Katalog Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

katalog adalah

Katalog adalah alat publikasi yang kerap digunakan dalam dunia bisnis. Untuk lebih memahaminya, simak ulasan selengkapnya di sini.

Pernah menerima lembaran seperti majalah dari toserba? Itulah yang disebut dengan katalog. Katalog adalah salah satu media yang digunakan perusahaan untuk memasarkan produk. Katalog juga digunakan di perpustakaan untuk mempermudah pengunjung mencari buku. 

Meski semua sudah serba digital, katalog fisik nyatanya masih kerap digunakan oleh banyak perusahaan. Contohnya seperti perusahaan di bidang retail, furnitur, kosmetik, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan seputar katalog berikut ini. 

Read More: Mengenal Brand Positioning dalam Strategi Branding

Apa Itu Katalog?

Istilah katalog berasal dari bahasa Latin ‘catalogus’ yang memiliki arti daftar. Ada pula yang menyampaikan bahwa katalog merupakan istilah dari bahasa Yunani, yakni ‘kata’ dan logos’ Jika digabungkan berarti suatu karya yang disusun secara runtut.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), katalog merupakan daftar, buku, atau sebuah carik kertas yang memuat informasi tertentu. Dalam dunia bisnis, informasi tersebut bisa berupa nama suatu produk, harga, kualitas, dan langkah-langkah pemesanannya.

Penggunaan katalog sudah kerap diadopsi oleh industri jenis B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer). Kedua industri tersebut sama-sama menggunakan katalog sebagai salah satu media pemasaran.

Penggunaan katalog juga tak terbatas hanya pada bisnis offline saja, namun juga bisnis online seperti e-commerce. Bahkan etalase toko pada marketplace atau website e-commerce pun bisa dikategorikan sebagai katalog.

Baik pada bisnis offline maupun online, produk dalam katalog dimasukkan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Setiap produk kemudian diberi informasi lengkap, seperti harga, berat, jenis, dan lain sebagainya.

Lantas, kepada siapa katalog ditujukan? Dalam aktivitas bisnis, ada beberapa pihak yang akan menggunakan katalog. Pertama adalah staf sales, mereka menggunakan katalog untuk menyampaikan informasi mengenai suatu produk pada calon konsumen.

Dalam hal tersebut, lembar katalog dijadikan sebagai rujukan. Sementara untuk calon konsumen, katalog bisa digunakan sebagai referensi sebelum mengambil keputusan berbelanja. Selain itu juga digunakan oleh manajer gudang atau toko untuk mengetahui detail stok di gudang.

Jenis-Jenis Katalog

Melansir dari berbagai sumber, katalog dibagi menjadi dua jenis. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Katalog cetak

Katalog cetak merupakan katalog yang paling umum digunakan oleh perusahaan. Biasanya berbentuk lembaran seperti tabloid atau koran dalam ukuran kecil. Katalog cetak biasanya berisi foto produk, harga, dan deskripsi produk tersebut. 

Bagian sampulnya berupa foto dari produk-produk yang menjadi highlight dalam isi katalog. Dalam industri retail, bagian depan katalog cetak kerap menampilkan produk-produk yang sedang diskon.

Katalog cetak bisa digunakan untuk menampilkan satu kategori produk, seperti produk pakaian, furnitur, alas kaki, dan sebagainya. Namun katalog jenis ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan beragam kategori produk, seperti dalam industri retail misalnya.

2. Katalog online

Tampilan dan fungsi katalog online atau elektronik sama seperti katalog cetak. Hanya saja katalog ini berbentuk digital. Perusahaan biasanya menampilkan katalog online di situs web, toko online mereka di marketplace, atau platform media sosial dengan fitur social commerce.

Katalog online sendiri masih termasuk baru dalam dunia pemasaran. Meski begitu, katalog ini sudah diadopsi oleh banyak industri karena memberikan banyak kelebihan. Tak hanya untuk perusahaan namun juga untuk konsumen. Berikut kelebihan tersebut:

  • Bagi perusahaan, katalog online relatif hemat biaya. Pasalnya perusahaan tak perlu mengeluarkan ongkos cetak maupun pendistribusian katalog.
  • Katalog online lebih fleksibel karena perusahaan bisa mengubah informasi yang ada kapan saja.
  • Bagi konsumen, katalog online memudahkan mereka dalam membeli produk yang ditampilkan dalam katalog. 

Manfaat Katalog untuk Bisnis

Katalog adalah salah satu media pemasaran yang penggunaannya perlu terus digencar dalam aktivitas bisnis. Ini lantaran katalog memberikan sejumlah manfaat penting bagi kelangsungan sebuah bisnis. Apa saja manfaat tersebut? Berikut di antaranya.

1. Memengaruhi keputusan pembelian

Melansir laman USPS Deliver, katalog dianggap memiliki pengaruh yang lebih kuat dibanding iklan di TV atau internet. Katalog bisa diakses kapan saja oleh pihak penerima sehingga mereka akan merasa terdorong untuk melakukan pembelian.

Dalam suatu studi kasus USPS, ada retailer jam dan perhiasan mewah yang meluncurkan katalog dengan foto-foto produk yang artistik. Selain dengan mencetaknya, retailer tersebut juga mendistribusikannya melalui email.

Hasilnya, retailer tersebut mengalami peningkatan penjualan sebanyak 15 persen. Selain itu mereka juga mengalami peningkatan engagement sebesar 27 persen dibanding pemasaran biasa lewat email. Ini membuktikan bahwa katalog efektif untuk memikat calon konsumen.

2. Membangun merek

Katalog merupakan instrumen yang efektif untuk membangun merek. Ini lantaran katalog bersifat visual dan manusia adalah makhluk visual. Sederhananya, calon konsumen akan lebih tertarik dengan suatu produk yang diperkenalkan menggunakan visualiasi yang eye-catching.

Tentu visualiasi saja tidak cukup. Harus ada tulisan menarik tentang bisnis atau produk yang ditawarkan untuk menciptakan hubungan emosional dengan calon konsumen. Dengan begitu, merek perusahaan akan lebih mudah diingat oleh calon pembeli.

3. Sebagai media komunikasi

Secara tidak langsung, katalog bisa digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Katalog dengan informasi lengkap dapat membantu perusahaan menjawab pertanyaan mengenai produk yang biasanya ditanyakan oleh calon pembeli.

Di samping itu, katalog juga bisa meningkatkan penyebaran informasi. Asalkan katalog yang dibuat tak hanya menampilkan foto produk dan harganya saja. Namun juga harus menyertakan informasi detail lainnya, seperti cara pemakaian, dimensi produk, dan lain sebagainya.

4. Meminimalkan biaya operasional

Katalog produk, khususnya katalog online, bisa membantu perusahaan untuk menekan total biaya operasional. Perusahaan yang memiliki situs e-commerce bisa mengintegrasikan pengaturan katalog mereka dengan media sosial yang mendukung kegiatan jual beli online.

Hal tersebut jelas dapat menghemat biaya yang biasanya digunakan untuk mencetak katalog hingga ratusan eksemplar. Tak hanya hemat biaya, penggunaan katalog online juga bisa menghemat waktu dalam memperbarui produk yang dipromosikan.

5. Sebagai media promosi yang lebih tepat sasaran

Kebiasaan berbelanja online masyarakat mempermudah perusahaan dalam mengumpulkan data demografi pembeli. Data tersebut dapat digunakan perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran, termasuk dalam membuat katalog.

Misalnya, perusahaan kamu bergerak di bidang produksi peralatan dapur dimana sejumlah produk sangat diminati oleh ibu rumah tangga. Nah, kamu bisa menyebarkan katalog yang menampilkan produk-produk tersebut khusus ke ibu-ibu rumah tangga.

Cara tersebut terbilang efektif untuk meningkatkan penjualan karena katalog didistribusikan sesuai target pemasaran. Segmentasi ini juga membantu menekan biaya produksi. Ini lantaran katalog hanya diberikan ke pelanggan yang menunjukkan minat pada produk yang ditawarkan.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa katalog adalah salah satu alat publikasi yang efektif dalam aktivitas bisnis. Tak hanya untuk mempromosikan produk, namun juga untuk membangun merek, meningkatkan engagement dengan konsumen, dan lain sebagainya.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!