7 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

peluang usaha yang belum banyak pesaing

Di zaman sekarang, rasa-rasanya nyaris semua hal bisa jadi usaha bisnis. Namun kalau ingin punya usaha yang benar-benar menghasilkan, salah satu cara dan strategi dasar yang perlu dilakukan adalah mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Makin sedikit pesaing yang kamu miliki, makin besar peluang kamu lebih mudah dikenal oleh konsumen. Makin mudah dikenal, makin besar peluang kamu menghasilkan penjualan apalagi jika kualitas yang dihasilkan sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi pelanggan.

Jadi, apa saja, sih, peluang usaha yang belum banyak pesaing yang menjanjikan dan bisa kamu coba?

Rekomendasi Peluang Usaha yang Belum Banyak Pemain

Katering Sehat 

Kesadaran untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi mulai banyak terjadi di Indonesia. Bahan-bahan untuk memenuhi kebutuhan ini pun relatif tidak terlalu sulit diperoleh—ada banyak bahan-bahan di sekitar yang bisa dimanfaatkan.

peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing

Namun, tidak semua orang merasa punya cukup sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sumber daya tersebut umumnya mencakup waktu untuk mempersiapkannya, mulai dari perhitungan nutrisi hingga berkecimpung di dapur secara langsung.

Hingga kini, katering makanan sehat pun masih cenderung belum terlalu banyak, terutama di kawasan berkembang. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk mulai membuka usaha impian.

Jasa Titip 

Walau populer, ternyata pelaku jasa titip alias jastip masih belum terlalu banyak, lho. Hal ini karena peminat barang-barang yang terbatas distribusinya makin banyak dan meluas di berbagai daerah.

Karena itu, jasa titip bisa jadi salah satu peluang usaha menjanjikan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah—khususnya jika kamu gemar traveling dan shopping. 

Pastikan kamu memiliki niche yang khusus dan memiliki pengetahuan terkait produk yang relevan serta tren di pasar alih-alih melakukan jastip semua produk. Dengan begitu, kamu akan memiliki spesialisasi tersendiri dan lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh pelanggan.

Seperti contoh, kamu memiliki ketertarikan terhadap sneakers dan sangat up to date dengan hal-hal seputar sneakers. Kamu pun bisa fokus menyediakan jasa titip untuk produk-produk sneakers langka, terbaik, limited edition, atau yang lainnya.

Kursus Online 

Kamu suka mengajar? Kalau ya, kamu bisa menjadikan kursus online sebagai salah satu peluang pintu pendapatan.

Memang, kursus online saat ini sudah cukup banyak. Namun di sisi lain, kebutuhan akan kursus online terus meningkat. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.

Kursus online yang dimaksud pun bermacam-macam. Kamu bisa mengajar anak-anak di bangku sekolah hingga kuliah maupun mereka yang siap atau sudah dalam dunia kerja dan ingin mengasah lebih tajam skill yang dimiliki.

Kalau ingin yang minim pesaing, kamu bisa coba fokus menyasar daerah tertentu, seperti daerah yang masih berkembang alih-alih kota besar. Pertimbangkan pula layanan yang akan kamu tawarkan serta pastikan memiliki nilai lebih dibandingkan pesaing secara umum.

Read More: 9 Ide Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan 2023

Penyewaan Baju 

Penyewaan baju identik dengan baju pengantin atau beberapa baju untuk acara-acara khusus. Namun, beberapa waktu terakhir mulai bermunculan penyewaan baju-baju kasual, tetapi tetap chic untuk OOTD.

Peluang usaha yang belum banyak pesaing ini cocok untuk kamu yang mempunyai koleksi baju dan perlengkapan fashion lain yang masih layak dikenakan. Daripada barang-barang menganggur begitu saja, kamu bisa menggunakannya untuk menghasilkan uang.

Harga yang ditawarkan untuk penyewaan baju ini relatif murah. Beberapa penyewa menetapkan harga bahkan mulai Rp5 ribu rupiah tergantung baju yang ditawarkan. Kamu pun bisa menyesuaikannya dengan merek dan kondisi barang yang akan kamu sewakan.

Pastinya, kamu harus menyiapkan baju dan aksesori pendukung dalam kondisi yang bersih, rapi, dan layak untuk dikenakan. Kamu juga perlu mengecek kembali barang-barang tersebut setiap sebelum dan sesudah disewakan.

Penyewaan Alat-Alat Kesehatan 

Beberapa orang yang sedang mengalami kondisi tertentu memerlukan dukungan alat kesehatan untuk menunjang aktivitas dan fungsi fisik mereka maupun untuk memantau kondisi yang sedang dialami.

Sayangnya, banyak alat-alat kesehatan yang dijual dengan harga tidak murah, sementara pasien tersebut hanya memerlukan alat-alat tersebut dalam kurun waktu tertentu saja dan tidak lama. 

Seperti contoh adalah pasien yang baru selesai operasi dan membutuhkan kruk untuk membantunya bergerak dalam masa pemulihan selama satu hingga dua bulan saja. Daripada harus membeli dengan menggunakannya sekali, lebih hemat jika menyewanya saja, bukan?

Berita baiknya, persewaan alat-alat kesehatan masih menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing. Untuk bisa kembali modal, waktu yang kamu perlukan pun relatif tidak lama. Menarik, bukan?

Penyewaan Alat dan Perlengkapan Bayi 

Bayi memiliki perkembangan yang sangat cepat. Dalam kurun waktu yang singkat untuk setiap masa tumbuh kembangnya, ada beberapa perlengkapan yang bisa digunakan guna mendukung kemajuannya.

Karena itu, menyewakan perlengkapan bayi dan balita bisa jadi pilihan tepat sebagai ladang usaha. Kamu pun bisa memulainya dari beberapa perlengkapan paling umum seperti stroller, baby walker, dan sebagainya.

Oleh karena bayi cukup sensitif dan perlu mendapat perhatian ekstra, pastikan alat-alat yang kamu sewakan bersih dan dalam kondisi baik sehingga tidak membahayakan si kecil saat menggunakannya.

Personal Trainer atau Instruktur

peluang-usaha-yang-belum-banyak-pesaing

Satu lagi kesadaran yang meningkat dalam kehidupan masyarakat saat ini adalah terkait aktivitas fisik. Sepanjang tahun, selalu ada orang-orang yang memiliki resolusi untuk memperbaiki pola hidupnya, termasuk salah satunya olahraga dengan konsisten.

Kalau kamu suka berolahraga dan membantu orang, menjadi personal trainer atau instruktur bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan. Pendapatan seorang personal trainer atau instruktur pun tidak main-main, lho—kamu bisa mengantongi jutaan rupiah tiap bulannya.

Pilihlah olahraga yang memang menjadi kesukaan atau kehalianmu. Ada banyak, kok, yang bisa kamu pilih, seperti personal trainer di gym, instruktur yoga atau pilates, pelatih lari, renang, atau sepeda, dan lain-lain. 

Untuk melengkapi pengetahuan dan skill, kamu bisa lebih dulu mengikuti program khusus seperti teacher training atau program serupa lainnya. Namun jika telah berpengalaman dan mampu serta menguasai ilmunya, kamu tak harus melalu tahap “pembelajaran” ini.Nah, itulah beberapa peluang usaha yang belum banyak pesaing dan bisa jadi pilihanmu untuk memulai bisnis baru di tahun ini. Agar bisnis lebih langgeng, pilihlah jenis usaha yang memang sesuai dengan passion sehingga dapat melakukannya sepenuh hati.

Untuk mendukungmu mewujudkan berbagai peluang usaha rumahan ini dan mengembangkannya lebih luas, DOKU hadir dengan layanan pembayaran dan payment gateway praktis.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Selain berbagai hal di atas, jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan usaha atau bisnis milikmu. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!