Vital Untuk Keberlangsungan Bisnis! Pahami Seluk Beluk dan Contoh Kontrak Bisnis!

Contoh kontrak bisnis merupakan salah satu bahasan yang banyak dicari oleh pengusaha pemula. Biasanya, contoh kontrak tersebut digunakan untuk mempertimbangkan perluasan bisnis dengan menjalin kerja sama pihak lain. Mengingat kontak bisnis bersifat mengikat secara hukum, dalam pembuatannya harus sesuai kesepakatan bersama antarpihak terkait.

Pengertian kontrak bisnis 

kontrak bisnis dapat diartikan sebagai perjanjian tertulis bernilai komersial antara dua pihak atau lebih yang sah dan mengikat secara hukum. Kontrak bisnis adalah kerangka yang digunakan sebagai dasar hubungan para pelaku ekonomi. 

Prinsip hukum kontrak bisnis diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUUHP). Lantaran sah di mata hukum, kontrak bisnis yang telah disepakati bersama dapat menimbulkan hak dan kewajiban terhadap seluruh pihak terkait.

Syarat sah kontrak bisnis bukan ditandai dengan materai atau tanda tangan, mainkan dari terpenuhinya syarat sah yang diatur secara hukum dan memenuhi asas:

  • Adanya kesepakatan dari seluruh pihak yang bekerja sama.
  • Adanya objek kesepakatan.
  • Adanya klausa halal serta tidak melanggar norma maupun hukum berlaku.

Fungsi kontrak bisnis 

Kontrak bisnis dibutuhkan setiap pengusaha untuk memastikan bahwa kerja sama dengan pihak lain bisa berjalan lancar. Keberadaan kontrak bisnis dapat melindungi seluruh pihak dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat merugikan salah satu pihak. 

Kendati kontrak bisnis penting, masih banyak orang yang menjalin kerja sama berdasarkan perjanjian verbal. Alhasil, kamu tidak bisa menuntut ganti rugi maupun wanprestasi ketika salah satu pihak melanggar kesepakatan. 

Supaya lebih jelas, berikut beberapa fungsi kontrak bisnis.

  • Melindungi hak hukum seluruh pihak yang bekerja sama dalam kontrak perjanjian.
  • Memudahkan pembagian hak dan kewajiban setiap pihak yang terlibat.
  • Melindungi sekaligus meminimalisasi risiko kerugian atau masalah hukum lain yang ditimbulkan akibat pelanggaran perjanjian salah satu pihak.
  • Menjamin fungsi mekanisme pasar dan keamanan tetap lancar bagi setiap pihak yang terlibat bisnis.
  • Secara tidak langsung, kontrak bisnis bisa membantu memperbaiki sistem keuangan serta perbankan.
  • Mewujudkan iklim bisnis yang adil dan  aman untuk seluruh pelaku bisnis.
  • Memudahkan seluruh pihak terkait melakukan pemantauan dan kontrol atas pelaksanaan kesepakatan yang dijanjikan. 
  • Memudahkan penentuan penyelesaian masalah ketika terjadi pelanggaran perjanjian oleh salah satu pihak.
  • Kontrak juga berfungsi sebagai alat bukti untuk menggugat pihak yang melanggar perjanjian ataupun ketika terjadi perselisihan yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah.  

Read more: Bagaimana Sih Cara Buat Logo Untuk Bisnis Yang Benar? Bahas Di Sini Yuk!

Jenis kontrak bisnis 

Untuk memudahkan terjalinnya kesepakatan perjanjian kerja sama, terdapat beberapa jenis kontrak bisnis sesuai kebutuhan. Adapun jenisnya, antara lain sebagai berikut. 

  • Kontrak penjualan

Sesuai namanya, kontrak ini berisikan perjanjian yang berkaitan dengan penjualan, seperti bagaimana cara penjualan barang atau jasa dan ketentuan pembelian barang atau pengalihan layanan. Contoh umum kontrak penjualan: pesanan pembelian, tagihan penjualan, pernyataan kerja, serta garansi produk.

  • Kontrak kerja

Kontrak kerja mengatur seluruh aspek hubungan pemberi kerja (dalam hal ini pemilik bisnis) dan pekerja. Biasanya, kontrak kerja berlaku dalam kurun waktu bervariasi. Misalnya: 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

  • Kontrak pemasok

Kontrak pemasok adalah perjanjian hukum yang terjadi antara pemilik bisnis dengan pemasok yang bertugas sebagai pengatur pertukaran barang. Contohnya: perjanjian distribusi dan kontrak harga tetap.

Contoh kontrak bisnis 

Setelah mengetahui jenisnya, berikut sejumlah kontrak bisnis yang umum digunakan pebisnis maupun perusahaan.

  • Perjanjian sewa komersial

Kontrak bisnis ini memberikan hak pada penyewa untuk menggunakan properti dengan tujuan komersial selama jangka waktu dan imbalan sesuai kesepakatan bersama.

  • Perjanjian konsultasi

Perjanjian ini dibuat untuk pihak yang ingin mendapatkan layanan konsultasi dari konsultan dengan imbalan sesuai kesepakatan. Kontrak ini juga mengatur tentang layanan yang diberikan, durasi waktu, dan biaya.

Biasanya perjanjian konsultasi akan menyertakan klausul kerahasiaan untuk memastikan konsultan menjaga kerahasiaan perusahaan atau pemilik bisnis. 

  • Perjanjian distribusi

Perjanjian distribusi merupakan salah satu contoh kontrak bisnis internasional yang banyak digunakan. Meskipun demikian, tak sedikit orang yang menggunakan kontrak ini untuk kerja sama nasional ataupun regional.

Kontrak ini berisikan perjanjian kerja sama antara pemasok produk dan pemasar atau pemilik bisnis yang ingin menjual produk tersebut di negara atau kawasan tertentu. 

  • Perjanjian franchise

Contoh kontrak ini digunakan pemilik franchise (waralaba) untuk membangun hubungan dengan calon konsumennya. Perjanjian franchise adalah kontrak untuk melindungi merek bisnis dan cara merek tersebut diwakilkan. 

Dalam kontrak bisnis ini tertuang berbagai hak dan kewajiban pemilik waralaba terhadap pemegang waralaba dan sebaliknya. Mulai dari hak lisensi, hak mendirikan gerai waralaba, hak penggunaan merek dagang warabala, kewajiban pembayaran waralaba, hingga kewajiban menjaga kualitas produk yang dijual.

  • Letter of intent

Contoh kontrak bisnis internasional lain yang juga sering digunakan adalah letter of intent. Perjanjian hukum ini digunakan oleh pihak terkait untuk menyatakan niat melakukan kerja sama bisnis yang saling menguntungkan.

Biasanya, letter of intent dirancang sebagai langkah awal hubungan komersial sebelum pembuatan kontrak formal. Lantaran hampir serupa dengan kontrak dalam banyak hal, letter of intent akan menyertakan peran, tugas, dan tanggung jawab pihak terkait.

  • Perjanjian lisensi

Perjanjian lisensi memberikan hak kepada pengguna untuk menggunakan merek dagang dan paten. Biasanya, dalam kontrak terdapat rincian mengenai persyaratan penggunaan, pembayaran lisensi, jangka waktu perjanjian, dan lainnya.

Kontrak bisnis lisensi dirancang untuk mencegah terjadinya perselisihan terkait penjualan, kualitas, dan royalti. Berbekal kontrak bisnis ini, pihak yang terlibat terlindungi hukum dan terhindar dari risiko kerugian.

  • Perjanjian pembiayaan 

Perjanjian pembiayaan termasuk salah satu contoh kontrak bisnis syariah. Kontrak ini berisikan rincian pembiayaan. Mulai dari tujuan, jenis kegiatan, produk pembiayaan, nilai pembiayaan, jangka waktu, tingkat suku bunga, agunan, hingga nilai cicilan.

Dalam perjanjian ini juga memuat hak dan kewajiban pemberi maupun penerima pembiayaan. Selain berbasis syariah, perjanjian pembiayaan ini juga digunakan oleh bank konvensional untuk memberikan kredit.

  • Purchase order

Purchase order (pesanan pembelian) adalah perjanjian bisnis berupa dokumen yang diberikan oleh pembeli pada penjual. Kontrak ini bertujuan untuk mengatur dan menyimpan bukti penjualan atau layanan di kemudian hari.

Bagi pembeli, dokumen perjanjian ini menguntungkan karena mereka dapat melakukan pemesanan tanpa harus membayar lebih dulu. Bagi penjual, dokumen perjanjian ini memberikan pihaknya kekuatan hukum dan mengharuskan pembeli melakukan pembayaran sesuai waktu yang disepakati atau ketika barang sampai di tangan.

Demikianlah informasi mengenai contoh kontrak bisnis yang bisa dipelajari. Kalau kamu punya bisnis dan ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat  dengan Juragan DOKU!

Juragan DOKU sendiri ialah sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsAppe-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, juga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR.

Satu lagi yang nggak boleh dilewatkan, kamu bisa mendapat pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing para mentor bisnis andal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang dapat di-donwload via smartphone di Play Store atau App Store, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, usaha makin gencar, gabung jadi Juragan DOKU, sekarang!