Yuk Mulai Coba! Ini Cara Membuat Video Promosi Produk Pakai HP

cara membuat video promosi produk

Gimana, sih, cara membuat video promosi produk? Apakah kita bisa membuat video hanya dengan menggunakan HP? Yuk, baca ulasannya di sini!

Saat ini, media sosial sudah begitu sering digunakan sebagai media promosi suatu produk. Media yang digunakan biasanya ada dua macam, yaitu gambar dan video. Mungkin kamu sudah paham bagaimana cara mendesain gambar (poster) untuk media sosial, tetapi bagaimana cara membuat video promosi produk?

Nah, supaya bisnis kamu makin laris, mari pelajari bagaimana cara membuat video promosi produk di artikel berikut! Di artikel ini, kamu juga bisa menjumpai rekomendasi aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membuat video menggunakan smartphone.

Read more: Marketing Campaign: Manfaat, Contoh & Cara Buat

Kenapa Perlu Video?

Pernah tidak, kamu mempertanyakan hal berikut ini:

“Kalau sudah ada gambar, mengapa perlu video, ya? Toh, informasi yang diberikan juga sama saja.”

Membuat video memang tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi, video memberikan benefit yang lebih besar dibandingkan hanya berpromosi melalui gambar saja, lho! 

Banyak sumber yang berargumen bahwa video lebih unggul digunakan sebagai media promosi jika dibandingkan dengan foto. Salah satu alasannya adalah karena video bisa meningkatkan engagement konten dengan para audiens. 

Engagement antara konten dan audiens bisa didefinisikan sebagai betah atau tidaknya audiens ketika menikmati suatu konten. 

Berbagai sumber tersebut menyebutkan bahwa audiens lebih betah menghabiskan waktu untuk menonton konten video dibandingkan hanya melihat konten gambar. 

Itulah mengapa saat ini lebih banyak konten media sosial yang hadir dalam bentuk video. Proses produksinya memang lebih rumit dibandingkan dengan konten gambar. Akan tetapi, engagement yang baik dapat berdampak positif bagi peningkatan brand awareness suatu produk.

Bagaimanapun juga, semakin betah kamu menonton konten video, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan dari video itu, bukan? Ini mungkin saja berdampak pada peningkatan minat beli kamu terhadap produk tersebut. 

Adanya engagement yang baik antara audiens dan konten juga disebabkan karena konten video dinikmati dengan melibatkan lebih banyak penginderaan. Alat indera yang dimaksud adalah indera penglihatan dan pendengaran.

Semakin banyak alat indera yang terlibat, maka semakin besar juga atensi (perhatian) yang kamu berikan terhadap konten tersebut. Alhasil, kamu lebih mudah menangkap pesan yang ingin disampaikan video tersebut. 

Secara tidak langsung, tujuan pembuatan konten tersebut juga bisa tercapai dengan lebih mudah dengan menggunakan konten video.

So, yakin nih nggak mau bikin video untuk kebutuhan promosi produk?

Cara Membuat Video Produk

Bagaimana cara membuat video promosi produk? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan ketika membuat konten promosi dalam bentuk video.

1.Pelajari bagaimana cara membuat video

Bagaimanapun juga, tidak semua orang mampu langsung memproduksi video. Maka dari itu, coba pelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat video promosi produk

Ketahui aplikasi apa yang digunakan untuk memproduksi video, lalu pelajari bagaimana cara mengoperasikannya.

Jika dibutuhkan, kamu bisa ambil kursus singkat supaya kamu bisa belajar membuat video dengan lebih terarah. 

2. Coba terapkan

Sudah mempelajari dasar-dasar pembuatan video? Kini waktunya menerapkan ilmu tersebut! Coba buat konsep video, lalu buatlah sebuah video berdasarkan konsep yang kamu buat itu. Lalu, lakukan editing dengan menggunakan aplikasi pilihanmu.

Editing yang dimaksud tidak harus yang ribet, kok. Paling tidak, kamu menguasai fitur trimming (memotong) video, menambahkan musik, serta menambahkan teks. Jika dibutuhkan, kamu bisa menambahkan voice over untuk videomu.

Lakukan latihan ini selama beberapa kali sampai kamu merasa cukup lihai memproduksi video. Kamu pasti bisa!

3. Mulai buat konsep untuk video promosimu

Nah, kalau kamu sudah cukup lihai memproduksi video, cara membuat video promosi produk selanjutnya adalah mulai membuat konsep video promosi produk.

Konsep yang dimaksud mencakup hal-hal berikut:

  • Berapa lama durasi video. Durasi video akan menentukan konsep video secara keseluruhan. Durasi video yang singkat butuh lebih banyak perencanaan sehingga isi konten videomu bisa lebih padat.

Terkait hal ini, platform yang kamu gunakan juga berpengaruh terhadap durasi video yang dibuat.

4. Mulai rekam videomu

Setelah konsep video selesai dibuat, kamu bisa mulai merekam video sesuai konsep yang telah dibuat. 

5. Buat voice over, jika dibutuhkan

Sesuai dengan script yang dibuat, rekam voice over agar informasi yang tidak tampak di video/teks bisa dijelaskan dengan lebih baik.

6. Lakukan editing

Editing yang dimaksud dapat berupa trimming video (cutting video), penggabungan video yang satu dengan yang lain, menambahkan teks, serta menambahkan voice over (jika ada dan dibutuhkan). Jika diperlukan, kamu juga bisa menambahkan gambar di video promosi tersebut.

7. Ekspor video

Dalam cara membuat video promosi produk, mengekspor video artinya menyimpan video dalam format file video–misalnya seperti mp4. Proses ini merupakan tahap akhir yang perlu dilakukan setelah proses editing selesai dilakukan.

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Produk

Setelah mengetahui cara membuat video promosi produk, mungkin kamu jadi ingin langsung mencoba membuat video produk. Akan tetapi, mungkin kamu masih belum tahu aplikasi apa yang cocok digunakan untuk membuat video produk.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat video promosi produk.

1. VideoShow

Baru pertama kali membuat video promosi produk? Kamu bisa gunakan aplikasi VideoShow. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan fitur-fiturnya pun cukup lengkap–terutama jika digunakan untuk melakukan editing simpel. 

Aplikasi ini bisa diunduh di smartphone Android maupun di smartphone yang bersistem operasi iOS. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga tidak begitu membebani kerja smartphone kamu nantinya.

2. VivaVideo

Aplikasi kedua yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu aplikasi video editor adalah VivaVideo. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan yang oke untuk digunakan dalam editing simpel. Misalnya seperti menambahkan filter, stiker, efek, musik, dsb.

Menariknya, aplikasi ini memberikan fitur slow motion. Fitur ini jarang dijumpai di aplikasi gratis lain, lho. Dengan fitur tambahan ini, kamu bisa berkreasi lebih banyak dengan menggunakan aplikasi ini.

3. KineMaster

Aplikasi yang satu ini cukup populer digunakan karena variasi fiturnya yang beragam. Selain itu, KineMaster juga dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Versi premium aplikasi ini hadir tanpa iklan dan watermark pun bisa dihilangkan ketika kamu mengekspor video.

KineMaster juga hadir dengan fitur multitrack audio, efek transisi 3D, serta LUT filter yang bisa membuat video kamu jadi tampak diedit secara profesional.

4. PowerDirector Video Editor

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan aplikasi PowerDirector Video Editor untuk mengedit video di smartphone secara gratis. Menariknya, aplikasi ini menghadirkan fitur dan efek yang cukup banyak bahkan ketika kamu menggunakan versi gratis. 

Salah satu fitur menarik dari PowerEditor Video Editor adalah fitur video color editor. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur kecerahan (brightness), kontras (contrast), serta saturasi warna (saturation) dalam video. Fitur slow motion juga bisa kamu jumpai di aplikasi ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat video promosi produk serta beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu membuat videp promosi untuk aktivitas jualanmu ya.

Yang terakhir, kalau kamu ingin usahamu berjalan lebih lancar, jadikan DOKU sebagai mitra bisnismu. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!