Beralih ke Online Payment, Kunci Strategis Bisnis Masa Kini

Bisnis dari skala apa pun perlu mulai mempertimbangkan opsi online payment. Hal ini untuk menunjang transaksi bisnis yang lebih aman, nyaman, dan praktis.

Perkembangan teknologi digital juga mengubah preferensi dan kebiasaan masyarakat. Dalam hal pembayaran transaksi pun kini online payment jadi opsi yang banyak digunakan. Hal ini makin didukung setelah pandemi yang mendorong masyarakat untuk bertransaksi dengan cara lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa yang Benar dan Sistematis

Apa Itu Online Payment? 

Online payment alias pembayaran digital merupakan jenis metode pembayaran yang dilakukan menggunakan teknologi digital. Dalam kata lain, transaksi tidak lagi menggunakan uang tunai yang diserahkan dari pihak pelanggan ke penjual. Nominal yang ditransaksikan pun akan berpindah secara digital secara aman melalui sistem yang sudah dirancang sedemikian rupa dan diizinkan oleh Bank Indonesia.

Meski begitu, proses pembelian dan penjualan produk (barang maupun jasa) yang dilakukan tidak harus dilakukan secara online. Seperti contoh, seseorang membeli barang di toko buku dengan mendatangi langsung bangunan fisik toko tersebut. Namun saat akan melakukan pembayaran di kasir, pelanggan tersebut memilih untuk melakukan pembayaran bukan dengan uang tunai, melainkan QR code.

Tentunya online payment pun juga dapat dimanfaatkan untuk transaksi yang dilakukan secara online di platform digital. Seperti contoh seseorang melakukan pemesanan suatu barang di salah satu toko di marketplace. Dia pun memilih melakukan pembayaran melalui virtual account dengan nomor rekening tujuan yang diberikan oleh pihak marketplace.

Jenis-Jenis Online Payment di Indonesia

Pilihan jenis pembayaran online di Indonesia cukup beragam. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Transfer Bank (ATM)

Boleh dibilang inilah online payment paling lawas, tetapi tetap masih banyak digunakan oleh masyarakat. Cara ini sebetulnya masih semi-konvensional karena pelanggan harus pergi dulu ke ATM atau teller bank untuk melakukan transfer dana untuk transaksi yang dilakukan.

  1. Virtual Account

Seperti namanya virtual account merupakan rekening bank virtual. Bank akan membantu membuat ID pelanggan untuk melakukan transaksi yang disebut virtual account number. Virtual account number pun dapat selalu sama untuk setiap pelanggan atau berubah-ubah sesuai kebutuhan merchant.

  1. E-Wallet

Tiap tahun makin bermunculan e-wallet yang muncul di Indonesia. Lewat metode ini, pelanggan bisa membayar menggunakan saldo yang mereka miliki di aplikasi e-wallet. Adapun pembayaran via e-wallet bisa lewat berbagai cara, seperti NFC, QR code, atau pembayaran langsung lewat ke merchant sesuai yang ada di opsi aplikasi.

  1. QR Code

Metode pembayaran online ini menggunakan kode matriks dua dimensi. Untuk menggunakannya, pelanggan bisa membuka aplikasi m-banking ataupun e-wallet yang dimiliki, lalu scan kode QR yang dimiliki oleh merchant.

  1. Internet Banking

Jenis online payment ini merupakan versi peningkatan transfer bank cara manual. Dengan ini, pelanggan bisa mengakses halaman resmi internet banking sesuai bank yang digunakan lalu melakukan transfer dana dengan lebih mudah.

  1. Mobile Banking

Setingkat lebih praktis dari internet banking adalah mobile banking atau yang biasa disingkat m-banking. Pelanggan cukup membuka aplikasi m-banking yang sudah diinstal di hp, lalu melakukan transaksi dengan nyaman.

Manfaat Online Payment 

Online payment menjadi win-win solution baik bagi bisnis maupun pelanggan. Pembayaran yang lebih fleksibel membuat transaksi jadi lebih efisien, nyaman, dan aman bagi kedua belah pihak.

  1. Meminimalkan Peredaran Uang Palsu

Meski cenderung menurun, kasus peredaran uang palsu masih dapat ditemui. Oleh karena pembayaran dilakukan secara digital, maka ada sistem yang aman antara pihak bank dan sistem pendukung yang dilakukan. Hal ini pula yang menjadi alasan Bank Indonesia mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi nontunai.

  1. Meningkatkan Keamanan

Manfaat online payment berikutnya adalah untuk menghindari penipuan dan penyalahgunaan karena dapat dideteksi secara cepat dan real-time terutama transaksi dalam jumlah besar. Teknologi pembayaran digital biasanya juga dilengkapi sistem anti fraud sehingga lebih aman.

  1. Mendorong Efektivitas dan Efisiensi Ekonomi

Transaksi yang lebih mudah dan cepat akan mendorong perekonomian. Tak perlu lagi adanya antrean lama hanya untuk menyelesaikan satu transaksi dan jumlah yang ditransaksikan pun biasanya telah sesuai dengan kesepakatan.

  1. Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Transaksi yang nyaman akan membuat pelanggan jadi lebih puas dengan layanan yang diberikan. Mereka pun tak enggan untuk kembali melakukan pembelian di kemudian hari sehingga menguntungkan bisnis.

Siapa yang Memerlukan Online Payment?

Online payment dapat diterapkan oleh bermacam-macam tipe dan skala bisnis, mulai dari UKM hingga enterprise sekalipun. Hal ini pun disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis itu sendiri maupun preferensi pelanggan. Paling tidak, tentunya target pasar juga sudah cukup paham dengan penggunaan online payment dan terbiasa menggunakannya.

Baik model bisnis B2C maupun B2B sama-sama bisa menawarkan metode pembayaran online kepada pelanggan. Hanya saja, variasi metode pembayaran yang ditawarkan boleh jadi berbeda.

Seperti contoh, pelanggan B2C masih cenderung cocok untuk menggunakan transfer bank, VA, e-wallet, QRIS, mobile banking, dan internet banking. Bisnis pun harus menyiapkan kanal yang pas untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Sementara itu untuk pelanggan B2B biasanya masih lebih banyak menggunakan cara semi-konvensional seperti VA dan transfer bank baik melalui ATM, teller bank, internet banking, maupun mobile banking.

Tips Memilih Rekan Online Payment yang Tepat 

Ada banyak mitra online payment yang tersedia. Namun, memilih yang tepat boleh jadi bukan perkara yang mudah. Paling tidak, ada beberapa pertimbangan mendasar yang harus kamu perhatikan seperti berikut.

  1. Cek Legalitas dan Keamanan Transaksi

Selalu pastikan bahwa mitra yang ada dalam radar sudah terlisensi dan diawasi oleh Bank Indonesia. Hal ini untuk memastikan keamanan transaksi yang kamu lakukan sekaligus mendapat perlindungan hukum yang kuat.

  1. Kenali Fitur yang Ditawarkan

Cari tahu seberapa aman transaksi dan data-data yang akan dioperasikan melalui online payment tersebut lewat fitur yang mereka gunakan. Beberapa fitur pendukung lain seperti real-time settlement, laporan, dan lain-lain juga perlu kamu pelajari untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pelajari Track Record

Gali bagaimana pengalaman perusahaan lain menggunakan layanan tersebut. Testimoni pelanggan akan memberi pertimbangan yang lebih aktual. Tentunya, kenali juga apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihannya, jangan hanya salah satu.

  1. Pilih dengan Biaya yang Sesuai

Jangan terpaku hanya dari nominal atau persentase yang ditawarkan. Lebih dari itu, pertimbangkan pula berbagai fasilitas dan fitur yang kamu peroleh dari layanan tersebut untuk membantu pengelolaan penerimaan dana dari pelanggan.

Online payment menjadi bagian tak terpisahkan dari transaksi bisnis masa kini. Untuk itu, DOKU hadir sejak 2007 sebagai pionir payment gateway di Indonesia yang terus membantu enterprise dan UMKM mengelola pembayaran online dengan lebih mudah dan praktis.  

DOKU memungkinkan kamu menerima pembayaran dari berbagai macam online payment hanya lewat satu pintu dan mengelola semua transaksi hanya dalam satu dasbor. Bersama DOKU, manajemen transaksi jadi lebih praktis, mudah, dan aman. Hubungi tim sales kami untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkan Akses ke Berbagai Metode Pembayaran Online Favorit Pelangganmu dengan DOKU


DOKU, perusahaan fintech pembayaran yang juga menyediakan layanan payment gateway menawarkan berbagai solusi pembayaran online yang akan memenuhi kebutuhan bisnismu. Kami memahami bahwa setiap pelanggan memiliki pilihan metode pembayaran yang berbeda, sehingga sangat krusial bagi bisnis, sebagai pemilik usaha, untuk menyediakan berbagai opsi pembayaran ini untuk meningkatkan pertumbuhan bisnismu.

Dengan DOKU, kamu bisa mengakses beragam pilihan pembayaran yang telah terintegrasi melalui proses pendaftaran yang sederhana dan integrasi yang mudah. Kami menjamin keamanan transaksi, memastikan kelancaran operasional bisnis. kamu dapat memantau semua transaksi melalui dashboard aplikasi web kami, yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan efisiensi.

Proses pendaftaran di DOKU sangat mudah dan bisa kamu lakukan secara gratis! Jadi, tunggu apa lagi? Bergabunglah sekarang untuk mengalami kemudahan layanan kami dan mendukung pertumbuhan bisnismu dengan solusi pembayaran DOKU. Klik di sini untuk mendaftar langsung dan klik di sini apabila membutuhkan bantuan sales kami, klik di sini sekarang!