Dear Pemula, Ini 7 Tips Memulai Usaha Kuliner

tips memulai usaha kuliner

Penting bagi pemula untuk mengetahui tips-tips yang tepat bila ingin memulai usaha kuliner dengan sukses. 

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan keuntungan berlimpah. Variasi jenis usaha ini cukup luas, mulai dari produk jajanan tradisional hingga makanan fusion nan mewah. Peluang besar ini membuat banyak orang tertarik terjun ke dalamnya. 

Namun tak dapat ditampik, persaingan di dunia kuliner juga sangat ketat. Para pengusaha kuliner zaman now dituntut menjadi inovatif dan kreatif. Bagi kamu yang tertarik memiliki usaha sendiri, berikut 7 tips memulai usaha kuliner yang bisa diterapkan. 

Read More: Apa Itu Analisis Kompetitor? Strategi Agar Menang dari Pesaing Bisnis

Buat Rencana Bisnis 

Tips sukses pertama yang harus dilakukan membuat rencana bisnis (business plan) sebelum kamu benar-benar menjalankan usaha kuliner. Meski terlihat sepele, rencana tersebut akan membantumu kamu mengidentifikasi tujuan bisnis yang harus dicapai. 

Beberapa poin yang harus ditentukan dalam rencana bisnismu antara lain target pasar, jenis produk yang ingin dijual, sistem operasional, target penjualan, rencana pengembangan serta jumlah dana yang dibutuhkan. 

Buat pula profil perusahaan seperti nama dan alamat yang jelas. Berangkat dari situ, kamu bisa dengan mudah menentukan visi dan misi dalam usahamu. 

Jangan lupa buat logo brand yang ingin digunakan. Buatlah logo yang memiliki desain unik sehingga mudah diingat konsumen. Rencana ini bisa kamu jadikan pedoman untuk menjalankan bisnis.

Lakukan Riset Pasar 

Riset pasar sangat penting dilakukan untuk mengetahui apa produk yang diminati oleh calon konsumen. Lakukan riset ke berbagai kelompok umur untuk mendapatkan pandangan secara menyeluruh.  

Hasil riset pasar ini juga akan sangat menentukan target pasar yang kamu sasar. Misalnya, apakah produk kuliner yang dijual khusus untuk anak-anak saja atau bisa menjangkau semua kelompok usia. 

Bila sudah mengetahui siapa saja yang menjadi target pasar, jangan lupa pelajari kebiasaan calon pelanggan. Misalnya gaya berinteraksi atau tempat berkumpul favorit mereka. Ini sangat penting untuk menentukan style produk makanan yang nantinya ditawarkan. 

Jangan lupa melakukan riset terhadap kompetitor yang ada disekitarmu. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dari kompetitor tersebut. Kamu akan menemukan celah agar lebih baik dari kompetitor, baik dari segi pengemasan, layanan hingga harga. 

Penentuan Produk 

Menentukan produk kuliner yang tepat merupakan langkah krusial dalam membangun bisnis kuliner. Dari ribuan jenis makanan dan minuman yang ada, kamu harus menentukan fokus mana saja produk yang hendak dijual. 

Misalnya ingin fokus ke produk frozen food saja atau produk jajanan manis saja. Fokus pada jenis kuliner tertentu akan sangat membantumu melakukan pengembangan produk dengan lebih baik dan terarah. 

Karena sebelumnya sudah melakukan riset kepada calon konsumen, tentu kamu sudah tahu mana produk yang digandrungi. Fokuslah pada produk tersebut dan tentukan mana resep yang akan dipakai. 

Untuk menentukan mana resep yang layak dipakai, kamu harus melakukan food testing. Berikan beberapa sampel produk kepada sejumlah orang. Pilihlah resep yang produknya paling banyak diminati. 

Buat Rencana Promosi 

Membuat rencana promosi yang matang adalah tips memulai usaha kuliner yang wajib dilakukan. Sebuah usaha kuliner tidak bisa berjalan maksimal tanpa strategi promosi yang baik. Promosi dari mulut ke mulut memang terbukti efektif untuk menarik pelanggan baru. Namun, jangkauannya tidak terlalu luas. 

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnismu. Buatlah akun media sosial usaha kulinermu baik di Instagram, Twitter, atau Facebook. Bila perlu pasang iklan digital untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. 

Bila usaha kuliner yang kamu jalankan memiliki skala besar, manfaatkan jasa marketing influencer. Para influencer ini sudah terbukti dapat menjaring banyak konsumen terutama mereka yang memiliki banyak pengikut di media sosial. 

Mempekerjakan tenaga profesional 

Bila kamu tidak lihai dalam hal masak-masak kamu bisa tetap memulai usaha kuliner loh. Caranya adalah dengan mempekerjakan tenaga profesional. Mulai dari tukang masak hingga para pelayan yang menyajikan makanan. 

Karena itu, sangat penting untuk membuat Standard Operating Procedure atau SOP. Kehadiran SOP Ini bisa menjadi panduan untuk setiap orang yang terlibat dalam bisnismu menjalankan tugasnya dengan baik dan konsisten. 

Setelah memiliki SOP, buka rekrutmen karyawan. Pilih kandidat yang memenuhi kriteria yang dicari dan bisa bekerjasama. Kehadiran karyawan ini sangat membantumu dalam menjalankan operasional bisnis sehari-hari. 

Penentuan Lokasi

Walaupun awalnya kamu melakukan produksi dari rumah, namun kedepannya mungkin saja kamu harus memiliki gudang untuk menyimpan stok bahan makanan. Karena itu, sangat penting untuk memiliki tempat jualan, produksi dan gudang secara berdekatan. 

Karena itu, sangat penting untuk memiliki atau menyewa bangunan khusus agar usaha kuliner yang dijalankan terlihat lebih profesional. Tidak perlu besar, yang produk yang kamu jual dapat disajikan dengan baik. 

Dalam memilih tempat usaha, hal pertama yang wajib kamu tentukan adalah lokasi. Lokasi yang strategis seperti berada di depan jalan utama serta dekat dengan sekolah atau fasilitas publik lainnya sangat disarankan. 

Meskipun demikian, kamu juga harus mempertimbangkan biaya sewa yang dikeluarkan. Jangan sampai nantinya pemasukan yang diterima tidak cukup untuk menutupi biaya gedung yang disewa. 

Di samping itu, tata ruang dari tempat usahamu juga harus dapat diperhatikan. Sediakan 50 persen dari total gedung untuk display produk dan sebagai tempat makan. Sisanya dapat dimanfaatkan untuk dapur dan gudang. 

Akses ke Modal Usaha 

Pinjaman ke bank bukan satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal demi memulai usaha kuliner. Beberapa cara berikut bisa menjadi opsi agar kamu mendapatkan akses ke modal usaha. 

  • Mencari investor dari kenalan

Bagi para pemula di bidang bisnis kuliner, kamu bisa mencari investor dari kenalan terdekat. Buatlah daftar orang-orang terdekat yang memiliki potensi untuk menjadi investor.

Siapkan proposal yang jelas dan rinci dan presentasikan bisnismu kepada mereka. Paparkan juga risiko bisnis yang mungkin dialami agar investor bisa realistis menentukan jumlah modal yang diberikan. 

  • Ikut kompetisi

Saat ini, sudah banyak kompetisi dunia usaha yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun lembaga swasta. Cari informasi mengenai mana jenis kompetisi yang cocok untuk kamu ikuti. 

Lakukan pendaftaran dan maksimalkan seluruh kemampuanmu untuk mencapai kemenangan. Biasanya hadiah yang dijanjikan cukup besar sehingga bisa dijadikan sebagai modal usaha. 

  • Crowdfunding 

Crowdfunding merupakan metode untuk mendapatkan modal ke lebih banyak investor. Sudah cukup banyak lembaga yang menginisiasi kegiatan crowdfunding. Pastikan lembaga yang hendak kamu gunakan sudah diverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Demikianlah tips memulai usaha kuliner yang bisa kamu jalankan. Jika ingin bisnis kulinermu semakin maju dan bisa menjangkau calon pelanggan lebih luas, ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!