20 Ide Menu Bazar Paling Laris, Ayo Coba!

Manfaatkan kesempatan bazar untuk cari keuntungan dalam waktu singkat. Berikut beberapa ide menu bazar paling laris yang bisa kamu coba, dijamin praktis!

Mau mulai bisnis F&B dan tes ombak? Kalau ya, cobalah ikut bazar. Di kesempatan ini kamu bisa mencari tahu bagaimana reaksi pasar–apakah antusiasmenya meriah atau tidak. Berikut adalah beberapa menu bazar paling laris yang bisa kamu coba.

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Barang, Mudah dan Simpel Buat Bisnis!

1. Dimsum

Dimsum merupakan snack asal Tiongkok yang menggunakan kulit khas seperti kulit lumpia. Isiannya pun beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan preferensi pasar, seperti daging, sayur, bahkan keju. Agar lebih nikmat, dimsum memang sebaiknya disajikan dalam kondisi hangat, baik lewat metode kukus maupun goreng.

2. Kebab

Ada alasan mengapa kebab jadi salah satu menu bazar paling laris. Makanan asal Turki ini cukup lengkap dari segi komposisi nutrisi sekaligus mengenyangkan. Adapun bahan-bahannya biasanya kulit kebab siap saji atau tortilla, lalu diisi dengan aneka sayuran dan daging, baik sapi atau kambing–bahkan kini dimodifikasi dengan telur dan keju. Cara makannya juga cukup mudah sehingga praktis.

3. Gorengan

Ini adalah makanan yang sangat lazim di Indonesia dan bahkan menjadi makanan sehari-hari. Jenis gorengan yang bisa kamu sajikan pun sangat beragam, baik manis atau asin. Seperti contoh adalah kreasi pisang goreng, tahu goreng dan tahu isi, tempe goreng atau mendoan, nangka goreng, bakwan sayur, cireng, dan lain sebagainya.

4. Donat

Siapa yang tak suka donat? Mulai anak-anak hingga orang dewasa pun menikmati kudapan yang disebut berasal dari Amerika Utara ini. Kamu pun bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang digunakan, termasuk menggunakan umbi-umbian seperti kentang dan ubi jalar sekalipun. 

5. Minuman Boba

Di tengah hibuknya bazar, pengunjung pasti akan membutuhkan minuman. Nah, salah satu jenis minuman yang naik daun beberapa tahun terakhir adalah minuman dengan boba, yakni bola-bola dari tepung tapioka. Kamu bisa menyajikan minumannya dengan thai tea, matcha, dan banyak lainnya.

6. Jus Buah

Jangan lupa, ada beberapa orang yang juga mencari minuman lebih sehat dan bahkan sedikit lebih mengenyangkan dibandingkan minuman lain pada umumnya. Kamu bisa ambil kesempatan ini dengan menawarkan jus buah. Ada banyak resep jus buah yang merupakan kombinasi beberapa buah sekaligus dan lezat yang bisa kamu jadikan ide jualan. 

7. Sosis Bakar

Sosis bakar bisa jadi salah satu makanan untuk penunda lapar. Tentunya, kamu perlu menggunakan sosis dengan ukuran agak besar. Sebagai pelengkap agar lebih lezat, kamu bisa tambahkan topping seperti mayones, keju, saus, dan sebagainya di atas sosis yang sudah dibakar.

8. Churros

Kue goreng asal Meksiko ini jadi menu bazar paling laris berikutnya. Selama beberapa waktu terakhir, churros jadi sangat populer terutama di kalangan anak muda. Cara membuatnya pun sangat sederhana dengan adonan kue yang tidak rumit lalu menggorengnya. Agar lebih nikmat, kamu bisa tambahkan gula dan kayu manis di atasnya atau saus cokelat.

9. Tahu Walik

Tahu walik adalah jajanan berupa gorengan asal Banyuwangi, Jawa Timur. Tahu walik adalah tahu pong yang kemudian diberi isian, biasanya berupa kanji dan/atau daging. Rasanya gurih dengan renyah di luar dan isian yang penuh, bakal membuat siapa pun menikmati dan tak ingin berhenti.

10. Es Krim

Di tengah padatnya bazar atau sebagai pencuci mulut, sajian manis dan dingin juga jadi yang paling banyak dicari. Ambil kesempatan ini dengan berjualan es krim. Kamu bisa membuat homemade es krim dari berbagai bahan, mulai dari susu, yoghurt, buah, cokelat, dan sebagainya.

11. Macaroni Schotel

Makanan ini bisa jadi penunda lapar atau sama sekali menghilangkan lapar tergantung dari porsi yang disajikan. Asyiknya, membuat macaroni schotel pun sebetulnya tidak terlalu susah dan bahan-bahannya cukup mudah ditemukan. Namun, pastikan kamu menyajikan menu ini dalam kondisi hangat agar rasa yang masuk ke mulut pelanggan maksimal, ya.

12. Corn Dog

Corn dog adalah makanan ringan yang jadi populer di Indonesia berkat pengaruh drama Korea Selatan, tetapi sebetulnya justru berasal dari Amerika Serikat. Hidangan ini berupa sosis yang kemudian dilapisi tepung jagung di bagian permukaannya. Kamu bisa tambahkan perasa seperti saus dan mayones.

13. Kue Cubit

Kue cubit punya rasa yang manis dan legit dengan aroma yang menggoda. Asyiknya lagi, cara buatnya cukup mudah. Hingga kini belum ada asal muasal yang pasti dari mana jajanan Indonesia satu ini berasal, tetapi beberapa menyebut bahwa kue cubit adalah modifikasi kue poffertjes asal Belanda.

14. Tteobokki

Satu lagi kuliner Korea yang jadi menu bazar paling laris adalah tteobokki. Snack ini adalah makanan dari tepung beras yang kemudian dibumbui dengan saus gochujang yang mempunyai cita rasa pedas dan manis. 

15. Cheesecake

Cheesecake adalah makanan penutup alias dessert yang punya banyak penggemar. Seperti namanya, bahan dasar dessert ini adalah keju dengan tekstur yang lembut, lalu telur, susu, dan gula. Kamu bisa memodifikasinya sesuai kreativitas atau permintaan pasar, seperti menggunakan tambahan buah-buahan, cokelat, biskuit, hingga matcha. Oh ya, membuat cheesecake juga bisa dilakukan dengan cara memanggangnya atau tidak, lho.

16. Takoyaki

Jajanan asal Jepang ini jadi salah satu yang paling sering dicari saat di bazaar. Aslinya takoyaki menggunakan daging gurita sebagai isiannya, lalu dibalut dengan adonan berbentuk bola-bola. Untuk menjaga bentuk bulatan, kamu bisa menggunakan penggorengan khusus.

17. Dessert Box

Siapa yang tak suka jajanan masih, sih? Tak cuma untuk penutup, makanan manis juga sepertinya cocok dinikmati kapan saja. Ada sangat banyak variasi dessert box yang bisa kamu buat, mulai dari cokelat, biskuit lotus, stroberi, dan lain-lain. Tentunya, kamu juga harus menyiapkan lemari pendingin di bazar agar kualitas dessert box tetap terjaga, ya!

18. Salad Buah

Salad buah tak cuma menyegarkan, tapi juga mengenyangkan. Kamu pun bisa menambahkan berbagai jenis buah dengan potongan kecil-kecil (biasanya pir, apel, alpukat, hingga agar-agar), lalu menyiramnya dengan saus yang merupakan campuran mayones dan kental manis. Agar lebih pas dengan selera masyarakat kebanyakan, tambahkan parutan keju di atasnya.

19. Burger Smoked Beef

Seperti kebab, burger juga banyak dipilih karena dapat mengenyangkan. Agar tak repot kamu bisa membeli bahan-bahan jadi, mulai dari bun dan isian daging. Pilihlah sayuran yang fresh sehingga saat menyatu di mulut akan terasa lebih renyah dan segar. Kamu juga menambahkan keju dan mayones atau saus.

20. Martabak Mini

Kalau ingin menyajikan menu yang praktis, cukup mengenyangkan, dan disajikan dalam bit seize, maka martabak bikin bisa kamu pertimbangkan. Cara membuatnya cukup mudah dengan isian yang disesuaikan selera, mulai dari telur, daging, pisang, cokelat, keju, dan lain sebagainya.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, gabung dengan DOKU, Sekarang!