7 Strategi Jitu Cara Membuat Promosi Produk, Laris Manis!

cara membuat promosi produk

Ingin produk laris dan diburu pelanggan? Kamu wajib tahu cara membuat promosi produk yang tepat. Ini 7 pilihan strategi jitu yang bisa kamu pilih!

Bukan bisnis namanya kalau kamu tidak tahu cara jitu untuk mempromosikan produk supaya laris manis! Pengetahuan tentang cara membuat promosi produk efektif menjadi aspek yang penting karena tanpa adanya aktivitas promosi, kamu tidak akan berhasil memperoleh angka penjualan yang maksimal. Sebaliknya penjualan akan menurun dan skenario terburuk adalah kamu mengalami kerugian.

Read more: Cara Menghitung Diskon dengan Benar, Biar Tak Kebablasan & Menguntungkan

Strategi Cara Membuat Promosi Produk

Berkaitan dengan aktivitas promosi produk, kamu bisa menerapkannya dalam berbagai cara. Sebagai referensi, inilah 7 strategi cara berpromosi produk  yang efektif dan bisa kamu terapkan dalam bisnis: 

1. Pemberian Diskon

Strategi pertama adalah dengan menawarkan diskon. Penawaran diskon menjadi pilihan yang paling menarik karena dapat memberikan potongan harga tanpa perlu mengurangi kualitas produk atau jasa yang kamu jual. Hal ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan omzet dengan cara memberi umpan kepada pembeli supaya mereka turut serta dalam menyukseskan kampanye penjualan kamu. Berkaitan dengan strategi diskon, kamu dapat mempraktekkannya dalam berbagai cara, termasuk di antaranya adalah: 

  • Diskon Reguler
    Diskon reguler adalah strategi umum yang digunakan penjual untuk menurunkan harga produk atau jasa tertentu. Diskon ini biasanya memperlihatkan dua perbandingan harga dari produk atau jasa yang dijual, yakni ada harga awal dan harga akhir (harga setelah diskon). Biasanya, diskon reguler tidak membutuhkan persyaratan apapun dari penjual.
  • Diskon Tematik
    Strategi ini digunakan dalam periode waktu yang terbatas serta membutuhkan kode unik supaya bisa digunakan. Kode unik ini sering disebut sebagai kode kupon, kode voucher, kupon promo, dan lain-lainnya. Umumnya, diskon tematik ini diberikan di waktu-waktu tertentu seperti diskon edisi gajian, diskon spesial ulang tahun, atau diskon edisi liburan nasional dan waktu periodenya disesuaikan dengan perayaan-perayaan tersebut. 
  • Diskon BOGO (Buy One Get One)
    Siapa yang tidak tertarik ketika memperoleh pembelian ekstra dengan harga murah? Lewat strategi BOGO, kamu bisa mendorong angka penjualan secara signifikan. Strategi ini juga membantu kamu mendapatkan pelanggan baru yang ingin membeli produk atau jasa dengan harga yang lebih murah sekaligus bisa mencoba produk atau jasa lain secara cuma-cuma.
  • Cashback
    Strategi ini sering dipakai jika kamu menyediakan metode pembayaran dengan virtual account atau e-payment. Setiap pelanggan akan mendapatkan potongan harga dengan nominal tertentu setelah selesai melakukan pembayaran di pembelian pertama. Cashback yang diperoleh pelanggan bisa mereka gunakan lagi untuk pembelian barang selanjutnya.
  • Diskon Flash Sale
    Di era gaya belanja online yang semakin cepat ini, diskon flash sale jadi makin familiar di dalam bisnis. Strategi ini digunakan untuk mengajak pelanggan berbelanja barang dengan harga yang lebih murah tapi juga dalam waktu yang sangat singkat.

2. Tampilkan Konsep yang Unik

Selain menggunakan strategi diskon, kamu bisa pula memilih untuk menghadirkan konsep bisnis yang unik. Keberadaan konsep unik, bakal membuat bisnis kamu terlihat beda dengan kompetitor. Alhasil, tak heran kalau para pelanggan akan datang berbondong-bondong dan melakukan transaksi. 

Lalu, konsep bisnis unik seperti apa yang bisa kamu coba? Berikut ini tips sederhana untuk memunculkan konsep bisnis yang unik dan menarik:

  • Memberikan nilai tambah pada barang atau jasa
    Keberadaan nilai tambah bertujuan untuk meningkatkan angka kepuasan pelanggan. Bentuknya pun bisa beragam. Kamu bisa mewujudkannya dalam bentuk pengemasan produk yang bagus, kualitas barang tinggi, pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya.
  • Observasi lingkungan sekitar
    Konsep unik dapat pula kamu munculkan dengan melakukan pengamatan pada lingkungan sekitar. Dari situ, kamu bisa memahami permasalahan dan menawarkan solusi yang efektif.
  • Inovasi
    Kamu bisa tampil beda dengan kompetitor dengan bermodalkan inovasi. Namun, jangan sekadar inovasi. Namun, pastikan kalau inovasi tersebut dibarengi dengan kualitas serta dampak positif terhadap kepuasan pelanggan.

3. Manfaatkan Platform Internet

Penggunaan teknologi internet menjadi sebuah keharusan di era digital seperti sekarang. Pemanfaatannya membantu kamu dalam menjangkau konsumen dalam lingkup yang jauh lebih luas. Kamu bisa menawarkan produk ke pelanggan yang ada di berbagai tempat, termasuk mereka yang ada di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. 

Pemanfaatan internet sebagai cara membuat promosi produk bisa kamu lakukan dengan berbagai opsi, antara lain: 

  • Akun media sosial. Pengguna akun media sosial di Indonesia sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya sebagai media promosi yang sangat potensial. Namun, kamu perlu mempertimbangkan platform media sosial yang tepat sesuai dengan karakteristik para pelanggan. 
  • Iklan. Kamu dapat pula menggunakan sarana iklan sebagai cara membuat promosi produk via internet. Pilihan iklan yang bisa kamu pakai sangat beragam. Kamu bisa memasang iklan di media sosial, search engine, atau iklan website
  • Website. Tak kalah menarik, kamu bisa membangun website untuk promosi produk. Keberadaannya membantu bisnis kamu terlihat lebih profesional di mata pelanggan.

4. Jalin Kerjasama dengan Influencer

Penggunaan jasa influencer jadi strategi yang tak kalah efektif. Hanya saja, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan anggaran ketika ingin memakai jasa influencer. Oleh karena itu, kamu perlu memahami jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah follower-nya, yaitu: 

  • Nano influencer. Akun nano influencer mempunyai follower dengan jumlah antara 500 hingga 10 ribu. Mereka yang termasuk dalam kategori nano influencer biasanya adalah para influencer lokal. Meski jumlah follower sedikit, tetapi nano influencer memiliki tingkat interaksi  yang sangat tinggi. 
  • Micro influencer. Selanjutnya adalah akun micro influencer dengan jumlah follower berkisar antara 10 ribu hingga 100 ribu akun. Penggunaan micro influencer cukup efektif dalam meningkatkan angka penjualan. Alasan utamanya adalah karena para follower mereka yang punya karakteristik sangat spesifik. 
  • Macro influencer. Dengan jumlah follower antara 100 ribu hingga 1 juta, ada macro influencer. Pemakaian jasa macro influencer cocok untuk mendorong peningkatan brand awareness. Hanya saja, biayanya relatif lebih mahal dibanding kelompok influencer sebelumnya. 
  • Mega influencer. Terakhir adalah mega influencer, dengan follower melebihi angka 1 juta. Karena tingginya jumlah follower, mega influencer biasanya mempunyai interaksi yang minim. Oleh karenanya, para mega influencer biasanya sangat selektif dalam melakukan promosi produk. 

5. Terapkan Strategi Cross Selling

Dalam strategi cross selling, kamu bisa menawarkan barang lain sebagai tambahan ketika seorang pelanggan berbelanja. Biar pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian, kamu perlu memilih barang yang terkait dengan produk yang mereka beli. Selain itu, kamu harus memastikan kalau barang tambahan yang ditawarkan mempunyai harga murah. 

Contohnya, ketika kamu ingin membeli botol minuman. Dalam penerapan strategi cross selling, pihak toko bisa mencoba untuk menawarkan minuman dingin yang harganya murah. Alhasil, kamu bisa meningkatkan jumlah penjualan produk dalam jumlah cukup signifikan.  

6. Reward untuk Konsumen

Cara membuat promosi produk selanjutnya adalah lewat adanya reward untuk konsumen. Untuk menerapkannya, kamu bisa menjalankan loyalty program. Selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan berbagai jenis hadiah, seperti voucher potongan harga, produk gratis, merchandise, dan lain sebagainya. 

7. Manfaatkan Fitur Live Shopping

Perubahan perilaku belanja saat ini didominasi oleh sosial media. Berbagai fitur yang mendukung pengalaman belanja juga makin beragam. Seperti di beberapa marketplace sosial media seperti TikTok Shop atau Instagram, live shopping jadi cara baru untuk mempromosikan produk sambil memberikan diskon khusus untuk para pelanggan yang menonton sesi live tersebut. 

Strategi diskon yang digunakan mirip dengan flash sale. Pelanggan bisa membeli barang yang sedang diulas dalam sesi siaran langsung dengan harga yang lebih murah, tapi periode pembeliannya hanya sepanjang live shopping itu berlangsung. 

Sesi live shopping ini bisa kamu umumkan jadwalnya terlebih dahulu, lalu diumumkan kepada pelanggan supaya mereka bisa menonton, atau bisa juga dilakukan mendadak supaya memberikan kesan bahwa barang yang akan kamu ulas itu terbatas.

Nah, sampai di sini kamu sudah bisa memahami banyak cara membuat promosi produk, kan? Selanjutnya, kamu bisa menentukan strategi promosi yang tepat dan efektif sesuai dengan bisnis masing-masing. 

Berkaitan dengan upaya promosi, kamu jangan lupa untuk memberi kemudahan bagi konsumen dalam melakukan pembayaran. Solusi seperti ini bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan layanan pembayaran digital milik DOKU. 

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!