QRIS TUNTAS dan QRIS Antarnegara: Mengubah Pola Transaksi dengan Canggihnya Inovasi

QRIS TUNTAS dan QRIS Antarnegara

Sistem pembayaran di Indonesia semakin mudah dengan hadirnya QRIS. Merchant bisa lebih cepat terima pembayaran dan tidak butuh uang kembalian. Selain itu, konsumen juga lebih praktis dan cepat saat bertransaksi. Pertumbuhan QRIS juga cukup pesat, dimana sejak QRIS diluncurkan pada Agustus 2019 hingga kini ada lebih dari 30 juta merchant yang bukan hanya bisnis besar melainkan juga bisnis kecil memakai QRIS. Selain itu, sebanyak 47 juta orang sudah menggunakan QRIS. Ini adalah potensi yang baik bagi bisnis untuk menyediakan opsi metode pembayaran dengan QRIS.

Angka adopsi QRIS juga terus naik dan ditargetkan berkembang pada tahun 2023. QRIS juga memperkenalkan fitur terbaru, salah satunya QRIS TUNTAS. QRIS TUNTAS adalah singkatan dari QRIS Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai. QRIS TUNTAS menjadi layanan terbaru yang memudahkan pengguna untuk tarik tunai dan setor hanya dengan memindai kode QR. Selain it, QRIS juga bisa digunakan untuk transfer ke antar pengguna aplikasi pembayaran lebih praktis dengan kode QR.

3 Fitur QRIS Tuntas

  1. QRIS Transfer: QRIS Transfer memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi transfer dana ke antar pengguna QRIS lain menggunakan kode QR. 
  2. QRIS Tarik Tunai: Pengguna melakukan transaksi penarikan dana dengan memindai kode QR di mesin ATM atau merchant QRIS yang merupakan mitra tarik tunai. Kelebihan dari QRIS Tarik Tunai ini adalah pengguna bisa menarik tunai di mesin ATM tanpa harus memiliki rekening bank tertentu. Contohnya, pengguna bisa melakukan tarik tunai dari akun uang elektronik PJP non-bank.
  3. QRIS Setor Tunai: QRIS Setor Tunai memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi setor tunai menggunakan kode QR. Penyetor cukup menunjukkan kode QR ke mesin ATM atau merchant QRIS yang bertindak sebagai mitra setor tunai.

Adapun beragam manfaat QRIS TUNTAS antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital. Hal itu seperti optimalisasi sumber dana agar bisa dipakai untuk berbagai kegiatan, tak hanya simpanan tapi juga menambah fungsi sebagai uang elektronik.
  2. Meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas karena nantinya melalui fitur QRIS TUNTAS ini, QRIS bisa dipakai antara bank dengan bank, bank dengan non bank maupun non-bank dengan non-bank.
  3. Mendorong inklusi keuangan karena nantinya fitur ini juga akan digunakan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

QRIS Antarnegara

Inovasi QRIS lainnya yakni QRIS Antarnegara. QRIS Antarnegara adalah sebuah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) yang berbasis kode QR yang bisa dipakai untuk bertransaksi lintas negara. Kini, wisatawan bisa berbelanja di mancanegara dengan mata uang rupiah tanpa perlu menukar ke money changer. QRIS Antarnegara ini adalah bentuk kerjasama sistem pembayaran berbasis kode QR yang sebagai wujud nyata atas implementasi G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments, serta bisa menjadi terobosan dalam memperkuat integrasi ekonomi kawasan sejalan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN and co-Chairmanship Jepang pada ASEAN+3 di tahun 2023. 

Baca juga: Dari 0,7% Turun Menjadi 0,3%, Apa Alasan Dibalik Penyesuaian Tarif MDR QRIS?

Ada 4 bank sentral di negara ASEAN yang sudah sepakat untuk bekerjasama dalam mewujudkan dan mendukung pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan dan inklusif ini yaitu Thailand, Malaysia, Filipina dan Singapura. Dengan inovasi ini, wisatawan asing di Indonesia juga bisa bertransaksi dengan memindai kode QR merchant Indonesia dari aplikasi pembayaran negaranya. Wisatawan yang ingin berbelanja di Indonesia pun bisa lebih leluasa karena mereka tak lagi kesulitan menukar uang. Kebijakan ini, juga sangat berguna bagi pelaku bisnis karena bisa memperluas jangkauan target market.

Demikian penjelasan tentang berbagai inovasi QRIS yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan digitalisasi pembayaran di Indonesia. DOKU sebagai Perusahaan Teknologi Pembayaran yang memiliki lisensi dari Bank Indonesia (BI) sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) juga mendukung bisnis untuk go digital melalui opsi metode pembayaran dengan QRIS.