Memulai Usaha Salon? Ini 5 Tipsnya!

usaha salon

Banyak peluang bisnis menjanjikan dengan memanfaatkan bakat dan keahlian. Bisnis semacam ini mungkin butuh modal besar, namun jika tahu triknya, hal tersebut bisa diatasi. Salah satu bisnis berbasis keahlian dengan modal kecil adalah usaha salon.

usaha-salon

Peluang Bisnis Usaha Salon

Terlihat biasa, nyatanya membuka sebuah bisnis salon punya peluang sukses cukup besar. Apalagi jika di daerah yang dipilih belum ada usaha semacam ini. Meskipun bukan kebutuhan utama, tetapi salon termasuk jasa yang selalu dicari orang.

Salon yang dimaksud tentu bukan hanya melayani jasa potong rambut. Kita juga perlu menyediakan layanan lain seperti cuci rambut, creambath, rebonding, curling, atau bahkan coloring.

Semakin lengkap jasa yang ditawarkan, masyarakat akan semakin tertarik dengan bisnis kita. Biasanya bisnis ini banyak dicari oleh perempuan. Seperti yang kita tahu, perempuan termasuk pasar dengan tingkat konsumsi tinggi.

Jika menemukan sesuatu yang sesuai dengan selera mereka, perempuan tidak akan ragu untuk kembali bahkan merekomendasikan jasa kita ke orang lain. Inilah salah satu alasan bisnis salon cukup potensial.

Soal modal, sebenarnya setiap bisnis pasti membutuhkan hal ini. Namun bisnis berbasis keahlian seperti salon bisa dimulai dengan modal minimal. Komoditas utama yang membuat usaha ini bisa diwujudkan adalah bakat.

Jika punya keahlian kesalonan, kita bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis. Sementara itu kelengkapan lainnya bisa diperoleh dengan cara berburu alat second. Seperti hair steamer, bak cuci rambut, atau kursi dan kaca.

Untuk alat lainnya yang murah seperti gunting, catokan, dan hardryer, sebaiknya kita membeli barang baru. Trik semacam ini akan memangkas modal yang dibutuhkan, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Tips Memulai Usaha Salon

Selain trik sebelumnya, ada beberapa tips sebagai referensi untuk memulai sebuah usaha salon, di antaranya:

1. Merencanakan Bisnis

Bagian terpenting dari membangun sebuah bisnis adalah merencanakannya. Dalam perencanaan ini kita tentu perlu menentukan pembiayaan yang dibutuhkan, konsep bisnis, target pasar, hingga rencana pemasok. 

Pemasok yang dimaksud adalah supplier kebutuhan rutin salon seperti sampo, tonik dan vitamin, pewarna rambut, kondisioner, creambath, dan printilan lainnya. Ini penting karena harga yang didapat dari pemasok jelas lebih murah.

Apalagi jika dibandingkan dengan kita membeli eceran di toko perlengkapan salon. Selain itu keberadaan pemasok yang tepat akan menghemat waktu, sehingga kita bisa lebih fokus dalam mengembangkan salon.

Diakui atau tidak, perencanaan bisnis akan membuat usaha kita semakin terarah. Jadi meskipun modalnya kecil, kita bisa memaksimalkan potensi kesuksesannya dengan membuat perencanaan yang matang.

Apalagi jika konsep yang dipilih cukup unik dengan target pasar menjanjikan. Dengan teknik marketing cerdas, bukan tidak mungkin bisnis berkembang lebih besar dan mampu membuka cabang di lokasi lain.

2. Memilih Lokasi

Tips selanjutnya adalah memilih lokasi. Diakui atau tidak, lokasi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu bisnis termasuk bisnis salon. Apabila ingin usaha maju, pilihlah lokasi yang strategis.

Strategis dalam hal ini adalah, lokasi salon dekat dengan target pelanggan, akses kendaraan dan pejalan kaki mudah, serta bangunan salon mudah ditemukan. Lokasi semacam ini tidak selalu berada di pinggir jalan besar.

Mengingat bangunan di pinggir jalan besar biasanya punya harga jual dan sewa yang tidak terlalu mahal. Selama lokasinya dekat dengan target pasar, bangunan sudah bisa disebut strategis.

Bahkan jika kita membuka salon di daerah perumahan sekalipun, selama di perumahan tersebut potensi pasar cukup besar maka usaha kita pun akan sukses. Jadi ketika menentukan poin ini, kita harus mempertimbangkan banya

Apabila sebelumnya kamu sempat bekerja di salon lain dan membuka usahamu sendiri, kamu bisa memilih lokasi tidak terlalu jauh dari tempat kerja lama karena pelanggan setia biasanya akan mencari penata rambut andalan mereka.

Read More: Serba-Serbi Usaha Laundry Rumahan

3. Cari Tahu Tentang Tren

Tips selanjutnya adalah, cari tahu tentang tren persalonan yang sedang hits saat ini. Tren tidak hanya akan memikat target pelanggan, tetapi juga mengundang pelanggan di luar target yang sekiranya potensial.

Misalnya, beberapa tahun belakangan segala hal tentang Kpop sedang hits. Kmau bisa menjadikan hal tersebut sebagai bahan untuk membuat konsep bisnis salon yang menarik seperti layanan program perawatan rambut ala Korea, atau sejenisnya.

Dengan memanfaatkan tren yang ada, kita bisa meningkatkan peluang bisnis untuk semakin dikenal oleh orang. Jadi meskipun tergolong baru, orang akan tertarik dengan usaha salon berkat konsep yang diusung.

Jika ingin mengikuti tren tetapi khawatir hal tersebut tidak akan abadi, kamu bisa buat konsep seasonal. Jadi setiap bulan, ada tren terkini yang dipromosikan untuk menarik pelanggan serta meningkatkan angka penjualan. 

usaha-salon

4. Menentukan Layanan

Selanjutnya, tentukan layanan. Dalam sebuah usaha salon ada banyak layanan yang ditawarkan. Untuk awal, layanan potong rambut plus cuci keramas tentu harus ada. Layanan ini termasuk paling dasar dan harus dimiliki sebuah salon.

Untuk layanan tambahannya, kamu bisa menambahkan service pelurusan dan pengeritingan rambut, perawatan wambut dengan creambath atau hair mask, hingga pewarnaan rambut.

Layanan yang disebutkan sebelumnya merupakan service dasar yang cukup diminati banyak orang. Jadi jangan khawatir tidak akan banyak yang tertarik jika layanan tersebut kamu sediakan.

5. Mulai Promosi

Terakhir, tentu saja promosi. Ada banyak sekali bentuk promosi yang bisa dimanfaatkan supaya bisnis salon yang sedang dibangun maju. Salah satunya adalah dengan mempromosikan salon di media sosial.

Selain karena jangkauannya lebih luas, promosi melalui media sosial juga akan membuat salon semakin dikenal. Sebagai langkah awal, manfaatkan media sosial pribadi untuk mempromosikan layanan di salon.

Jika ada dana lebih, buatlah website khusus dimana pelanggan bisa reservasi untuk mendapatkan layanan di salon tanpa antri. Selain memudahkan pelanggan, calon pelanggan juga bisa melihat service yang disediakan oleh salon dengan mudah.

Bagaimana, sudah siap membuka salonmu sendiri? Di era digital seperti saat ini, selain sejumlah tips di atas ada banyak hal lain yang bisa dimanfaatkan sehingga bisnis bisa berkembang lebih besar lagi.Salah satunya dengan menyediakan ragam metode pembayaran variatif dari berbagai channel. Hal semacam ini bisa dikategorikan sebagai salah satu teknik marketing untuk memikat pelanggan dan loyalitas mereka.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!