7 Usaha Online Tanpa Modal, Ternyata Ada!

usaha online tanpa modal

Ingin mencoba usaha online tanpa modal? Pilihannya banyak sekali. Simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

Salah satu alasan kenapa banyak orang urung memulai usaha sendiri adalah karena keterbatasan modal yang mereka miliki. Untungnya, berkat kemajuan teknologi ada berbagai peluang usaha online tanpa modal yang bisa kamu coba. Tanpa harus menggunakan dana berjuta-juta, usaha ini bisa dijalankan dengan modal perangkat (PC, laptop atau ponsel) dan tentu saja jaringan internet dan skill.

Ada banyak orang yang berhasil memperoleh pemasukan jutaan rupiah per bulan hanya dengan modal gawai dan internet saja. Simak beberapa inspirasi usaha online tanpa modal berikut ini!

Read More: Usaha Modal 5 Juta di Kampung, Ini Pilihannya!

1. Jadi Penulis/Desainer Freelance

Kalau usaha jasa biasanya identik dengan bisnis offline, sekarang jasa juga bisa diperdagangkan secara online. Misalnya saja jasa menulis artikel atau jasa ketik dan jasa desain. Kalau kamu memiliki salah satu skill ini –menulis atau mendesain, jangan sia-siakan peluang dengan cara menawarkan jasamu di internet.

Ada banyak platform di internet yang memungkinkanmu untuk menjual kedua jasa ini. Beberapa di antaranya bahkan merupakan platform dari luar negeri. Artinya, kamu juga berkesempatan bekerja sama dengan klien dari luar negeri dengan bayaran dolar. Menggiurkan sekali, bukan? 

Agar bisa mendapatkan pekerjaan atau klien, bergabunglah dengan platformplatform tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa bergabung di forum-forum freelancer. Dari sana, kamu akan dapat koneksi yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk perkembangan kariermu kelak.

2. Jadi Youtuber

Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan sebagai sumber uang. Tidak terhitung banyaknya jutawan bahkan miliuner yang lahir dari Youtube. Sebut saja Atta Halilintar dan Ria Ricis. Meski ada kontroversi, tapi mereka berdua adalah contoh orang-orang yang ulet dan pintar membaca peluang bisnis dari Youtube.

Untuk mulai jadi Youtuber, yang perlu kamu lakukan tentu adalah membuat akun Youtube sendiri. Selanjutnya, cari tahu konten seperti apa yang kira-kira akan membuat orang tertarik. Pastikan tema yang kamu pilih cukup unik agar orang mau menontonnya.

Selanjutnya dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, rekam kontenmu, edit selanjutnya unggah ke akunmu. Jangan lupa tambahkah judul dan deskripsi yang menarik agar videomu mudah ditemukan, ya!

3. Jadi Blogger/Content Creator

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka tampil di depan kamera, kamu tetap bisa melakukan usaha online tanpa modal dengan menjadi blogger atau content creator. Untuk menjadi blogger, kamu tentu harus memiliki kemampuan dan minat terhadap dunia kepenulisan. Pasalnya, untuk jadi blogger yang sukses dibutuhkan ketekunan yang tinggi.

Setelah blogmu jadi dan memenuhi syarat, kamu bisa mengajukan monetisasi lewat Google Adsense. Kamu juga bisa menerima tawaran endorse atau kerjasama iklan dengan pihak luar. Semakin populer blog kamu, semakin besar peluang kamu untuk dapat tawaran kerja sama.

Selain lewat website, kamu juga bisa jadi content creator di berbagai platform media sosial. Kamu bisa menggunakan Instagram, Facebook atau bahkan Tiktok. Semua platform ini memiliki pengguna yang cukup banyak sehingga peluangmu untuk mendapatkan uang lewat monetisasi konten juga besar.

4. Jadi Dropshipper

Bagi kamu yang suka berjualan tapi tidak punya modal, kamu bisa melakukannya lewat sistem dropshipper. Dropshipper belakangan sangat populer sebagai salah satu cara menghasilkan uang di internet tanpa modal. Konsep dropshipper mirip dengan reseller. Hanya saja dalam dropship, kamu tidak perlu menyetok barang dan memiliki gudang. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Pertama, kamu cari supplier yang menerima dropship. Lakukan kerja sama dengan mereka. Biasanya di awal mereka akan memberitahukan berapa besar komisi yang akan kamu terima setiap kali ada produk yang terjual dan bagaimana sistem pencairannya. Pastikan kamu memahami dengan baik aturan dari supplier, ya!

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mulai memposting produk milik supplier-mu baik lewat situs, e-commerce atau lewat media sosial. Kamu juga bisa menawarkan produk tersebut secara offline pada orang-orang di sekitarmu.

Selanjutnya, ketika ada pesanan yang masuk tugasmu adalah melaporkannya kepada supplier. Pesanan tersebut akan diproses, dikemas dan dikirim oleh supplier. Nantinya, kamu tinggal menunggu komisi masuk ke rekeningmu saja. Mudah sekali, bukan?

5. Ikut Program Afiliasi

Selain dropship, program afiliasi juga sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha online tanpa modal. Afiliasi sendiri adalah cara mendapatkan penghasilan dengan cara mendaftarkan diri ke perusahaan yang sedang memberikan peluang kepada publik untuk menjualkan produk mereka kepada konsumen. Dari hasil kerja sama tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan. 

Secara umum, dalam afiliasi ada 3 pihak yang terlibat yakni pemilik produk, afiliator dan konsumen. Pemilik produk adalah perusahaan yang mengeluarkan program afiliasi, afiliator adalah orang yang ikut program afiliasi dan konsumen adalah orang yang membeli produk dari program afiliasi.

Untuk ikut program ini, pertama-tama kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke perusahaan yang menyediakan program afiliasi tersebut. Selanjutnya, promosikan produknya –bisa lewat media sosial, review blog atau media lainnya. Di akhir, sertakan kode referral yang bisa digunakan oleh pembeli untuk berbelanja.

Setiap kali orang memasukkan kode referral tersebut dalam pembelian, secara otomatis kamu akan dapat komisi. Semakin banyak yang memakainya, semakin besar pula komisi yang akan Anda dapatkan.

6. Buka Kursus Online

Punya skill yang ingin kamu bagikan kepada orang banyak? Kamu bisa mencoba peruntungan dengan buka kursus online. Kursus memasak, melukis, menulis bahkan fotografi dan desain bisa kamu sediakan lewat internet. Pertama, sediakan dulu materi yang ingin disampaikan baik itu berupa e-book atau video. Nantinya peserta yang sudah membayar bisa mendapatkan akses ke materi tersebut.

Agar semakin menarik, sesekali adakan kelas online langsung lewat Zoom atau Google Meeting. Dengan begitu, kamu bisa memberikan kesempatan pada peserta kursusmu untuk mengajukan pertanyaan langsung dari materi yang belum mereka pahami.

7. Admin Medsos

Admin media sosial adalah orang yang diberi kepercayaan untuk mengoperasikan dan mengelola akun media sosial sebuah brand, perusahaan atau individu yang populer. Untuk bisa jadi admin medsos, kamu hanya perlu mahir menggunakan media sosial tersebut, punya perangkat dan tentu saja punya jaringan internet. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini berkisar antara 3 sampai 4 jutaan per bulan.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai admin media sosial, kamu tentu perlu mencari lowongan terlebih dahulu. Seiring dengan semakin tingginya jam terbangmu nanti, kamu bisa membuka jasa social media management untuk brand maupun perusahaan besar.

Itulah beberapa rekomendasi usaha online tanpa modal yang bisa kamu coba. Masih banyak peluang lainnya yang bisa menjadi uang . 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!