Digitalisasi Adalah Kebutuhan Penting dalam Bisnis, Ini Beragam Manfaatnya!

digitalisasi adalah

Ingin meraih kesuksesan dalam bisnis? Digitalisasi adalah kunci penting untuk mendapatkannya. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, lho!

Dunia bisnis mempunyai sifat yang sangat dinamis. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan adaptasi atas setiap perubahan yang terjadi untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Di era modern seperti sekarang, digitalisasi adalah perubahan yang harus kamu terapkan. Kalau tidak, kamu bakal tertinggal oleh para kompetitor. 

Hanya saja, tidak semua pelaku bisnis memahami apa itu digitalisasi dan bagaimana cara melakukannya. Untuk membantu kamu dalam mengimplementasikan proses digitalisasi bisnis, simak pembahasannya berikut, yuk!

Read More: Yuk, Cobain! 7 Ide Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

digitalisasi-adalah

Pengertian Digitalisasi

Secara bahasa, digitalisasi adalah proses komunikasi yang berlangsung secara digital. Proses tersebut melibatkan adanya perubahan data yang awalnya bersifat analog menjadi digital. Pengertiannya pun bisa kamu ketahui secara lebih jelas lewat penjelasan oleh para ahli, termasuk di antaranya adalah: 

1. Digitalisasi Menurut Sukmana (2005)

Sukmana mengungkapkan kalau digitalisasi adalah proses peralihan media cetak, audio, dan video, menjadi media digital. Dalam pelaksanaannya, digitalisasi memerlukan berbagai dukungan peralatan pendukung, termasuk di antaranya adalah komputer, scanner, software, dan lain sebagainya.

2. Digitalisasi Menurut Lasa (2005)

Selanjutnya, Lasa menjelaskan kalau digitalisasi merupakan proses pengelolaan berkas berbentuk fisik atau printed menjadi dokumen elektronik. 

3. Digitalisasi Menurut Brennen & Kreiss (2016)

Ada pula pengertian digitalisasi menurut Brennen dan Kreiss. Keduanya menjelaskan kalau digitalisasi merupakan proses komunikasi digital. Dalam prosesnya, digitalisasi memungkinkan adanya penciptaan, penyimpanan, transfer, serta analisis data digital yang kemudian berdampak pada dunia kontemporer.

Manfaat Digitalisasi bagi Para Pebisnis

Tren digitalisasi dalam bisnis terus mengalami perkembangan. Banyak pelaku bisnis, baik UMKM maupun perusahaan besar, mulai melakukan transformasi digital usahanya masing-masing. Hal itu tak bisa lepas dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari adanya digitalisasi bisnis, termasuk di antaranya adalah: 

1. Penghematan Anggaran

Dalam menjalankan bisnis secara konvensional, kamu memerlukan banyak pengeluaran. Contohnya adalah biaya cetak laporan keuangan, pembelian kertas kuitansi, dan lain sebagainya. Lewat proses digitalisasi, kamu bisa meminimalkan berbagai pengeluaran tersebut. 

2. Memudahkan Proses Transaksi

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan manfaat digitalisasi yang mempermudah proses transaksi. Digitalisasi memungkinkan kamu untuk menyelesaikan transaksi dengan konsumen tanpa harus berhadapan secara langsung. Apalagi, saat ini ada layanan DOKU yang bisa membantu kamu dalam menangani setiap transaksi. 

DOKU bisa membantu kamu dalam memudahkan transaksi dengan konsumen lewat beberapa produk, yaitu: 

Sistem pembayaran tanpa integrasi – Layanan ini merupakan solusi sistem pembayaran praktis untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Kamu bisa menyediakan cara pembayaran cukup dengan mengirimkan link kepada konsumen melalui berbagai platform. Semua itu bisa kamu lakukan tanpa coding atau mempekerjakan tenaga IT. 

3. Kesempatan Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Digitalisasi adalah jalan untuk meraih kesuksesan bisnis yang lebih besar. Hal ini tak lepas dari adanya kesempatan yang bisa kamu dapatkan untuk menjangkau pasar lebih luas. Kamu tidak hanya bisa berinteraksi dengan konsumen di sekitar tempat tinggal, tetapi juga mereka yang berada ribuan kilometer jauhnya. 

4. Mendukung Pekerjaan yang Lebih Sistematis

Manfaat tak kalah penting dari implementasi digitalisasi adalah memudahkan kamu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Alhasil, kamu bisa melakukannya secara lebih ringkas dan cepat. 

Salah satu contohnya adalah ketika kamu melakukan tugas yang berkaitan dengan dokumen. Berkat adanya digitalisasi, kamu bisa dengan mudah melaksanakan pencarian data, pengarsipan, ataupun penyimpanan.

Cara Mudah Menerapkan Digitalisasi dalam Bisnis

digitalisasi-adalah

Untuk mendapatkan berbagai manfaat digitalisasi, kamu tidak perlu kerepotan dalam melakukan implementasi. Kamu bisa menerapkannya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

1. Menentukan Model Bisnis

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam proses digitalisasi bisnis adalah dengan menentukan model bisnis. Tahapan ini sangat penting untuk menentukan komponen yang perlu kamu integrasikan dengan teknologi. Apakah kamu ingin melakukan digitalisasi secara menyeluruh atau sebagian? 

Sebagai contoh, kamu hanya ingin menerapkan digitalisasi untuk sebagian operasional perusahaan. Misalnya, untuk keperluan pemasaran dan komunikasi internal. 

2. Memilih Platform Bisnis

Langkah selanjutnya, kamu harus memahami platform bisnis yang ingin digunakan sebagai bagian dari digitalisasi bisnis. Pemilihan platform tersebut berkaitan erat dengan model bisnis digital yang sebelumnya telah kamu tentukan. 

Hal yang tak kalah penting, pemilihan platform bisnis perlu kamu lakukan dengan tepat. Beberapa tips yang dapat kamu laksanakan untuk bisa memilih platform bisnis yang tepat di antaranya adalah: 

  • Anggaran

Proses digitalisasi adalah upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat anggaran. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki perhitungan secara jelas seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk melaksanakan digitalisasi bisnis tersebut. 

Kalau kamu mempunyai dana besar, bisa mempertimbangkan untuk memilih platform website atau aplikasi. Sementara itu, keputusan untuk berjualan dan menawarkan bisnis lewat media sosial dan marketplace jadi opsi tepat kalau kamu punya anggaran terbatas.

  • Target konsumen

Pemilihan platform juga mempunyai kaitan erat dengan target konsumen. Kamu perlu memastikan kalau pemakaian platform tersebut mampu mendekatkan bisnis dengan orang-orang yang menjadi target pemasaranmu. 

  • Kategori bisnis

Penggunaan platform bisnis juga harus kamu tentukan dengan memperhatikan jenis usaha yang dimiliki. Sebagai contoh, kamu berjualan pakaian. Untuk bisa memasarkannya dengan baik, kamu perlu platform yang mendukung tampilan visual menarik.  

3. Memanfaatkan Internet

Pemanfaatan internet menjadi kunci penting dalam proses digitalisasi bisnis. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menggunakan media sosial, marketplace, aplikasi, atau website

4. Memahami Praktik Digital Marketing

Aspek penting selanjutnya dalam upaya digitalisasi adalah memahami strategi penerapan digital marketing atau pemasaran digital. Ada banyak teknik yang bisa kamu terapkan dalam strategi pemasaran ini, di antaranya adalah: 

  • Search engine optimization (SEO)
  • Search engine marketing (SEM)
  • Social media marketing
  • Email marketing
  • Affiliate marketing
  • content marketing
  • Mobile marketing
  • Marketing analytics

Kamu tidak harus memahami dan menerapkan semua metode pemasaran tersebut. Namun, kamu bisa melakukannya secara perlahan dan memilih strategi yang tepat. 

5. Layanan Pendukung

Terakhir, kamu harus memperhatikan keberadaan layanan pendukung yang bisa memperlancar proses digitalisasi bisnis. Penggunaan DOKU merupakan salah satu contoh nyata dari keberadaan layanan pendukung tersebut. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!