Kunci Keberhasilan dalam Bisnis Adalah: Pelajari di Sini!

kunci keberhasilan dalam bisnis adalah

Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah hal yang wajib kamu ketahui jika ingin membuka usaha. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Membangun dan memulai sebuah bisnis di era masa kini bukanlah hal yang mudah. Sebagai pengusaha, kunci keberhasilan dalam bisnis adalah sesuatu yang penting untuk kamu pelajari. Selain itu, kamu juga harus menginvestasikan banyak waktu, tenaga dan uang demi memastikan bisnismu berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Menurut data dari Investopedia, sebanyak 45% bisnis gagal dalam 5 tahun pertama setelah beroperasi. Penyebabnya bisa beragam. Mulai dari gagal menciptakan model bisnis yang tepat, keuangan yang terbatas, gagal membangun tim yang kuat dan andal serta gagal mengidentifikasi cara untuk tampil menonjol dari pesaing.

Karena kunci keberhasilan dalam bisnis adalah hal penting yang perlu kamu pelajari, simak beberapa di antaranya dalam artikel ini!

Read More: Hindari Keterlambatan Pengiriman Barang dengan Inventory Management yang Andal

Buat Rencana

Ada ungkapan yang mengatakan, “Jika kamu gagal merencanakan, artinya kamu merencanakan kegagalan.” Salah satu kunci penting untuk bisa menjalankan bisnis yang sukses adalah dengan membuat rencana bisnis. Rencana bisnis yang diteliti dengan baik akan mengatur irama kerja yang kamu lakukan untuk bisnismu. Ini juga akan menjadi tolok ukur yang penting untuk menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang Anda lakukan.

Selain itu, ketika mendirikan bisnis kamu juga membutuhkan modal awal. Tidak ada investor yang akan memberikan pendanaan kalau mereka tidak tahu dengan jelas apa yang kamu rencanakan dengan bisnismu.

Pelajari Siapa Audiensmu

Salah satu penyebab yang kerap membuat pengusaha gagal dalam bisnis adalah ketika mereka mengembangkan produk atau layanan tanpa tahu siapa yang akan jadi target pasarnya. Pebisnis yang sukses akan menghabiskan waktu untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang kebutuhan, kebiasaan dan keinginan pelanggan potensial mereka.

Alih-alih memulai bisnis dengan pertanyaan, “Bagaimana saya bisa menjual produk ini?” mulailah bisnismu dengan bertanya, “Apa yang orang lain butuhkan?”

Mengajukan pertanyaan ini akan membantumu fokus pada kebutuhan pelanggan, bukan semata-mata hanya pada fitur produkmu. Pendekatan ini mungkin mengharuskanmu melakukan beberapa penelitian pendahuluan. Tapi percayalah bahwa hal ini akan menyempurnakan strategi agar bisnismu bisa sukses.

Lakukan Semua dengan Terorganisasi

Tidak akan mudah bagimu menjalankan bisnis jika kamu tidak melakukannya secara terorganisasi. Ketika kamu teratur, akan lebih mudah bagimu untuk menyelesaikan tugas harian, atau mingguan karena kamu tahu mana yang jadi prioritas.

Kamu juga perlu mendorong staf atau anggota tim-mu untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu, seluruh komponen perusahaan akan bekerja sama sebagai satu tim untuk mencapai tujuan. Inilah pada akhirnya yang akan membantumu dalam mengembangkan bisnis.

Pahami Kompetitormu

Ketika pertama kali membuka bisnis, kamu pasti akan menemukan banyak perusahaan atau individu yang sudah menjual produk atau layanan yang kamu jual –kecuali kalau kamu memang menghadirkan produk yang benar-benar baru. Kalau tidak, kamu pasti akan selalu punya pesaing. Agar kamu bisa memenangkan pasar, penting untuk mencari tahu bagaimana caranya untuk tampil menonjol dari para pesaingmu.

Kamu bisa memahami kompetitormu dengan melakukan analisis. Mereka mungkin punya strategi yang benar yang bisa kamu terapkan juga untuk bisnismu. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menganalisis pesaing adalah harga mereka, alat pemasaran yang mereka gunakan serta bagaimana cara mereka menangani keluhan pelanggan.

Jika kamu ingin bisnismu berhasil, jangan pernah remehkan pesaingmu. Selain mengimplementasikan langkah-langkah sukses mereka, kamu juga bisa belajar dari kesalahan mereka. Ini bisa jadi kunci penting yang akan memajukan bisnismu.

Pekerjakan Tenaga yang Sesuai

Di awal bisnis, kamu mungkin bisa menjalankannya sendirian. Tetapi ketika bisnismu membesar dan kebutuhanmu bertambah, kamu akan sadar bahwa tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis adalah memulainya dengan merekrut orang yang tepat.

Kamu harus membuat jalur yang jelas untuk orientasi dan pelatihan pekerja baru. Pastikan mereka paham tujuan bisnismu dan layanan yang kamu sediakan. Mempekerjakan karyawan baru memang akan membutuhkan banyak uang. Tapi ini adalah langkah awal sebagai bentuk investasi untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Catat Semuanya Secara Detail

Jika kamu menginginkan bisnis yang sukses, kamu harus bisa menyimpan catatan terperinci. Ini adalah satu-satunya cara kamu untuk mengetahui posisi bisnismu secara finansial: apakah bisnismu mendapatkan untung atau tidak. Catatan ini juga perlu untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi oleh bisnismu.

Jika kamu mengalami kerugian, kamu bisa mengidentifikasi cara untuk meminimalkannya dan di saat yang sama memaksimalkan keuntungan. Lalu, jenis catatan apa saja yang sebaiknya kamu simpan?

  • Laporan bank
  • Faktur
  • Biaya perlengkapan kantor
  • Pengeluaran kendaraan/transportasi
  • Biaya pemasaran
  • Pajak, bunga dan lain sebagainya,

Tetap Fleksibel dan Kreatif

Banyak pebisnis yang sukses sejak awal, tapi tidak sedikit yang sebaliknya. Salah satu kunci penting dalam bisnis –yang menyakitkan tapi perlu kamu pelajari adalah penolakan. Banyak orang yang sukses karena mereka menganggap penolakan sebagai pengalaman, belajar dari sana dan kemudian menjadikannya kesempatan untuk berkembang.

Seyakin apapun dirimu dengan produk atau layanan yang kamu berikan, jangan pernah mengabaikan masukan dan saran. Dengan mendengarkan orang lain, kamu mungkin akan menemukan ide kreatif yang akan membantumu dalam mengembangkan produk.

Berani Mengambil Risiko

Setiap pemilik bisnis perlu memikirkan masalah analitis dan rencana keuangan. Tapi kamu perlu berhati-hati karena kalau tidak, waktumu hanya akan habis untuk memikirkan skenario terburuk dan akhirnya malah mengabaikan tujuan akhir perusahaan.

Lakukan riset dengan baik. Pelajari sebanyak mungkin tentang industri dan basis pelangganmu. Tapi jangan takut untuk bersikap berani dan tegas. Kadang, ini artinya kamu harus rela untuk mengeluarkan uang lagi untuk mendanai ide baru atau berinvestasi dengan teknologi terbaru.

Intinya sederhana: ambillah risiko yang bisa diperhitungkan karena itu akan membantumu mempertahankan momentum. Tidak semua risiko akan membawamu pada kesuksesan. Lakukan navigasi risiko dengan baik agar ini bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

Temukan Keseimbangan yang Tepat Antara Pekerjaan dengan Waktu Istirahat

Ada satu kunci kesuksesan bisnis yang mungkin tidak akan banyak kamu dengar: sukses bukan hanya tentang uang. Jangan sampai demi kesuksesan bisnis alias uang, kamu jadi mengabaikan hal-hal lain yang juga penting dalam hidupmu seperti keluarga, teman dan kesehatan mental. Tidak ada gunanya kesuksesan kalau kamu merasa tertekan karenanya.

Sisihkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri. Matikan ponsel, kalau memang perlu. Temukan sesuatu yang bisa membuatmu kembali bersemangat.

Fokus dalam Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik

Tanpa pelanggan, bisnismu tidak akan ada. Kalau ingin bisnismu bertahan, prioritaskan mereka. Menawarkan pengalaman pelanggan yang baik adalah kunci penting agar kamu bisa meningkatkan kualitas dan kesempatan sukses.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!