kamu, termasuk nama bisnis, kategori bisnis, dan foto profil.
  8. Tambahkan informasi penting lain seperti deskripsi, alamat, jam operasional, dan lain-lain.

Nah, sekarang kamu sudah bisa menggunakan WA Business. Pastikan untuk mencantumkan nomor WA Business kamu di media sosial, ya.

2. Kumpulkan Kontak WA

Deskripsi sudah bagus, foto profil sudah terpasang, katalog pun sudah dibuat. Namun, bila kontak WA kamu sedikit, strategi jualan kamu tidak akan mendatangkan keuntungan. Nah, cara jualan online di WA selanjutnya adalah kamu harus mulai mengumpulkan kontak calon pelanggan melalui bermacam-macam saluran.

Beberapa contoh caranya adalah melalui Facebook Page atau Facebook Group. Kamu juga bisa menambahkan kontak WA melalui form pendaftaran website. Bagi yang belum memiliki website, buatlah kampanye iklan berbayar dengan call to action (CTA) mengarah ke nomor WA kamu.

Selanjutnya, kamu bisa menyimpan dan menandai kontak-kontak tersebut berdasarkan kategori. Apakah mereka hanya sekadar bertanya, tertarik, atau sudah membeli.

3. Manfaatkan Fitur WA Broadcast

Fitur ini memudahkan kamu menjangkau lebih banyak audiens saat promosi. Namun hati-hati, jangan sampai pesan broadcast kamu terkesan seperti spam. Ini bisa mengakibatkan calon pelanggan menjadi cuek bahkan bisa berakhir block.

Bagaimana solusi cara jualan online di WA dengan fitur ini? Cek tips berikut:

  1. Tulis pesan yang ramah, misalnya dengan menyebut nama pelanggan, menambahkan emoji, atau menanyakan kabar terlebih dahulu.
  2. Buatlah beberapa template berdasarkan kategori atau label kontak kamu. Jadi, kamu dapat mengirim pesan broadcast yang spesifik dan relevan ke masing-masing kategori. 
  3. Pastikan hanya mengirim pesan yang bersifat penting. Yang tak kalah penting; buatlah jadwal, karena terlalu sering mengirim broadcast berpotensi membuat calon pelanggan ilfil.

4. Atur Pesan Follow Up

Mengaktifkan fitur pesan follow up itu penting, karena efektif membuat pelanggan merasa diperhatikan dan diprioritaskan kepentingannya. Pada akhirnya, tentu saja akan membantu meningkatkan konversi.

Berikut beberapa contoh pesan follow up yang bisa kamu kirim:

  • Menanyakan testimoni atau tingkat kepuasan pelanggan.
  • Ucapan terima kasih.
  • Menawarkan produk baru atau produk lainnya.

5. Manfaatkan WA Story

Trik cara jualan online di WA selanjutnya adalah memanfaatkan fitur WA story untuk pengenalan produk, promosi, memberi pengumuman, dan lain sebagainya. Misalnya:

  • Video promosi singkat.
  • Kutipan motivasi.
  • Akses eksklusif untuk mendapat promo khusus.
  • Aktivitas di balik layar.
  • Konten infografis.
  • Dan lain-lain.

Tips lainnya adalah beri sedikit sentuhan personal agar pelanggan merasa lebih dekat dengan brand kamu. Hindari membuat terlalu banyak WA story, karena akan membuat story kamu tampak seperti titik-titik berjajar yang membuat mereka melewatinya begitu saja.

6. Pilih Metode Pembayaran Praktis

Kepraktisan adalah alasan utama kebanyakan orang lebih suka melakukan transaksi melalui WA. Demi menciptakan pengalaman bertransaksi yang mudah, aman, dan terpercaya, pilihlah metode pembayaran yang tepat.

Biaya admin yang terlalu tinggi bisa membebankan pelanggan ketika transfer. Belum lagi bila kamu memberi detail pembayaran secara manual yang membuat mereka kerepotan membuka-tutup WA ketika melakukan pembayaran.

Oleh sebab itu, salah satu cara jualan online di WA adalah menggunakan aplikasi payment gateway. Biasanya, pembayaran hanya membutuhkan satu kali klik dan biaya adminnya sangat terjangkau.

7. Wajib Respons Cepat

Makin cepat respons yang kamu beri, maka makin tinggi pula peluang terjadinya konversi. Inilah salah satu kegunaan WA Business, yakni kamu bisa memanfaatkan fitur balas cepat atau quick response.

Menariknya lagi, kamu bisa mengakses WA Business dari lima perangkat/device yang berbeda sekaligus. Jadi, kamu dan tim CS bisa lebih responsif. Bila perlu, kamu juga bisa membuat bot pesan WA yang dapat membalas secara otomatis, terutama bila ada pesan yang masuk di luar jam operasional.

8. Pakai Link Bayar

Jangan sampai tidak memakai cara jualan online di WA yang satu ini. Link Bayar merupakan salah satu produk DOKU yang menawarkan kemudahan transaksi pembayaran, untuk apa pun tipe bisnis kamu.

Tidak perlu merekrut pegawai baru untuk membuat Link Bayar; kamu bisa membuatnya menggunakan chatbot WA. Pelanggan juga tidak perlu lama menunggu, link bayar bisa langsung dibagikan via chat WA.

Cara membuat Link Bayar pun mudah dan cepat—tidak sampai tiga menit:

  1. Daftarkan satu atau lebih nomor WA kamu. 
  2. Kirim pesan ke nomor WA DOKU dan mulai buat Link Bayar.
  3. Bagikan link ke pelanggan via WA atau platform chat lainnya.

Nah, dengan Link Bayar dari DOKU, kamu telah meminimalisir kesalahan pencatatan transaksi. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi instan untuk setiap status pembayaran. Wah, rasanya memantau aktivitas bisnis tidak pernah semudah ini.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!